MBKM MENGJAR DI SMP X DKI JAKARTA: MANFAAT BAGI MAHASISWA

Main Article Content

Fildza Fairuzzia
Lavierda Amorita Haryono
Febby Gabriele Reonaldo
Sri Tiatri

Abstract

Implementasi lapangan atas kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang ditetapkan Kemendikbud Ristek pada tahun 2020 sedang terus dikembangkan oleh berbagai perguruan tinggi.  Salah satu kegiatan MBKM adalah Asistensi Mengajar (MBKM AM). Tulisan ini disusun dengan tujuan mengidentifikasi manfaat MBKM Asistensi Mengajar yang telah dilaksanakan oleh sekelompok mahasiswa di SMP X, Provinsi DKI Jakarta.  Partisipan kegiatan ini adalah 3 orang mahasiswa peserta MBKM Asistensi Mengajar.  Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah wawancara, observasi, dan Focus Group Discussion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga mahasiswa merasakan manfaat dari MBKM, yaitu meningkatnya kemampuan yang mereka miliki terutama soft skills dan hard skills, meningkatnya kepercayaan diri yang mereka miliki serta kemampuan berkomunikasi yang menjadi lebih baik. Pelaksanaan MBKM AM ini juga mendapatkan tanggapan positif dari pihak sekolah.  Berdasarkan temuan dari pelaksanaan MBKM AM ini, maka kegiatan MBKM AM ini dapat dilanjutkan, dan disempurnakan, khususnya dalam kegiatan Asistensi Mengajar agar menjadi mahasiswa yang berkompeten di masa depan.

Article Details

Section
Articles

References

Atmanti, H. D. (2005). Investasi sumber daya manusia melalui pendidikan. Dinamika Pembangunan, 2(1), 30–39. http://eprints.undip.ac.id/16864/1/Investasi_Sumber_Daya_Manusia_Melalui_Pendidikan....by_Hastarini_Dwi_Atmanti_(OK).pdf

Denny, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2022). Dampak kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) pada perguruan tinggi swasta di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675–685. https://doi.org/https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1940/pdf

Direktorat jenderal pendidikan tinggi kementrian pendidikan dan kebudayaan. (2020). Buku panduan: Merdeka belajar - kampus merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/05/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020-1.pdf

Fuadi, T. M. (2021). Hubungan perguruan tinggi swasta dengan pemerintah dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Semdi Unaya, 4(1), 267–286. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya/article/view/2660

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Javier, F. (2021). BPS: Tingkat pengangguran terbuka pada agustus 2021 turun 0,58 persen dibanding agustus 2020. Tempo.Co. https://data.tempo.co/data/1261/bps-tingkat-pengangguran-terbuka-pada-agustus-2021-turun-058-persen-dibanding-agustus-2020#:~:text=Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik,mencapai 9%2C77 juta orang.

Jawab cepat: Apa yang dimaksud institusi pendidikan? (n.d.). Tendikpedia. https://www.tendikpedia.com/pendidikan/jawaban-cepat-apa-yg-dimaksud-institusi-pendidikan.html#:~:text=Yang dimaksud institusi pendidikan adalah,Menegah Atas%2C dan Perguruan Tinggi

Jenis pengangguran beserta contoh dan sifatnya. (2022). CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220209092213-537-756854/jenis-pengangguran-beserta-contoh-dan-sifatnya

Prasetyas, V. R. (2021). Sekilas mengenai program merdeka belajar kampus merdeka. Kumparan.Com. https://kumparan.com/vetti-rina-prasetyas/sekilas-mengenai-program-merdeka-belajar-kampus-merdeka-1vunZcnNnSQ

Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302.