HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA MAHASISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Izzi Mawaddah
Niken Widi Astuti
Erik Wijaya

Abstract

Selama masa pandemi COVID-19 seluruh kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring dan berbagai permasalaahan harus dihadapi mahasiswa yang dapat memicu stres akademik. Stres akademik yang dialami mahasiswa dapat menyebabkan menurunnya subjective well-being. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan subjective well-being pada mahasiswa selama masa pandemic COVID-19. Penelitian ini melibatkan 123 partisipan yang terdiri atas mahasiswa yang khususnya aktif diperguruan tinggi JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Penelitian ini menggunakan ESSA (Educational Stress Scale for Adolescent) sebagai alat ukur stres akademik serta PANAS (Positive and Negative Affect Schedule) dan SWLS (The Satisfaction with Life Scale) sebagai alat ukur subjective well-being. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara stress akademik dengan subjective well-being.

Article Details

Section
Articles

References

Ansori, S. (2015). Pengaruh Adversity Quotient terhadap stres akademik pada mahasiswa (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID- 19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99-108.

Arnett, J. J. (2000). Emerging adulthood: A theory of development from the late teens through the twenties. American psychologist, 55(5), 469.

Diener, E. D., Emmons, R. A., Larsen, R. J., & Griffin, S. (1985). The satisfaction with life scale. Journal of personality assessment, 49(1), 71-75.

Diener, E., Suh, E., & Oishi, S. (1997). Recent findings on subjective well-being. Indian journal of clinical psychology, 24, 25-41.

Diener, E., Suh, E. M., Lucas, R. E., & Smith, H. L. (1999). Subjective well-being: Three decades of progress. Psychological bulletin, 125(2), 276.

Diener, E., Oishi, S., & Lucas, R. E. (2003). Personality, culture, and subjective well-being: Emotional and cognitive evaluations of life. Annual review of psychology, 54(1), 403-425.

Diener, E. (2006). Guidelines for national indicators of subjective well-being and ill- being. Journal of happiness studies, 7(4), 397-404.

Diener, E., & Ryan, K. (2009). Subjective well-being: A general overview. South African journal of psychology, 39(4), 391-406.

Diener, E. (2009). The science of well-being: The collected works of Ed Diener (Vol. 37). New York: Springer.

Gatari, A. (2020). Hubungan Stres Akademik dengan Flow Akademik pada Mahasiswa. Cognicia, 8(1), 79-89.

Gaol, N. T. L. (2016). Teori stres: stimulus, respons, dan transaksional. Buletin psikologi, 24(1), 1-11.

Gumilar, F. U., & Uyun, Q. (2009). Kebersyukuran dan kebermaknaan Hidup pada Mahasiswa. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 14(1), 65-70.

Hamid, A. Y. S. (2008). Asuhan Keperawatan Kesehatan Jiwa Bunga Rampai. EGC.

Howitt, D., & Cramer, D. (2014). Introduction to research methods in psychology (4th ed.).

Harlow, UK: Pearson Education.

Islam, A. F., & Mulamukti, A. (2021). STRESS AKADEMIK DAN KUALITAS TIDUR TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF MAHASISWA DI MASA PANDEMI

COVID-19. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris, 7(2), 32- 43.

Jatira, Y., & Neviyarni, S. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring di masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 35-43.

Kamaliya, N., Setyowibowo, H., & Cahyadi, S. (2021). Kesejahteraan subjektif mahasiswa dimasa pandemi Covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020, Maret 9). Cegah sebaran covid-19, kemendikbud ubah format forum organisasi penggerak. Diunduh dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/cegah-sebaran-covid19-kemendikbud- ubah-format-forum-organisasi-penggerak

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020, Maret 16). Kemendikbud dorong pembelajaran daring bagi kampus di wilayah terdampak covid-19. Diunduh dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-dorong-pembelajaran- daring-bagi-kampus-di-wilayah-terdampak-covid19

King, L. A., (2016). The science of psychology (4th ed). New York: McGraw-Hill

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (2021). Peta sebaran. Diunduh dari https://covid19.go.id/peta-sebaran

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Springer publishing company. Livana, P. H., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). " Learning Task" Attributable to Students' Stress During the Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203-208.

Maddux, J. E., (2018). Subjective well-being and life satisfaction. New York: Routledge

Malkoç, A., & Yalç?n, ?. (2015). Relationships among resilience, social support, coping, and psychological well-being among university studentss. Turkish Psychological Counseling and Guidance Journal, 5(43).

Oktavia, W. K., Fitroh, R., Wulandari, H., & Feliana, F. (2019, November). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 142-149).

Rosyidah, I. (2020). Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Unhas. Jurnal ABDI (Sosial, Budaya dan Sains), 2(1).

Sari, M. K. (2020). Tingkat stres mahasiswa s1 keperawatan tingkat satu dalam menghadapi wabah covid 19 dan perkuliahan daring di stikes karya husada Kediri. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(1), 31-35.

Sari, N. P., Setiawan, M. A., Rajiani, I., & Muin, F. (2020). Analisis Hubungan Stres Akademik Mahasiswa terhadap Akses Internet Terbatas Saat Belajar Selama Pandemi Covid 19 (Studi pada Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Islam Negeri Antasari).

Seligman, M. E. (2004). Positive psychology in practice (pp. 713-731). P. A. Linley, & S. Joseph (Eds.). Hoboken, NJ: Wiley.

Septalisma, B. (2020, September 3). 98 persen kampus pjj daring, kemdikbud klaim mahasiswa siap. CNN Indonesia. Diunduh dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200903012249-20-542198/98-persen-kampus- pjj-daring-kemdikbud-klaim-mahasiswa-siap

Sun, J., Dunne, M. P., Hou, X. Y., & Xu, A. Q. (2011). Educational stress scale for adolescents: development, validity, and reliability with Chinese students. Journal of Psychoeducational Assessment, 29(6), 534-546.

Tabroni, I., Nauli, F. A., & Arneliwati, A. (2021). Gambaran Tingkat Stres dan Stresor pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Negeri di Provinsi Riau. Jurnal Keperawatan, 13(1), 149-164.

Taylor, S. E. (2015). Health psychology 9th edition. Boston: Mc Graw-Hill.

Wijayanti, H., & Nurwianti, F. (2011). Kekuatan karakter dan kebahagiaan pada suku jawa. Jurnal Psikologi, 3(2).

Wicaksono, L. (2019). HUBUNGAN SUBJECTIVE WELL-BEINGDENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA MAGISTER. CALYPTRA, 7(2), 1488-1498.

World Health Organization (2021). WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard. Diunduh dari https://covid19.who.int

World Health Organization (2020). Coronavirus. Diunduh dari https://www.who.int/health- topics/coronavirus#tab=tab_1