PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK PERALATAN KEBERSIHAN RUMAH TANGGA MEREK X

Main Article Content

Ervina Ervina
Meike Kurniawati

Abstract

Kebersihan rumah merupakan salah satu poin penting agar rumah dapat ditempati dengan nyaman oleh setiap anggota keluarga. Peralatan kebersihan rumah tangga merupakan salah satu aspek yang perlu dipenuhi dan dilengkapi dalam sebuah rumah untuk membantu pekerjaan rumah yang berhubungan dengan kebersihan. Dalam proses pembelian peralatan rumah tangga seringkali konsumen memepertimbangkan beberapa aspek seperti citra merek, kepercayaan merek, dan loyalitas merek. Salah satu merek peralatan rumah tangga yang cukup dikenal masyarakat adalah merek Dragon. Dragon merupakan salah satu merek yang menjual berbagai peralatan kebersihan rumah tangga yang sampai saat ini masih dipercaya dan dibeli oleh banyak orang untuk membersihkan rumahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek Dragon dalam pembelian alat kebersihan rumah tangga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, kuesioner digunakan sebagai alat pengambilan data. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 70 orang dewasa dengan rentang usia 21 hingga 40 tahun dan tidak dibatasi oleh jenis kelamin dan pekerjaan. Alasan pemilihan subjek pada rentang usia tersebut adalah karena kebanyakan individu dengan usia tersebut sudah berkeluarga dan membutuhkan peralatan kebersihan rumah tangga untuk membersihkan rumahnya. Hasil penelitian menemukan bahwa citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan sebesar 48,9% terhadap loyalitas merek peralatan kebersihan rumah tangga merek Dragon. Setelah diuji secara parsial, citra merek Dragon lebih berpengaruh terhadap loyalitas merek dibandingkan dengan kepercayaan merek yaitu sebesar 46.1%. 


 

Article Details

Section
Articles