PERANCANGAN UI/UX APLIKASI BUGAR UNTUK SARANA ALTERNATIF OLAHRAGA SELAMA PANDEMI

Main Article Content

Carlene Lim
Darius Andana Haris
Aurellia Clearesta Sumarlie
Natalicia Margatan

Abstract

The pandemic has entered its 2nd year and now several countries have decided to live with COVID-19. Indonesia has entered a period of recovery. Activities that were started boldly began to be carried out in a hybrid manner, some daring, some engaging. In facing the transition era, people need to make various preparations. One of them is maintaining stamina and a fit body. With the development of today's technology, now people can exercise at home with the help of available sports applications. However, based on the survey that has been conducted, it turns out that many respondents experience problems and obstacles similar to the use of existing sports applications. Problems such as lack of features, outdated displays, sports programs that do not suit user needs, limited exercise options, and many other problems. Researchers designed the BUGAR application as an alternative to sports during the pandemic using the User Centered Design method. Iterations on the design of this application are carried out 2 times. The research team has carried out usability testing and the result is that, although all users can complete the given task, there are still some obstacles. The test results in iteration 2 state that the BUGAR application can be well received by users and the information provided is quite clear. The features of BUGAR also help users, and users do not need assistance in using the BUGAR application. BUGAR is considered to have the information users need and is packaged in an attractive display.


 


Pandemi telah memasuki tahun ke-2 dan kini beberapa negara telah menetapkan untuk hidup berdampingan dengan COVID-19. Indonesia telah memasuki masa pemulihan. Kegiatan yang awalnya dilaksanakan secara daring mulai berangsur dilakukan secara hybrid, sebagian daring, sebagian luring. Dalam menghadapi era transisi, masyarakat perlu melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah menjaga stamina dan tubuh yang bugar. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, kini masyarakat bisa berolahraga di rumah dengan bantuan aplikasi olahraga yang tersedia. Namun berdasarkan survey yang telah dilakukan, ternyata banyak responden yang mengalami permasalahan dan kendala yang serupa terkait penggunaan aplikasi olahraga yang ada. Masalah seperti minimnya fitur, tampilan yang ketinggalan jaman, program olahraga yang tidak sesuai dengan kebutuhan user, pilihan olahraga yang terbatas, dan banyak masalah lainnya. Peneliti melakukan perancangan aplikasi BUGAR sebagai alternatif olahraga di masa pandemi menggunakan metode User Centered Design. Iterasi pada perancangan desain aplikasi ini dilakukan sebanyak 2 kali. Tim peneliti telah melakukan usability testing dan hasilnya adalah, meskipun seluruh user dapat menyelesaikan task yang diberikan, masih terdapat beberapa kendala. Hasil testing pada iterasi 2 menyatakan bahwa aplikasi BUGAR dapat diterima dengan baik oleh para user serta informasi yang diberikan cukup jelas. Fitur yang dimiliki BUGAR juga membantu para user, dan user tidak memerlukan bantuan dalam menggunakan aplikasi BUGAR. BUGAR dinilai sudah memiliki informasi yang dibutuhkan pengguna dan dikemas dalam tampilan yang menarik.

Article Details

Section
Articles