ANALISIS PRODUK GAMING MOUSE DI TOKOPEDIA MENGGUNAKAN WEB SCRAPING DAN SELENIUM
Main Article Content
Abstract
Perkembangan dunia e-commerce di Indonesia semakin mempermudah para konsumen dalam melakukan pembelian berbagai jenis produk secara daring, termasuk perlengkapan gaming salah satunya mouse gaming. Namun, banyaknya pilihan produk tersebut dengan kualitas dan harga yang sangat beragam sering kali membuat konsumen kesulitan dalam menentukan pilihan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap mouse gaming yang terdapat pada website Tokopedia menggunakan metode web scraping. Metode ini melibatkan bahasa pemograman python dan pustaka Selenium untuk mengotomatisasi proses penelusuran dan ekstrasi data dari web browser, serta hasil dari web scraping ini dalam bentuk format CSV untuk memudahkan proses analisis lebih lanjut. Data yang dikumpulkan meliputi nama produk, harga produk, banyaknya terjual produk, link produk dan komentar dari pembeli. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode web scraping menggunakan selenium berhasil mengumpulkan lebih dari 500+ data produk mouse gaming dari 7 toko berbeda di website Tokopedia secara otomatis dan efisien. Data yang dikumpulkan mencakup nama produk, nama toko, harga, jumlah terjual, rating, link, dan komentar. Analisis data menghasilkan visualisasi top 5 produk mouse Logitech terlaris, mouse dengan penjualan terbanyak secara keseluruhan. Produk Logitech G Pro X Superlight dan Vortex Oni R1 menjadi produk yang paling menonjol dalam kategori mouse dengan rating tertinggi dan harga yang di atas Rp 100.000. Hasil ini menunjukkan bahwa data yang diperoleh memiliki akurasi lebih dari 90% dalam merepresentasikan tren pasar berdasarkan data produk yang tersedia di Tokopedia. Web scraping juga terbukti efektif dalam mengumpulkan data secara otomatis dan efisien dalam jumlah besar untuk mendukung pengolahan data lebih lanjut.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akbar, A. S. I., & Ramadhani, C. (2024). Marketplace Data Analysis Using Web Scraping. Dielektrika, 11(2), 154–158. https://doi.org/10.29303/dielektrika.v11i2.397
Cutting, V., & Stephen, N. (2021). A Review on Using Python as A Preferred Programming Language for Beginners. International Research Journal of Engineering and Technology, 8(8), 4258–4263. https://www.irjet.net/archives/V8/i8/IRJET-V8I8505.pdf
Döhmen, T., Mühleisen, H., & Boncz, P. (2016). Multi-Hypothesis Parsing of Tabular Data in Comma-Separated Values (CSV) Files. Dl.Acm.Org, 12(August). https://core.ac.uk/download/pdf/301647661.pdf
Dwicahyo, K., & Indah Ratnasari, C. (2023). Perbandingan Metode Web Scraping Dalam Pengambilan Data: Kajian Literatur. Automata, 4.
El Asikri, M., Krit, S., & Chaib, H. (2020). European Journal of Molecular & Clinical Medicine Using Web Scraping In A Knowledge Environment To Build Ontologies Using Python And Scrapy. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(3), 433–442.
I Gusti Bagus Indra, P. (2023). Analisis Data Produk Marketplace Menggunakan Web Scraping Menggunakan Metode Beautiful Soup Dan Lxml.
Rizquina, A. Z., & Ratnasari, C. I. (2023). Implementasi Web Scraping untuk Pengambilan Data Pada Website E-Commerce. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(4), 377–383. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i4.913
Satriajati, S., Panuntun, S. B., & Pramana, S. (2021). Implementasi Web Scraping Dalam Pengumpulan Berita Kriminal Pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Official Statistics, 2020(1), 300–308. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.578
Thomas, D. M., & Mathur, S. (2019). Data Analysis by Web Scraping using Python. Proceedings of the 3rd International Conference on Electronics and Communication and Aerospace Technology, ICECA 2019, 450–454. https://doi.org/10.1109/ICECA.2019.8822022
Universitas Mahakarya Asia. (2025). Cara menggunakan Selenium untuk web automation di Python. https://blog.unmaha.ac.id/cara-menggunakan-selenium-untuk-web-automation-di-python/

