RANCANGAN GAME EDUKASI "KANJI ACADEMY" BERBASIS MOBILE SEBAGAI MEDIA BELAJAR ALTERNATIF UNTUK PEMBELAJARAN KANJI

Main Article Content

Daniel Kristianto
Darius Andana Haris
Jeanny Pragantha

Abstract

Kemajuan teknologi informasi memiliki dampak besar pada dunia pendidikan, memungkinkan inovasi seperti game edukasi yang memanfaatkan komputer dan smartphone. Game "Kanji Academy" merupakan contoh game edukasi berbasis mobile yang dirancang untuk mempermudah proses belajar karakter Kanji, terutama bagi pemula. Game ini menawarkan beberapa mini game yang mendukung pembelajaran Kanji, seperti kuis, menyambung kata, mengisi kalimat, temukan kata, dan ketik kata. Setiap mini game dirancang agar pemain dapat belajar Kanji dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Pengembangan game ini menggunakan bahasa pemrograman C# dan Unity sebagai game engine, dengan tampilan 2D yang sederhana. "Kanji Academy" dapat diakses di platform mobile Android dan dimainkan dalam mode single-player. Setiap level dalam game didasarkan pada karakter Kanji yang terdapat dalam materi N4 dan N5, di mana pemain secara bertahap mempelajari 10 karakter Kanji per level melalui mini games. Game ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang efektif, membantu pelajar bahasa Jepang untuk lebih cepat menguasai karakter Kanji melalui metode belajar yang lebih dinamis dan menarik dibandingkan pendekatan tradisional. Dengan fitur interaktif dan berbasis permainan, game ini bertujuan meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pelajar bahasa Jepang, memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan terstruktur.

Article Details

Section
Artikel

References

Admin. (2024, 2 27). Game Edukasi: Manfaat, Jenis, dan Contoh. (JUMANKERA) Retrieved Agustus 10, 2024, from https://www.jumankera.com/2024/02/game-edukasi-manfaat-jenis-dan-contoh.html

Bates, B. (2004). Game Design Second Edition. Stamford: Cengage Learning PTR.

Game Edukasi. (2022, 03 27). (EduChannel Indonesia) Retrieved Agustus 22, 2024, from https://educhannel.id/artikel/Media-Pembelajaran/game-edukasi.html#:~:text=Menurut%20Prensky%20%282012%20%3A%2090%29%2C%20game%20edukasi%20adalah,minat%20belajar%20anak%20terhadap%20materi%20pelajaran%20yang%20disajikan.

Kusbowo, D., Kristyadi , R., & Mawardi, V. C. (2017). Aeary. PEMBUATAN GAME RPG EDUKASI “AEARY” UNTUK SISWA KELAS III SMP, 1-7.

Larasati, K., Pragantha, J., & Haris, D. A. (2020). PEMBUATAN GAME EDUKASI “HAFIZ QURAN”. JIKSI, 256-260.

Nasrum, A. (2015, Juni 26). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Era Globalisasi. (Kompasiana) Retrieved Agustus 13, 2024, from https://www.kompasiana.com/arnaldinasrum/550045e7a33311bb7451058d/pengaruh-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-era-globalisasi

Pegi Public Site. (2017). (PEGI) Retrieved Agustus 10, 2024, from https://pegi.info/

Schell, J. (2022). The Art of Game Design: A Book of Lenses 3rd Edition. Boca Raton: CRC Press.

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Sulthoni. (2019). PENGGUNAAN GAME EDUKASI DIGITAL SEBAGAI SARANA . Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39-44.

Tamaoka, K. (2014). The Japanese Writing System and Lexical Understanding. Vol. 48, No. 2, October 2014, Special Section: New Perspectives on the Japanese Writing System and Reading Japanese as L1 and L2, 431-471.