PEMAHAMAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN TENTANG OBESITAS PADA ANAK

Main Article Content

Fransiska Farah
Wiyarni Pambudi
Amanda Auliya Ayuma
Sri Sunarsih
Nur Aisyah
Yasmin Zahra

Abstract

Latar Belakang. Pandemi obesitas anak menyebabkan morbiditas dan kematian dini dengan penyebab yang kompleks, memaparkan mahasiswa pada tingkat pembelajaran yang berbeda dalam mencegah dan mengelola masalah. Tujuan. Mengetahui hubungan pemahaman mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) mengenai obesitas pada anak sebagai evaluasi proses pembelajaran topik yang terkait. Metode. Studi analitik potong lintang dilakukan terhadap mahasiswa preklinik dan kepeniteraan klinik FK Universitas Tarumanagara pada April-Juni 2024 yang bersedia berpartisipasi melalui pengisian formulir kuesioner daring (google-form) dengan non-random sampling. Data yang dikumpulkan mencakup pengetahuan tentang prinsip umum, etiologi, diagnosis dan perawatan obesitas anak. Data dianalisis dengan IBM-SPSS untuk analisis univariat dan uji chi-square untuk perbandingan skor antar kelompok. Hasil. Penelitian melibatkan 166 subjek, 44(26,5%) subjek merupakan mahasiswa preklinik dan 122 (73,5%) subjek kepaniteraan klinik dengan rentang usia 18,6-29,3 tahun, mayoritas berjenis kelamin perempuan (115;69,3%), mempunyai Indeks Massa Tubuh rerata 23,2+4,65 dan 87 (52,4%) subjek mempunyai keluarga obesitas. Sebanyak 132 (79,5%) subjek telah melewati blok Endokrin dan 123 (74,1%) subjek telah lulus rotasi Ilmu Kesehatan Anak (IKA). Tingkat pemahaman mahasiswa tentang obesitas menunjukkan peningkatan bermakna sesuai dengan tingkatan tahap pembelajaran pada kelulusan blok Endokrin (p=0,001; PR 3,532) dan lulus rotasi IKA (p=0,002; PR 2,678). Mahasiswa kepaniteraan klinik mempunyai tingkat pemahaman yang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa preklinik (p=0,002; PR 3,331). Kesimpulan. Tingkat pemahaman mahasiswa tentang obesitas sejalan dengan tingkat pembelajaran di Fakultas Kedokteran. Diperlukan subjek penelitian yang berimbang pada tingkat pembelajaran untuk menunjukkan evaluasi hubungan pemahaman mahasiswa terhadap obesitas anak yang lebih baik.

Article Details

Section
Artikel

References

(2022). Clinical practice guidelines for the prevention of childhood obesity: A systematic review of quality and content. Obesity Reviews, 23(10), e13492.

adolescent obesity: A systematic review. Frontiers in Nutrition, 9, 902865.

Aguilar-Gomez, F. J., Bueno-Lozano, G., Leis, R., Aguilera, C. M., & Gil-Campos, M. (2020). Metabolic syndrome before puberty: Myth or reality? Current Opinion in Endocrine and

and its psychological and health comorbidities. Annual review of clinical psychology, 16, 351-378.

attachments/09fb5b8ccfdf088080f2521ff0b4374f.pdf

Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/uploads/contents/

Bays, H. E., Golden, A., & Tondt, J. (2022). Thirty obesity myths, misunderstandings, and/or

Catia Martins, Anette Norsett-Carr. (2018, February 8). Obesity Knowledge among

Deotale, Ranganathan, Akarte (2015, May 1). Prevalence of overweight and obesity among

Final-Year Medical Students in Norway. Obes Facts 10 (6): 545-558. https://doi.org/10.1159/000481351

Ghazi et al (2018). Obesity knowledge and its associated factors among medical students in a

Gooey, M., Skouteris, H., Betts, J., Hatzikiriakidis, K., Sturgiss, E., Bergmeier, H., & Bragge, P.

Kanwal, Summaiya, and Irum Naqvi. "Development of Attitude Towards Obesity Scale and Obesity Myths Scale." Pakistan Journal of Psychological Research 35.1 (2020).

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan

medical students and their knowledge, attitude and practices about obesity. Int J Sci Rep. 74-79. http://www.sci-rep.com

Medicine 18(2):45-51. https://www.researchgate.net/publication/329328175_OBESITY_KNOWLEDGE_AND_ITS_ASSOCIATED_FACTORS_AMONG_MEDICAL_STUDENTS_IN_A_PRIVATE_UNIVERSITY_IN_SHAH_ALAM_SELANGOR

Mehmood Y, Al-Swailmi FK, Al-Enazi SA. Frequency of obesity and comorbidities in medical

Metabolic Research, 14, 97-103.

of Pediatric Health Care, 34(3), 283-290.

oversimplifications: an obesity medicine association (OMA) clinical practice statement (CPS) 2022. Obesity Pillars, 3, 100034.

Pengembangan Kesehatan. https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3514

Polfuss, M. L., Duderstadt, K. G., Kilanowski, J. F., Thompson, M. E., Davis, R. L., & Quinn, M. (2020). Childhood obesity: Evidence-based guidelines for clinical practice—Part one. Journal

provate university in Shah Alam, Selangor. Malaysian Journal of Public Health

Smith, J. D., Fu, E., & Kobayashi, M. A. (2020). Prevention and management of childhood obesity

students. Pak J Med Sci. 2016 Nov-Dec;32(6):1528-1532. doi: 10.12669/pjms.326.10492. PMID: 28083058; PMCID: PMC5216314.

Tully, L., Arthurs, N., Wyse, C., Browne, S., Case, L., McCrea, L., O’Connell, J.M., O’Gorman, C.S., Smith, S.M., Walsh, A., Ward, F., O’Malley, G. (2022). Guidelines for treating child and