PEMAHAMAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN TENTANG OBESITAS PADA ANAK
Main Article Content
Abstract
Latar Belakang. Pandemi obesitas anak menyebabkan morbiditas dan kematian dini dengan penyebab yang kompleks, memaparkan mahasiswa pada tingkat pembelajaran yang berbeda dalam mencegah dan mengelola masalah. Tujuan. Mengetahui hubungan pemahaman mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) mengenai obesitas pada anak sebagai evaluasi proses pembelajaran topik yang terkait. Metode. Studi analitik potong lintang dilakukan terhadap mahasiswa preklinik dan kepeniteraan klinik FK Universitas Tarumanagara pada April-Juni 2024 yang bersedia berpartisipasi melalui pengisian formulir kuesioner daring (google-form) dengan non-random sampling. Data yang dikumpulkan mencakup pengetahuan tentang prinsip umum, etiologi, diagnosis dan perawatan obesitas anak. Data dianalisis dengan IBM-SPSS untuk analisis univariat dan uji chi-square untuk perbandingan skor antar kelompok. Hasil. Penelitian melibatkan 166 subjek, 44(26,5%) subjek merupakan mahasiswa preklinik dan 122 (73,5%) subjek kepaniteraan klinik dengan rentang usia 18,6-29,3 tahun, mayoritas berjenis kelamin perempuan (115;69,3%), mempunyai Indeks Massa Tubuh rerata 23,2+4,65 dan 87 (52,4%) subjek mempunyai keluarga obesitas. Sebanyak 132 (79,5%) subjek telah melewati blok Endokrin dan 123 (74,1%) subjek telah lulus rotasi Ilmu Kesehatan Anak (IKA). Tingkat pemahaman mahasiswa tentang obesitas menunjukkan peningkatan bermakna sesuai dengan tingkatan tahap pembelajaran pada kelulusan blok Endokrin (p=0,001; PR 3,532) dan lulus rotasi IKA (p=0,002; PR 2,678). Mahasiswa kepaniteraan klinik mempunyai tingkat pemahaman yang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa preklinik (p=0,002; PR 3,331). Kesimpulan. Tingkat pemahaman mahasiswa tentang obesitas sejalan dengan tingkat pembelajaran di Fakultas Kedokteran. Diperlukan subjek penelitian yang berimbang pada tingkat pembelajaran untuk menunjukkan evaluasi hubungan pemahaman mahasiswa terhadap obesitas anak yang lebih baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
(2022). Clinical practice guidelines for the prevention of childhood obesity: A systematic review of quality and content. Obesity Reviews, 23(10), e13492.
adolescent obesity: A systematic review. Frontiers in Nutrition, 9, 902865.
Aguilar-Gomez, F. J., Bueno-Lozano, G., Leis, R., Aguilera, C. M., & Gil-Campos, M. (2020). Metabolic syndrome before puberty: Myth or reality? Current Opinion in Endocrine and
and its psychological and health comorbidities. Annual review of clinical psychology, 16, 351-378.
attachments/09fb5b8ccfdf088080f2521ff0b4374f.pdf
Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/uploads/contents/
Bays, H. E., Golden, A., & Tondt, J. (2022). Thirty obesity myths, misunderstandings, and/or
Catia Martins, Anette Norsett-Carr. (2018, February 8). Obesity Knowledge among
Deotale, Ranganathan, Akarte (2015, May 1). Prevalence of overweight and obesity among
Final-Year Medical Students in Norway. Obes Facts 10 (6): 545-558. https://doi.org/10.1159/000481351
Ghazi et al (2018). Obesity knowledge and its associated factors among medical students in a
Gooey, M., Skouteris, H., Betts, J., Hatzikiriakidis, K., Sturgiss, E., Bergmeier, H., & Bragge, P.
Kanwal, Summaiya, and Irum Naqvi. "Development of Attitude Towards Obesity Scale and Obesity Myths Scale." Pakistan Journal of Psychological Research 35.1 (2020).
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022.
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan
medical students and their knowledge, attitude and practices about obesity. Int J Sci Rep. 74-79. http://www.sci-rep.com
Medicine 18(2):45-51. https://www.researchgate.net/publication/329328175_OBESITY_KNOWLEDGE_AND_ITS_ASSOCIATED_FACTORS_AMONG_MEDICAL_STUDENTS_IN_A_PRIVATE_UNIVERSITY_IN_SHAH_ALAM_SELANGOR
Mehmood Y, Al-Swailmi FK, Al-Enazi SA. Frequency of obesity and comorbidities in medical
Metabolic Research, 14, 97-103.
of Pediatric Health Care, 34(3), 283-290.
oversimplifications: an obesity medicine association (OMA) clinical practice statement (CPS) 2022. Obesity Pillars, 3, 100034.
Pengembangan Kesehatan. https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3514
Polfuss, M. L., Duderstadt, K. G., Kilanowski, J. F., Thompson, M. E., Davis, R. L., & Quinn, M. (2020). Childhood obesity: Evidence-based guidelines for clinical practice—Part one. Journal
provate university in Shah Alam, Selangor. Malaysian Journal of Public Health
Smith, J. D., Fu, E., & Kobayashi, M. A. (2020). Prevention and management of childhood obesity
students. Pak J Med Sci. 2016 Nov-Dec;32(6):1528-1532. doi: 10.12669/pjms.326.10492. PMID: 28083058; PMCID: PMC5216314.
Tully, L., Arthurs, N., Wyse, C., Browne, S., Case, L., McCrea, L., O’Connell, J.M., O’Gorman, C.S., Smith, S.M., Walsh, A., Ward, F., O’Malley, G. (2022). Guidelines for treating child and