PEMBUATAN GAME EDUKASI MATEMATIKA “MATHLETICS” UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR DENGAN UNITY

Main Article Content

Leonard Augusto Lienry
Darius Andana Haris
Jeanny Pragantha

Abstract

Mathletics adalah sebuah permainan edukasi yang dirancang khusus untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah


dasar terhadap konsep dasar matematika dengan pendekatan berbasis permainan yang interaktif dan menyenangkan. Dalam permainan ini, pemain dihadapkan pada tantangan untuk menyelesaikan berbagai soal matematika yang dikemas dalam mini-game yang menarik. Setiap mini-game menawarkan soal dengan tingkat kesulitan yang beragam, sehingga siswa dapat belajar sambil bermain dan sekaligus melatih kemampuan berpikir logis serta keterampilan pemecahan masalah mereka. Mathletics membagi tingkat kesulitan menjadi empat kategori, yang disesuaikan dengan kelas 1 hingga 4 SD, sehingga setiap siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Selain itu, game ini dilengkapi dengan elemen visual dan audio yang menarik, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara keseluruhan. Lalu dalam permainan ini pemain akan terus-terusan menjawab pertanyaan yang ada hingga dikalahkan. Dengan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan dibandingkan metode pembelajaran konvensional, Mathletics bertujuan untuk membuat siswa lebih terlibat dalam proses belajar mereka. Dengan cara ini, permainan ini tidak hanya diharapkan dapat meningkatkanhasil belajar matematika siswa, tetapi juga membangun minat dan kecintaan mereka terhadap mata pelajaran ini, menjadikannya alat bantu yang efektif dalam pendidikan.

Article Details

Section
Artikel

References

Bates, Bob. Game Development Essentials. Boston: Delmar Cengage Learning, 2004.

Gee, J. P. (2003). What video games have to teach us about learning and literacy. Palgrave Macmillan.

Mursyid, M. (2018). Penggunaan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 23-30.

Prensky, M. (2001). Digital game-based learning. McGraw-Hill.

Rahmawati, S. (2023). Peran game edukasi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 45-52.

Schell, Jesse. The Art of Game Design: A Book of Lenses. 3rd ed. Boca Raton, FL: CRC Press, 2019.

Yeni, A. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika pada siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(4), 58-64.