RANCANGAN PEMBUATAN GAME TACTICAL ARTILLERY “TACTICAL LEGION” PADA PLATFORM DESKTOP

Main Article Content

Jericho Sylvanus
Darius Andana Haris
Jeanny Pragantha

Abstract

Game adalah salah satu bentuk hiburan interaktif yang mengajak pemain untuk terlibat dalam aktivitas berbasis aturan dengan tujuan tertentu. Baik dalam format fisik maupun digital, game hadir dalam berbagai genre yang menawarkan beragam pengalaman, mulai dari hiburan ringan hingga tantangan strategis yang sangat kompleks. Selain sebagai sarana rekreasi, game juga berfungsi sebagai alat untuk melatih berbagai keterampilan kognitif dan motorik, seperti kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, strategi, serta koordinasi tangan dan mata. Game "Tactical Legion" adalah contoh dari game bergenre Tactical Artillery, yang dirancang untuk platform desktop dalam format 2D menggunakan Game Engine Unity dan bahasa pemrograman C#. Game ini menekankan strategi dan perencanaan taktis yang mendalam, di mana pemain ditempatkan secara acak di medan perang dengan lanskap yang bervariasi dan harus mengalahkan semua prajurit musuh untuk mencapai kemenangan. Setiap langkah dan keputusan pemain memerlukan perhitungan yang sangat cermat, karena kesalahan kecil dapat memengaruhi jalannya permainan secara signifikan. Dengan adanya fitur pass and play, pemain secara bergantian mengambil giliran untuk menembakkan proyektil kepada lawan. Selain itu, game ini juga menciptakan ruang untuk kolaborasi dan persaingan yang sehat, mendorong pemain untuk berpikir secara taktis dan mengasah kemampuan bekerja sama dalam tim. Permainan berakhir ketika seluruh prajurit dari salah satu tim telah tereliminasi, menjadikannya pengalaman yang menantang dan mendidik.

Article Details

Section
Artikel

References

Bänsch, J. (2019). PEGI, the European System of Harmonised Age Ratings for Video Games. Jette, Belgium: Springer VS, Wiesbaden.

Bates, B. (2004). Game Design, 2nd Edition. Course Technology Press.

Beattie, A. (2021, October 31). How the Video Game Industry Is Changing. Retrieved from investopedia: https://www.investopedia.com/articles/investing/053115/how-video-game-industry-changing.asp

De Schutter, B. (2018). The Playful Society: Game Design for Social Interaction. International Journal of Play, 107-121.

Guberman, J. &. (2021). Analyzing Turn-Based Strategies in Artillery Games. International Journal of Game Theory, 1003-1020.

Harcourt, E. &. (2017). Player agency and the illusion of control: Exploring the dynamics of turn-based role-playing games. Journal of Game Development, 45-58.

Huang, H. &. (2022). The Benefits of Video Games on Brain Cognitive Function: A Systematic Review of Functional Magnetic Resonance Imaging Studies. Applied Sciences, 5561.

Nardi, B. A. (2021). Games and Social Interaction: The Importance of Player Collaboration. Journal of Interactive Media, 22-37.

Schell, J. (2008). The Art of Game Design. USA: A. K. Peters, Ltd.

Team 17. (n.d.). Worms W.M.D. Retrieved August 2024, from Steam: https://store.steampowered.com/app/327030/Worms_WMD/

White, W. J. (2020). Tactical Role-Playing Games: Theory and Practice. 45-78.