RANCANGAN PEMBUATAN GAME CASUAL “THROUGH THE WALL” DI ANDROID DAN PC DENGAN UNITY
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas perancangan game kasual berjudul "Through the Wall" yang ditujukan untuk platform Android dan PC, dikembangkan dengan menggunakan game engine Unity dan bahasa pemrograman C#. Terinspirasi oleh acara TV populer "Hole in the Wall," game ini menawarkan tantangan di mana pemain harus menyesuaikan karakter mereka dengan lubang yang bergerak di tembok. Dengan grafis yang sederhana dan kontrol berbasis layar sentuh, game ini dirancang agar mudah diakses oleh berbagai kalangan, termasuk anak-anak dan orang dewasa. Mekanisme permainan yang menantang dirancang untuk memberikan pengalaman yang menarik, sehingga pemain dapat terus berusaha untuk mencapai skor tinggi. Dalam game ini, pemain mengumpulkan koin setiap kali berhasil melewati tembok, yang dapat digunakan untuk membeli aksesori dan meningkatkan karakter, menambah elemen personalisasi yang meningkatkan keterlibatan pemain. Meskipun "Through the Wall" masih berada dalam tahap perancangan dan belum sepenuhnya diimplementasikan, hasil desain menunjukkan potensi besar untuk menawarkan pengalaman bermain yang menyenangkan, kompetitif, dan memacu adrenalin. Dengan fokus pada aksesibilitas dan interaktivitas, penelitian ini berkontribusi pada pengembangan game kasual yang inovatif, yang tidak hanya menghibur tetapi juga mampu menjangkau audiens yang lebih luas. Diharapkan, game ini dapat menjadi pilihan menarik bagi pemain yang mencari hiburan ringan namun tetap menantang, menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi semua pemain.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bates, Bob. (2004). Game Design Second Edition. Cengage Learning PTR.
Collins, K. (2008). Game sound: An introduction to the history, theory, and practice of video game music and sound design. Calmbridge, MAL: MIT Press.
Costikyaln, Greg. (2002). I Halve No Words & I Must Design: Toward a Critical Vocabulary for Games.
Fullerton, Tracy. (2014). Game Design Workshop: A Playcentric Approach to Creating Innovative Games. CRC Press.
Hunicke, Robin, et al. (2004). MDA: A Formal Approach to Game Design and Game Research.
Rogers, S. (2014). Level Up! The Guide to Great Video Game Design. Wiley.
Rollings, Andrew & Ernest Adams. (2003). Andrew Rollings and Ernest Adams on Game Design.
Schell, Jesse. (2019). "AL Book of Lenses, Third Editon." In The ALrt of Galme Design, 652. New
Wikipedia. (2023, 2 Desember). Hole in the Wall. Wikipedial. Diakses pada 6 Oktober 2024, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Hole_in_the_Wall
Willson, M. A., & Leaver, T. (Eds.). (2016). Social, Casual and Mobile Games: The Changing Gaming Landscape. New York: Bloomsbury Academic.