RANCANGAN PEMBUATAN GAME RHYTHM BERBASIS VIRTUAL REALITY ”RHYTHMIC” PADA PLATFORM META QUEST
Main Article Content
Abstract
Game “Rhythmic” adalah sebuah game berbasis Virtual Reality (VR) yang menggabungkan elemen musik dan ritme dengan pengalaman interaktif di dunia virtual. Dalam permainan ini, pemain ditantang untuk mengikuti irama musik dengan serangkaian gerakan fisik yang sesuai dengan isyarat visual yang muncul di lingkungan VR. “Rhythmic” memanfaatkan perangkat VR seperti Meta Quest untuk memberikan pengalaman imersif melalui visual 360 derajat dan kontrol gerakan yang presisi, menciptakan sensasi seolah-olah pemain berada di tengah-tengah dunia musik. Pemain dapat memilih dari berbagai genre musik, mulai dari pop, trap, hingga musik elektronik, dengan setiap genre menawarkan pengalaman ritme yang unik. Selain itu, setiap level permainan disesuaikan untuk memberikan tantangan yang meningkat, memungkinkan pemain untuk menguji kemampuan mereka dalam mengikuti ritme yang semakin cepat dan kompleks. Dengan sinkronisasi antara gerakan fisik dan irama musik, “Rhythmic” tidak hanya memberikan hiburan yang mendalam, tetapi juga manfaat fisik, karena pemain harus bergerak aktif sepanjang sesi permainan. Hal ini menjadikan permainan tidak hanya menyenangkan, tetapi juga baik untuk kesehatan. “Rhythmic” dirancang untuk meningkatkan keterampilan motorik, koordinasi, dan sensitivitas ritme pemain, menjadikannya sebuah pengalaman yang edukatif selain menghibur. Dengan kombinasi visual yang memukau, gameplay yang menantang, dan elemen musik yang beragam, “Rhythmic” memberikan cara inovatif dan seru bagi pemain untuk menikmati musik dan bergerak aktif dalam dunia virtual yang imersif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alonso, Mario Arturo Gutiérrez, Mario Gutierrez, F. Vexo, and Daniel Thalmann. 2008. Stepping Into Virtual Reality. Springer London.
Arsenault, Dominic. 2009. "Video Game Genre, Evolution and Innovation." Eludamos: Journal for Computer Game Culture 3 (2): 149-176. doi:10.7557/23.6003.
Bates, Bob. 2004. Game Design Second Edition. Cengage Learning PTR.
Bégel, V., Inès di Loreto, Antoine Seilles, and S. Dalla Bella. 2017. "Music Games: Potential Application and Considerations for Rhythmic Training." Frontiers in Human Neuroscience 11. doi:10.3389/fnhum.2017.00273.
Bella, Simone Dalla. 2022. "Rhythmic serious games as an inclusive tool for music-based interventions." Annals of the New York Academy of Sciences 1517 (1): 15-24.
Feng, Yuanyuan, Shuxun Li, and Yungang Wei. 2022. "Design of a game-based learning environment for basic rhythmic patterns in music." 12506: 125065E - 125065E-6. doi:10.1117/12.2661772.
Octavinus, Yobel, Jeanny Pragantha, and Darius Andana Haris. 2020. "Android Rhythm VR Game "Sabeat"." IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 1007.
Raymer, Emma, Áine MacDermott, and Alex Akinbi. 2023. "Virtual reality forensics: Forensic analysis of Meta Quest 2." Forensic Science International: Digital Investigation (47). doi:https://doi.org/10.1016/j.fsidi.2023.301658.
Schell, Jesse. 2019. "A Book of Lenses, Third Editon." In The Art of Game Design, 652. New York: CRC Press.
Smith, David Nowell. 2019. "What is called rhythm?" Critical Rhythm: The Poetics of a Literary Life Form 40-59.
Song, Doo Heon, Kwang Baek Kim, and Jong Hee Lee. 2019. "Analysis and evaluation of mobile rhythm games: Game structure and playability." International Journal of Electrical and Computer Engineering 9 (6): 5263.
Sugiri, Ryu Xaverius. 2024. Game Ritme: Sejarah, Kategori, dan Penjelasan. Kompasiana. 05 21. Accessed 08 20, 2024. https://www.kompasiana.com/ryuxaveriussugiri10-38913/664b94aa1470933fa969ec42/game-ritme-sejarah-kategori-dan-penjelasan.