EKSPLORASI PENGGUNAAN CHATGPT DALAM PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN PERSPEKTIF ETIKA AKADEMIK

Main Article Content

Raynard Prathama
Muhammad Rizqi Ramadhan
Novario Jaya Perdana

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang, teknologi telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu teknologi yang banyak digunakan adalah ChatGPT, sebuah chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) yang mampu berinteraksi selayaknya manusia dan membantu manusia dalam berbagai tugas. Penelitian ini mengkaji tantangan dan peluang penggunaan ChatGPT dalam pendidikan tinggi, dengan fokus pada aspek moral dan etika dari perspektif mahasiswa dan perguruan tinggi. Studi ini mengeksplorasi bagaimana teknologi ini dapat digunakan secara etis dan efektif dalam konteks akademik, termasuk strategi untuk mencegah plagiarisme dan menjaga standar akademik. Hasilnya menunjukkan bahwa meski ChatGPT menawarkan banyak manfaat, seperti dukungan analisis data dan personalisasi pembelajaran, penggunaannya juga membawa risiko, seperti kerentanan terhadap plagiarisme dan kerusakan integritas akademik. Untuk mengoptimalkan manfaat ChatGPT sambil meminimalkan risikonya, disarankan adanya kebijakan dan regulasi yang jelas dari perguruan tinggi, serta pendidikan etika penggunaan teknologi ini di kalangan mahasiswa dan dosen. Penelitian ini menekankan pentingnya menggunakan ChatGPT sebagai alat bantu belajar yang bertanggung jawab, memverifikasi informasi, dan menghargai hak cipta, serta mengantisipasi dampak sosial, emosional, dan psikologis dari penggunaan teknologi ini. Secara keseluruhan, studi ini menegaskan perlunya pendekatan proaktif dan etis dalam mengintegrasikan ChatGPT ke dalam pendidikan tinggi untuk mempertahankan integritas akademik dan kualitas pendidikan.

Article Details

Section
Artikel

References

Amala, Yuntafaul, Muhammad Thohir, Viola Eva Reditiya, dan Nabila Intan Permata Sari. 2023. “Refleksi Mahasiswa dalam Berkeadaban Digital melalui ChatGPT.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 13(2):109–28. doi: 10.33367/ji.v13i2.3978.

Abdilah, Yan Amal. 2023. “Tinjauan Sistematis Etika Penggunaan ChatGPT di Perguruan Tinggi.” Integralistik 34(2):69–78. doi: 10.15294/integralistik.v34i2.50278.

Arochma, N., Elwis Ghaitza Purnaningsih, Nilam Kumallah Anggreani, & Asif Faroqi. (2023). Analisis Etika Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Ketidaketisan Penggunaan ChatGPT oleh Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 3(1), 508–515. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.404

Azzahra, F. A., N, N., & Abimanyu, F. T. (2023). Perubahan Sosial Akibat Kemunculan Teknologi Chat GPT di Kalangan Mahasiswa. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11), Article 11. https://doi.org/10.5281/zenodo.10252301

Cooper, G. (2023). Examining Science Education in ChatGPT: An Exploratory Study of Generative Artificial Intelligence. Journal of Science Education and Technology, 32(3), 444–452. https://doi.org/10.1007/s10956-023-10039-y

Erizal, Rahma Maulida, Annisa Safitra, Putri Fauzelly Mulia, dan Zul Azmi. 2024. “Analisis Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Menggunakan Platform Chat-GPT Untuk Mendukung Proses Pendidikan Bagi Mahasiswa.” Student Scientific Creativity Journal 2(1):187–97. doi: 10.55606/sscj-amik.v2i1.2711.

Faiz, Aiman, dan Imas Kurniawaty. 2023. “Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5(1):456–63. doi: 10.31004/edukatif.v5i1.4779.

Firdhausi, Azmi. 2023. “ETIKA DIGITAL DALAM ARTIFICIAL INTELLIGENCE.” doi: 10.13140/RG.2.2.30914.04807.

Harsya, Noer Hafidz, Zachrica Claudia, Maeva Wulandari, Aisyka Widi Kumala, dan Nadhia Shafira Rismawati. 2024. “Evaluasi Pandangan Mahasiswa UNNES Terhadap Dampak Positif Dan Hambatan Penggunaan AI (ChatGPT) Dalam Pembelajaran.” Jurnal Majemuk 3(2):365–74.

Hidayanti, Wulandari, dan Rizdina Azmiyanti. 2023. “Dampak Penggunaan Chat GPT Pada Kompetensi Mahasiswa Akuntansi: Literature Review.” Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper 3(1):83–91.

Hilir;, A. (2021). Teknologi Pendidikan di Abad Digital (Klaten). LAKEISYA.

Ibrahim, H., Liu, F., Asim, R., Battu, B., Benabderrahmane, S., Alhafni, B., Adnan, W., Alhanai, T., AlShebli, B., Baghdadi, R., Bélanger, J. J., Beretta, E., Celik, K., Chaqfeh, M., Daqaq, M. F., Bernoussi, Z. E., Fougnie, D., Garcia de Soto, B., Gandolfi, A., … Zaki, Y. (2023). Perception, performance, and detectability of conversational artificial intelligence across 32 university courses. Scientific Reports, 13(1), 12187. https://doi.org/10.1038/s41598-023-38964-3

Liliana, Dewi Yanti, Rizki Elisa Nalawati, Bambang Warsuta, dan Sugiyanto. 2023. “Kajian Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence Generatif Dalam Aktivitas Akademik Di Politeknik Negeri Jakarta.” Seminar Nasional Inovasi Vokasi 2:523–33.

Lim, W. M., Gunasekara, A., Pallant, J. L., Pallant, J. I., & Pechenkina, E. (2023). Generative AI and the future of education: Ragnarök or reformation? A paradoxical perspective from management educators. The International Journal of Management Education, 21(2), 100790. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2023.100790

Lo, C. K. (2023). What Is the Impact of ChatGPT on Education? A Rapid Review of the Literature. Education Sciences, 13(4), Article 4. https://doi.org/10.3390/educsci13040410

Mairisiska, T., dan N. Qadariah. 2023. “Persepsi Mahasiswa FTIK IAIN Kerinci Terhadap Penggunaan ChatGPT untuk Mendukung Pembelajaran di Era Digital.” Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 13(2):107–24. doi: 10.23887/jurnal_tp.v13i2.2653.

Marlin, Khairul, Ellen Tantrisna, Budi Mardikawati, Retno Anggraini, dan Erni Susilawati. 2023. “Manfaat Dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika Dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3(6):5192–5201. doi: 10.31004/innovative.v3i6.7119.

Misnawati. 2023. “ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA, vol. 2, no. 1, pp. 54–67. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.221.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Alfabeta.

Ningrum, M. K. (2023, Februari 16). 3 Dampak Buruk Ketergantungan Menyontek Gunakan ChatGPT: Bisa Bikin Malas Berpikir. Tempo. https://tekno.tempo.co/read/1692259/3-dampak-buruk-ketergantungan-menyontek-gunakan-chatgpt-bisa-bikin-malas-berpikir

Niyu, Desideria Dwihadiah, Azalia Gerungan, & Herman Purba. (2024). Penggunaan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa dan Dosen Perguruan Tinggi Indonesia. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 14(2), 130–145. https://doi.org/10.35814/coverage.v14i2.6058

Ogburn, W. F. (1937). The Role of Technology in Social Change. American Sociological Review, 2(4), 494–504.

Park, E., & Gelles-Watnick, R. (2023). ChatGPT: Few Americans think it will impact their job in a major way. https://policycommons.net/artifacts/4777095/chatgpt/5613391/

Putri, Vinika Vidia, dan Iswatul Khasanah. 2022. “Perspektif Mahasiswa Pendidikan Matematika Unisma 2023 Terhadap Penggunaan Artificial Intelligence Chat GPT Dalam Penyusunan Seminar Proposal.” J-PRIMA (Jurnal Pembelajaran, Riset, Dan Inovasi Matematika) 1(1):23–35.

Putri, Zahrah Hayat Arka, Najoan Rizky Pradana, Yessy Arye Yustraini, dan Azriel Dirga Efansyah. 2024. “Analisis Pengaruh Chat GPT Terhadap Keterampilan, Kolaborasi, Dan Kreativitas Mahasiswa: Metode Systematic Literature Review Identifikasi Dampak Dan Pengaruh.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4(2):7983–99. doi: 10.31004/innovative.v4i2.10268.

Ramadhan, Fikri Kurnia, Muhammad Irfan Faris, Ikhsan Wahyudi, dan Mia Kamayani Sulaeman. 2023. “Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Flash 9(1):25–30. doi: 10.32511/flash.v9i1.1069.

Singh, A. M., & Singh, M. P. (2023). Wasabi: A Conceptual Model for Trustworthy Artificial Intelligence. Computer, 56(2), 20–28. https://doi.org/10.1109/MC.2022.3212022

Sufendi, Sufendi, dan Rahmat Kamal. 2023. “Pentingnya Etika Pemanfaatan Chat GPT Pada Penyusunan Karya Tulis Mahasiswa.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 5(6):2728–34. doi: 10.31004/edukatif.v5i6.6013.

Sun, H. (2024). Multi-scenario application of Chatgpt-based language modeling for empowering English language teaching and learning. Applied Mathematics and Nonlinear Sciences, 9(1). https://doi.org/10.2478/amns-2024-0790

van Dis, E. A. M., Bollen, J., Zuidema, W., van Rooij, R., & Bockting, C. L. (2023). ChatGPT: Five priorities for research. Nature, 614(7947), 224–226. https://doi.org/10.1038/d41586-023-00288-7

Yahya, Rachmi Nursifa, Silsi Nur Azizah, dan Yusuf Tri Herlambang. 2024. “Pemanfaatan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa: Sebuah Tinjauan Etika Teknologi dalam Perspektif Filsafat.” UPGRADE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 1(2):53–59. doi: 10.30812/upgrade.v1i2.3481.

Zen Munawar, Herru Soerjono, Novianti Indah Putri, Hernawati, dan Andina Dwijayanti. 2023. “Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Membantu Penulisan Ilmiah.” TEMATIK 10(1):54–60. doi: 10.38204/tematik.v10i1.1291.