CHATBOT VIRTUAL ASSISTANT HELP DESK DENGAN METODE AIML

Main Article Content

Wendy Bunandi
Viny Christanti Mawardi

Abstract

Chatbot virtual assistant help desk merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan percakapan virtual mengenai pertanyaan yang sering ditanyakan seperti Frequently Asked Questions (FAQ). Aplikasi ini berguna untuk membantu menjawab user jika memiliki pertanyaan diluar jam kerja selama 24 jam. Metode penelitian yang digunakan dalam chatbot virtual assistant help desk ini adalah metode artificial intelligence markup language (AIML). Bahasa pemrogramman yang digunakan adalah bahasa pemrogramman python dan dengan menggunakan library python flask. Data yang digunakan untuk pengujian adalah data pertanyaan dan jawaban Frequently Asked Questions (FAQ) yang umumnya sering ditanyakan oleh user yang dikumpulkan kemudian dijadikan ke dalam bentuk format AIML agar dapat digunakan dalam aplikasi chatbot virtual assistant help desk. Pada pembuatan aplikasi ini dilakukan metode pengujian artificial intelligence markup language (AIML) untuk mengetahui kesesuaian hasil jawaban yang diberikan chatbot dengan dataset yang ada menggunakan 3 skenario, yaitu skenario pertanyaan yang sama persis dengan dataset, skenario pertanyaan yang 70% sama/mirip dengan dataset, dan skenario pertanyaan yang berbeda atau tidak ada pada dataset kemudian didapatkan kesimpulan bahwa hasil pengujian AIML dengan blackbox testing pada 3 skenario yang telah diujikan didapatkan bahwa semakin mirip masukan pertanyaan dengan pertanyaan pada dataset maka akan semakin tinggi hasil persentase kesesuaian jawaban chatbot dengan jawaban yang ada pada dataset ini dikarenakan chatbot merupakan chatbot berjenis retrieval yang mengeluarkan output sesuai dengan aturan atau input yang telah ditentukan sebelumnya. Chatbot ini juga berkontribusi dalam membantu menjawab pertanyaan pengguna diluar jam kerja.

Article Details

Section
Artikel

References

Bahartyan, E. Bahtiar, N. and Waspada, I. (2015). "Integrasi Chatbot Berbasis AIML Pada Website E-Commerce Sebagai Virtual Assistant Dalam Pencarian Dan Pemesanan Produk (Studi Kasus Toko Buku Online edu4indo.com)". JURNAL MASYARAKAT INFORMATIKA, vol. 5, no. 10, pp. 34-43.

Bariah, S. H. Pratiwi, W. and Imania, K. A. N. (2022). "Pengembangan Virtual Assistant Chatbot Berbasis Whatsapp Pada Pusat Layanan Informasi Mahasiswa Institut Pendidikan Indonesia-Garut". Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, vol. 8, no. 1, pp. 66-79.

Chopra, A. Prashar, A. and Sain, C. (2013). "Natural language processing," International journal of technology enhancements and emerging engineering research, vol. 1, no. 4, pp. 131-134.

Fauzi, M. Masrizal and Sihombing, V. (2021). "Sistem Informasi It-Helpdesk Universitas Labuhanbatu Berbasis Web". JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 7, no. 3, pp. 259-266.

Irsyad, R. (2018). “Penggunaan Python Web Framework Flask Untuk Pemula”

Ivanedra. K, and Mustikasari. M, (2019). "Implementasi Metode Recurrent Neural Network Pada Text Summarization Dengan Teknik Abstraktif,". Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 6, no. 4, pp. 377-382.

Maskur, Y. Afandi, A. Waris and Afirianto, T. (2022). "Prototipe Virtual Assistant Chatbot Sebagai Pusat Layanan Informasi Mahasiswa". Jurnal Teknik Ilmu dan Aplikasi, vol. 3, no. 1, pp. 35-39.

Santoso, R. B. (2011). "Rancang Bangun Prototype Chat Bot Customer Service System Berbasis Web," Skripsi. Fak. Sains dan Teknol. Tek. Inform. Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau.

Triono, A. (2017). "Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Berbasis AIML Dengan Metode Pattern Matching (Studi Kasus: Akademik UIN SUSKA RIAU)," Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Vyshnavi, V. R. and Malik, A. (2019). "Efficient Way of Web Development Using Python and Flask", International Journal of Recent Research Aspects, vol. 6, no. 2, pp. 16-19.