PENINGKATAN KESADARAN DAN PARTISIPASI SISWA DALAM 3R UNTUK SEKOLAH DASAR HIJAU DAN BERSIH
Main Article Content
Abstract
SDN Maleber faces environmental challenges, including poor cleanliness, limited green spaces, and low participation from the school community in maintaining the environment. This community service program aims to improve students’ environmental awareness and behavior through a series of structured and participatory activities. The methods employed include initial observation, a pre-test using the Littering Attitude Scale (LAS), socialization and education on the 3R principles (Reduce, Reuse, Recycle), educational video screenings, hands-on practice recycling plastic bottles into flower pots, planting ornamental plants, and a post-test to measure changes in students’ attitudes. All activities actively involved third and fourth-grade students, supported by teachers and school staff. The results showed high enthusiasm, effective teamwork, and increased knowledge and skills among students regarding cleanliness and greening. Although there was no statistically significant change between pre-test and post-test scores, students’ understanding of cleanliness and greening remained stable, and the foundation for an environmentally conscious culture began to form within the school. This program underscores the importance of hands-on and collaborative learning in building environmental awareness and character. Moving forward, program sustainability and broader involvement of the entire school community and surrounding society are needed to achieve optimal changes in environmental behavior and knowledge.
SDN Maleber menghadapi masalah lingkungan berupa kurangnya kebersihan, minimnya ruang hijau, dan rendahnya partisipasi warga sekolah dalam menjaga lingkungan. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan perilaku peduli lingkungan siswa melalui serangkaian kegiatan terstruktur dan partisipatif. Metode yang digunakan meliputi observasi awal, pre-test menggunakan Littering Attitude Scale (LAS), sosialisasi dan edukasi prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle), pemutaran video edukasi, praktik langsung mendaur ulang botol plastik menjadi pot bunga, penanaman tanaman hias, serta post-test untuk mengukur perubahan sikap siswa. Seluruh kegiatan melibatkan siswa kelas 3 dan 4 secara aktif, dengan dukungan guru dan pihak sekolah. Hasil pelaksanaan menunjukkan antusiasme tinggi, kerja sama dalam kelompok, serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa terkait kebersihan dan penghijauan. Meskipun tidak terdapat perubahan signifikan secara statistik antara nilai pre-test dan post-test, pemahaman siswa tentang kebersihan dan penghijauan tetap stabil, serta mulai terbentuk fondasi budaya peduli lingkungan di sekolah. Program ini menegaskan pentingnya pembelajaran berbasis praktik langsung dan kolaboratif untuk membangun karakter peduli lingkungan. Ke depan, diperlukan keberlanjutan program dan keterlibatan lebih luas dari seluruh warga sekolah dan masyarakat sekitar agar perubahan perilaku dan pengetahuan lingkungan dapat terwujud secara optimal.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Al-anwari, A. M. (2024). Strategi pembentukan karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata mandiri. Jurnal Pendidikan Lingkungan Hidup, 19(2), 227–252.https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/download/16/11
Anhar, M., Yulianti, S., & Jumiati. (2024). Peningkatan kesadaran masyarakat pada siswa sekolah dasar dalam pengelolaan sampah di Desa Biatan Baru. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat Mulawarman, 2(2), 1–7.
Arga, H. S. P., Rahayu, G. D. S., & Mugara, R. (2019). Program pendampingan dalam penyusunan bahan ajar berbasis ecoliteracy bagi guru-guru sekolah dasar di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas), 2(2), 122–130.
Chan, F., Kurniawan, A. R., Oktavia, A., Dewi, L. C., Sari, A., Putri, A. K., & Piolita, S. (2019). Gerakan peduli lingkungan di sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 190–198. https://doi.org/10.25078/aw.v4i2.1126
Erlina, D., & Adri, M. (2022). Pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah dasar melalui pendekatan 3R (reduce, reuse, recycle). Didaktik Global: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 29–32. https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/11/8
Gabriella, E., & Hardini, A. T. A. (2024). Evaluasi gerakan peduli lingkungan hidup melalui program Adiwiyata di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1975–1984. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7648
Harianti, N. (2017). Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar Negeri No 99/I Benteng Rendah Kecamatan Mersan Kabupaten Batanghari.
Leeming, F. C., Dwyer, W. O., & Bracken, B. A. (1995). Children’s environmental attitude and knowledge scale: Construction and validation. The Journal of Environmental Education, 26(3), 22–31. https://doi.org/10.1080/00958964.1995.9941442
Nuñez, E. B., & Llenaresas, H. M. (2021). Effectiveness of the environmental education program in enhancing awareness, comprehension, and competence of the middle-school children of Bicol University. BU R&D Journal, 24(2), 1–11. https://doi.org/10.47789/burdj.mbtcbbgs.20212402.02
Oli, M. A., Rahayu, G. D. S., & Muktamar. (2024). Gerakan cinta lingkungan melalui kegiatan Bejo Green di SDK Bejo, Desa Ubedolumolo I. Jurnal Citra Bakti Karya Nyata, 5(1), 97–106.
Putri, R. I., & Sari, N. (2024). Pengenalan lingkungan bersih: Program kerja bakti di SDN 041 untuk generasi peduli. Jurnal Pengabmas, 6(4), 184–189.
Sahabuddin, E. S., Idrus, N. A., Nurpidasari, Nurqalbi, & Darman, N. (2023). Kesadaran lingkungan dan praktik berkelanjutan: Implementasi program 3R di lingkungan sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 97–110.
Tarigan, D. J., Sasongko, A. S., Prasetiyo, H., Hendriawan, D., Nurshalim, M., Hasan, A. F., & Khalis, N. Z. (2021). Pendidikan lingkungan untuk siswa sekolah dasar di pesisir Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Jurnal Pengabdian Masyarakat PGSD, 1(1), 17–22. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmserang/article/view/30212/pdf
Widyaningrum, P., Lisdiana, L., & Purwantoyo, E. (2020). Pengelolaan lingkungan sekolah di Kabupaten Semarang untuk persiapan sekolah Adiwiyata. Jurnal Abdimas, 24(2), 134–138. https://doi.org/10.15294/abdimas.v24i2.16965