PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN PELAPORAN ARUS KAS PADA SISWA-SISWA DI SMA KRISTOFORUS 2 JAKARTA BARAT

Main Article Content

Chelsya

Abstract

The PKM guidance and training on cash flow reporting was held as a solution to the problems faced by SMA Kristoforus 2, because from the preliminary discussion with the school, it was known that the accounting lesson curriculum only taught the preparation of profit/loss statements, profit balance statements, and financial position statements, while cash flow statements had never been taught. Cash flow statements are beneficial internally for the company's management and externally for investors, the government, and the public. For the company's internal affairs by analyzing the cash flow statement, the management will find out whether the policies carried out are running well in terms of obtaining and using cash in a certain period. For external parties of the company, the information in the cash flow statement will help investors, creditors, and other parties in assessing various aspects of its operating cash flow, investment aspects, funding aspects, and other aspects of the company's financial position. The purpose of PKM is to provide initial material on cash flow statements, assist students in practice on cash flow statements, and promote Tarumanagara University. PKM is carried out by discussing material in the form of powerpoints, practice questions, and quizzes using Kahoot media. PKM will be held on April 21, 2025 at 09.30 – 12.00 offline. The method used in this PKM is a method of guidance on the concept of basic theory of cash flow reporting and training methods by training students' ability to calculate and compile cash flow reports using practice questions. The output of this PKM activity is publications in the form of proceedings, HKI, and products in the form of posters.


ABSTRAK


PKM pembimbingan dan pelatihan pelaporan arus kas diadakan sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh SMA Kristoforus 2, karena dari diskusi pendahuluan dengan pihak sekolah, diketahui bahwa kurikulum pelajaran akuntansi hanya mengajarkan penyusunan laporan laba/rugi, laporan saldo laba, dan laporan posisi keuangan saja, sedangkan laporan arus kas belum pernah diajarkan. Laporan arus kas bermanfaat secara internal bagi pihak manajemen perusahaan dan secara eksternal bagi pihak investor, pemerintah, dan masyarakat. Bagi internal perusahaan dengan menganalisis laporan arus kas, pihak manajemen akan mengetahui apakah kebijakan yang dilakukan berjalan baik dalam hal memperoleh serta menggunakan kas pada periode tertentu. Bagi pihak eksternal perusahaan, informasi dalam laporan arus kas akan membantu investor, kreditur, dan pihak lainnya dalam menilai berbagai aspek arus kas operasional, aspek investasi, aspek pendanaan, dan aspek lainnya dari posisi keuangan perusahaan. Tujuan pelaksanaan PKM adalah untuk memberikan bekal awal materi laporan arus kas, mendampingi siswa dalam latihan soal laporan arus kas, dan mempromosikan Universitas Tarumanagara. PKM dilakukan dengan membahas materi berupa PPT, soal latihan, dan quiz menggunakan media Kahoot. PKM dilaksanakan tanggal 21 April 2025 pada jam 09.30 – 12.00 secara luring. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah metode pembimbingan konsep teori dasar pelaporan arus kas dan metode pelatihan dengan melatih kemampuan siswa-siswa dalam menghitung dan menyusun laporan arus kas menggunakan soal latihan. Capaian luaran dari kegiatan PKM ini adalah publikasi dalam bentuk prosiding, HKI, dan produk berupa poster.


 

Article Details

Section
Articles

References

Dewi, S. P., Dermawan, E., S., & Susanti, M. (2017). Pengantar Akuntansi Sekilas Pandang Perbandingan dengan SAK yang Mengadopsi IFRS, SAK ETAP, dan SAK EMKM. Edisi Pertama. Bogor: In Media.

Hery. (2021). Akuntansi Keuangan Menengah Sesuai PSAK dan IFRS. Jakarta. PT Grasindo.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2019). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 02 tentang Laporan Arus Kas.

Imelda, E., Christy, E. V., & Aurellia, K. (2024) Pelatihan Penyusunan Laporan Arus Kas Dengan Metode Pembelajaran Jigsaw Bagi Siswa/I SMA Kristen Yusuf, Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 7(2), 438-443. https://doi.org/10.24912/jbmi.v7i2.31493

Kieso, D.E., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D. (2020). Intermediate Accounting IFRS Edition (4th Edition). John Wiley & Sons, Inc.

Maruta, H. (2017). Pengertian, Kegunaan, Tujuan Dan Langkah-Langkah Penyusunan Laporan Arus Kas, Jurnal Akuntansi Syariah (JAS), 1(2), 239-257.

Sukamulja, S. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Tamallo, E. (2018). Analisis Arus Kas Sebagai Sumber Informasi Kas Operasional Pada PT Jalan Tol Seksi Empat Makassar. Akmen Jurnal Ilmiah, 15(3), 422-440. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/akmen/article/view/315/319

Trihastuti, R., Triyana, & Fernando, F. (2024). Cara Pelaporan Laporan Arus Kas Sederhana Untuk Pelaku Usaha, Jurnal Serina Abdimas, 2(3), 794-798. https://doi.org/10.24912/jsa.v2i3.31924

Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., & Kieso, D. E. (2019). Financial Accounting with International Financial Reporting Standards. (4th Edition). John Wiley & Sons, Inc.