PKM PENINGKATAN POTENSI PEMASARAN EDI PRINT DI BALI

Main Article Content

Hetty Karunia Tunjungsari
Victoria Valentina

Abstract

This Community Servic  program aims to enhance the marketing potential of Edi Print in Bali through a comprehensive strategy. The methods applied in this program include surveys, training, mentoring, and evaluation. The survey was conducted to identify the needs and challenges faced by Edi Print artisans in Bali. The training sessions focused on improving innovative design skills in line with market trends, utilizing digital marketing technologies, and developing a strong and recognizable brand. Mentoring was provided to assist artisans in implementing the marketing strategies they had learned. The results of the program show that Edi Print artisans in Bali face challenges such as a lack of innovative designs, limited access to digital marketing technology, and insufficient understanding of branding. Through training and mentoring, artisans were able to enhance their design skills, leverage social media for digital marketing, and build a stronger, more widely recognized brand. In conclusion, this program successfully improved the marketing potential of Edi Print in Bali. These improvements contributed to the development of new designs better suited to consumer preferences, enhanced digital marketing capabilities, and greater branding awareness, which helped their batik products gain market recognition. The implication of this program is that similar initiatives can be implemented in other regions to support the growth of local creative industries while expanding product reach.


ABSTRAK


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan potensi pemasaran Edi Print di Bali melalui strategi yang komprehensif. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini meliputi survei, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Survei dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh perajin Edi Print di Bali. Pelatihan difokuskan pada peningkatan keterampilan desain yang inovatif dan sesuai dengan tren pasar, penggunaan teknologi pemasaran digital, dan pengembangan merek yang kuat dan dikenal di pasar. Pendampingan dilakukan untuk membantu perajin dalam mengimplementasikan strategi pemasaran yang telah dipelajari. Hasil PKM menunjukkan bahwa perajin Edi Print di Bali menghadapi tantangan dalam hal desain yang kurang inovatif, keterbatasan akses terhadap teknologi pemasaran digital, dan kurangnya pemahaman tentang branding. Melalui pelatihan dan pendampingan, perajin mampu meningkatkan keterampilan desain, memanfaatkan media sosial untuk pemasaran digital, juga membangun merek yang lebih kuat dan dikenal luas. Kesimpulan dari kegiatan PKM ini berhasil meningkatkan potensi pemasaran Edi Print di Bali. Peningkatan ini berkontribusi pada peningkatan desain-desain baru yang lebih sesuai dengan selera konsumen, kemampuan pemasaran digital, dan pemahaman branding yang membuat produk batik mereka dikenal di pasar. Implikasi dari PKM ini adalah bahwa program serupa dapat diterapkan di daerah lain untuk mendukung pengembangan industri kreatif lokal, sekaligus memperluas jangkauan produk.

Article Details

Section
Articles

References

Armilda, A. S., Fakhri, S., Zahro, F. K., Puspita, A. C., Hanafi, A., & Safitri, N. D. A. (2024). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi pada UMKM Batik Ayu Arimbi, Sleman, Yogyakarta. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 21203. https://doi.org/10.30595/jppm.v8i1.21203

Arwani, A. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pengusaha Batik Kelurahan Banyurip Pekalongan Dengan Pendekatan Marketing Mix Berbasis Syariah. Li Falah Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(1), 1345. https://doi.org/10.31332/lifalah.v4i1.1345

Asri, D. P. B. (2020). Perlindungan Hukum Hak Kekayaan Intelektual Bagi Produk Kreatif Usaha Kecil Menengah Di Yogyakarta. JURNAL HUKUM IUS QUIA IUSTUM, 27(1). https://doi.org/10.20885/iustum.vol27.iss1.art7

Basworo, B., & Sujadi. (2018). Peran Brand “Kampoeng Batik Laweyan” dalam Menguatkan Batik Laweyan Untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Batik “Kampoeng Batik Laweyan” Solo. Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 5777. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5777

Dalimunthe, D. M. J., Putra, A. F., Hutagalung, A. Q., & Sianipar, A. S. (2022). Development Of Creative Industry Eco-Print As an Effort to Improving The Quality and Productivity Business Business Hand Craft Shans's Craft in Medan. ABDIMAS TALENTA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 7745. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v7i2.7745

Darmansyah, & Soebagyo, D. (2015). STIMULUS EKSPOR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN BATIK. Jurnal Ekonomi Pembangunan Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 11(2), 328. https://doi.org/10.23917/jep.v11i2.328

Darto, W. (2019). Transformasi Industri Kreatif Batik Dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Kerajinan Kain Batik (Studi di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 25(3), 49812. https://doi.org/10.22146/jkn.49812

Dewanti, R., Melati, I., & Simbolon, F. P. (2013). Pengembangan Model Daya Saing UMKM Batik Melalui ECS. Binus Business Review, 4(1), 1034. https://doi.org/10.21512/bbr.v4i1.1034

Dahmiri, Indrawijaya, S., Fatricia, R.S. and Yasmin, A. (2018). Batik Jambi Promotion Based on Social Media in Asean Economics Community. Proceedings of MICoMS 2017 (Emerald Reach Proceedings Series, Vol. 1), 323-329. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-793-1-00015

Fauziah, N., & Nurhaliza, W. O. S. (2019). MAKNA PROFESI PEMBATIK PADA KELOMPOK SERACI BATIK BETAWI DI KABUPATEN BEKASI. Expose Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 594. https://doi.org/10.33021/exp.v2i2.594

Istiqomah, N., Mafruhah, I., Mulyani, N. S., Ismoyowati, D., & Pribadi, K. S. (2020). Pengembangan Batik Bermotif Local Wisdom Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat di Kabupaten Ngawi. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 0(0), 3973. https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.3973

Jannah, M. (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEGAGALAN USAHA. ISLAMICONOMIC Jurnal Ekonomi Islam, 6(1), 29. https://doi.org/10.32678/ijei.v6i1.29

Laksono, M. (1996). STRATEGI PEMASARANPT. ARJUNA PRADA PEKALONGAN. eprints.undip.ac.id/9227/

Mariyati, L. I., Paryontri, R. A., & Azizah, B. N. (2022). Application of a digital marketing system in the development of Batik Sari Kenongo MSMEs in Sari Rogo Village. Community Empowerment. https://doi.org/10.31603/ce.7014

Mubarat, H., Iswandi, H., & Ilhaq, M. (2021). PELATIHAN INOVASI DAN PENGEMBANGAN PRODUK PATERA ECO PRINT PALEMBANG. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 4325. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4325

Noveandini, R., Wulandari, M. S., & Marzuki. (2023). Penerapan Metode Rapid Application Development Pada Rancang Bangun e-Galery Batik Pekalongan. Jurnal Teknologi Terapan G-Tech, 7(1), 1950. https://doi.org/10.33379/gtech.v7i1.1950

Nugroho, P., Tyas, W. P., & Damayanti, M. (2018). KEBIJAKAN PENGEMBANGAN INDUSTRI BATIK DI KABUPATEN KLATEN, QUO VADIS?. Jurnal Tataloka, 20(2), 160-180. https://doi.org/10.14710/tataloka.20.2.160-180

Nur Baiti, K., Djumali, D., & Kustiyah, E. (2020). Produktivitas Kerja Karyawan Ditinjau dari Motivasi, Disiplin Kerja dan Lingkungan pada PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 4(01), 812. https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.812

Purnama Sari, I., Wulandari, S., & Maya, S. (2018). HKI PADA BATIK TULIS INDONESIA (STUDI KASUS BATIK TULIS TANJUNG BUMI, MADURA). JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 6(2), 145-158. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n2.p145-158

Rosyada, M., & Wigiawati, A. (2020). STRATEGI SURVIVAL UMKM BATIK TULIS PEKALONGAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA “BATIK PESISIR” PEKALONGAN). Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(2), 2424. https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i2.2424

Sari, F. P. W., & Putri, R. O. C. E. (2022). Pengenalan Batik Jumputan Sebagai Media Alternatif Keterampilan Kepada Ibu PKK Perum Solo Elok, Mojosongo, Surakarta. Abdi Seni, 13(1), 4179. https://doi.org/10.33153/abdiseni.v13i1.4179

Setyaningrum, A. D. (2011). BATIK PRING DESA SIDOMUKTI (Studi Nilai Budaya dan Perkembangan Kerajinan Batik di Kabupaten Magetan). eprints.uns.ac.id/id/eprint/10213

Setyaningrum, G. D., Setyaningrum, I., & Doemadji, F. R. (2021). STRATEGI BERTAHAN INDUSTRI BATIK DI KAMPOENG BATIK LAWEYAN SAAT PANDEMI COVID-19 2021. Ekonomi dan Bisnis Berkala Publikasi Gagasan Konseptual Hasil Penelitian Kajian dan Terapan Teori, 25(1), 4769. https://doi.org/10.24123/jeb.v25i1.4769

Setiawati, E., Nursiam, N., & Zulfikar, Z. (2016). Pengembangan Komoditas Batik: Determinasi Budaya Ekonomi dan Perubahan Struktur Kebijakan Terhadap Perkembangan Usaha Ekonomi Lokal (Studi Tentang Pengusaha Batik Laweyan Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 18(1), 272. https://doi.org/10.24914/jeb.v18i1.272

Setiawan, I. (2010). BATIK GARUT: Studi Tentang Sistem Produksi dan Pemasaran. Patanjala Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, 2(3), 236. https://doi.org/10.30959/patanjala.v2i3.236

Suprapti, A. R., Santoso, R. E., & Rahmawati, R. (2016). Inovasi Desain, Teknologi, dan Pemasaran Lewat Website Usaha Kecil Menengah Batik dan Lutik (Lurik Batik) di Kecamatan Laweyan Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(3), 410. https://doi.org/10.24914/jeb.v19i3.410

Susanti, A. I., & Purwaningsih, N. E. (2021). Studi tentang Batik Cahaya Utama di Desa Sendangagung Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik, 11(3), 192-199. https://doi.org/10.17977/um068v1n3p192-199

Susanto, E. B., Wijonarko, R., Purwanto, E., & Binabar, S. W. (2019). KAMPUNG BATIK DIGITAL BERBASIS VIRTUAL TOUR SEBAGAI WADAH PROMOSI BATIK KOTA PEKALONGAN DI ERA INDUSTRI 4.0 (Studi Kasus: Kampung Batik Banyurip). Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 17(0). https://doi.org/10.54911/litbang.v17i0.108

Suwarno, & Pramono, T. (2020). ANALISIS SWOT BALANCED SCORECARD (BSC) DALAM KEBIJAKAN PENGEMBANGAN UMKM BATIK DI KABUPATEN KEDIRI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9(7), 04. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i07.p04

Tahwin, M., Maslichan, M., & Suryandani, W. (2019). MODEL MANAJEMEN USAHA DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING INDUSTRI BATIK TULIS LASEM KABUPATEN REMBANG. Fokus Ekonomi Jurnal Ilmiah Ekonomi, 14(2), 214-225. https://doi.org/10.34152/fe.14.2.214-225

Wulandari, S. Z., Darmawati, D., & Kurniasih, R. A. (2019). Pendampingan Peningkatan Kompetensi Usaha Batik Tulis di Kabupaten Purbalingga. Darma Sabha Cendekia, 1(1), 2178. https://doi.org/10.20884/1.dsc.2019.1.1.2178

Windasari, F. (2011). Dinamika Pengambilan Resiko Pemasaran pada Pengusaha Batik di Laweyan. http://eprints.ums.ac.id/15936/