PKM PENINGKATAN POTENSI PEMASARAN EDI PRINT DI BALI
Main Article Content
Abstract
This Community Servic program aims to enhance the marketing potential of Edi Print in Bali through a comprehensive strategy. The methods applied in this program include surveys, training, mentoring, and evaluation. The survey was conducted to identify the needs and challenges faced by Edi Print artisans in Bali. The training sessions focused on improving innovative design skills in line with market trends, utilizing digital marketing technologies, and developing a strong and recognizable brand. Mentoring was provided to assist artisans in implementing the marketing strategies they had learned. The results of the program show that Edi Print artisans in Bali face challenges such as a lack of innovative designs, limited access to digital marketing technology, and insufficient understanding of branding. Through training and mentoring, artisans were able to enhance their design skills, leverage social media for digital marketing, and build a stronger, more widely recognized brand. In conclusion, this program successfully improved the marketing potential of Edi Print in Bali. These improvements contributed to the development of new designs better suited to consumer preferences, enhanced digital marketing capabilities, and greater branding awareness, which helped their batik products gain market recognition. The implication of this program is that similar initiatives can be implemented in other regions to support the growth of local creative industries while expanding product reach.
ABSTRAK
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan potensi pemasaran Edi Print di Bali melalui strategi yang komprehensif. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini meliputi survei, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Survei dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh perajin Edi Print di Bali. Pelatihan difokuskan pada peningkatan keterampilan desain yang inovatif dan sesuai dengan tren pasar, penggunaan teknologi pemasaran digital, dan pengembangan merek yang kuat dan dikenal di pasar. Pendampingan dilakukan untuk membantu perajin dalam mengimplementasikan strategi pemasaran yang telah dipelajari. Hasil PKM menunjukkan bahwa perajin Edi Print di Bali menghadapi tantangan dalam hal desain yang kurang inovatif, keterbatasan akses terhadap teknologi pemasaran digital, dan kurangnya pemahaman tentang branding. Melalui pelatihan dan pendampingan, perajin mampu meningkatkan keterampilan desain, memanfaatkan media sosial untuk pemasaran digital, juga membangun merek yang lebih kuat dan dikenal luas. Kesimpulan dari kegiatan PKM ini berhasil meningkatkan potensi pemasaran Edi Print di Bali. Peningkatan ini berkontribusi pada peningkatan desain-desain baru yang lebih sesuai dengan selera konsumen, kemampuan pemasaran digital, dan pemahaman branding yang membuat produk batik mereka dikenal di pasar. Implikasi dari PKM ini adalah bahwa program serupa dapat diterapkan di daerah lain untuk mendukung pengembangan industri kreatif lokal, sekaligus memperluas jangkauan produk.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Armilda, A. S., Fakhri, S., Zahro, F. K., Puspita, A. C., Hanafi, A., & Safitri, N. D. A. (2024). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi pada UMKM Batik Ayu Arimbi, Sleman, Yogyakarta. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 21203. https://doi.org/10.30595/jppm.v8i1.21203
Arwani, A. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pengusaha Batik Kelurahan Banyurip Pekalongan Dengan Pendekatan Marketing Mix Berbasis Syariah. Li Falah Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(1), 1345. https://doi.org/10.31332/lifalah.v4i1.1345
Asri, D. P. B. (2020). Perlindungan Hukum Hak Kekayaan Intelektual Bagi Produk Kreatif Usaha Kecil Menengah Di Yogyakarta. JURNAL HUKUM IUS QUIA IUSTUM, 27(1). https://doi.org/10.20885/iustum.vol27.iss1.art7
Basworo, B., & Sujadi. (2018). Peran Brand “Kampoeng Batik Laweyan” dalam Menguatkan Batik Laweyan Untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Batik “Kampoeng Batik Laweyan” Solo. Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 5777. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5777
Dalimunthe, D. M. J., Putra, A. F., Hutagalung, A. Q., & Sianipar, A. S. (2022). Development Of Creative Industry Eco-Print As an Effort to Improving The Quality and Productivity Business Business Hand Craft Shans's Craft in Medan. ABDIMAS TALENTA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 7745. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v7i2.7745
Darmansyah, & Soebagyo, D. (2015). STIMULUS EKSPOR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN BATIK. Jurnal Ekonomi Pembangunan Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 11(2), 328. https://doi.org/10.23917/jep.v11i2.328
Darto, W. (2019). Transformasi Industri Kreatif Batik Dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Kerajinan Kain Batik (Studi di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 25(3), 49812. https://doi.org/10.22146/jkn.49812
Dewanti, R., Melati, I., & Simbolon, F. P. (2013). Pengembangan Model Daya Saing UMKM Batik Melalui ECS. Binus Business Review, 4(1), 1034. https://doi.org/10.21512/bbr.v4i1.1034
Dahmiri, Indrawijaya, S., Fatricia, R.S. and Yasmin, A. (2018). Batik Jambi Promotion Based on Social Media in Asean Economics Community. Proceedings of MICoMS 2017 (Emerald Reach Proceedings Series, Vol. 1), 323-329. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-793-1-00015
Fauziah, N., & Nurhaliza, W. O. S. (2019). MAKNA PROFESI PEMBATIK PADA KELOMPOK SERACI BATIK BETAWI DI KABUPATEN BEKASI. Expose Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 594. https://doi.org/10.33021/exp.v2i2.594
Istiqomah, N., Mafruhah, I., Mulyani, N. S., Ismoyowati, D., & Pribadi, K. S. (2020). Pengembangan Batik Bermotif Local Wisdom Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat di Kabupaten Ngawi. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 0(0), 3973. https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.3973
Jannah, M. (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEGAGALAN USAHA. ISLAMICONOMIC Jurnal Ekonomi Islam, 6(1), 29. https://doi.org/10.32678/ijei.v6i1.29
Laksono, M. (1996). STRATEGI PEMASARANPT. ARJUNA PRADA PEKALONGAN. eprints.undip.ac.id/9227/
Mariyati, L. I., Paryontri, R. A., & Azizah, B. N. (2022). Application of a digital marketing system in the development of Batik Sari Kenongo MSMEs in Sari Rogo Village. Community Empowerment. https://doi.org/10.31603/ce.7014
Mubarat, H., Iswandi, H., & Ilhaq, M. (2021). PELATIHAN INOVASI DAN PENGEMBANGAN PRODUK PATERA ECO PRINT PALEMBANG. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 4325. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4325
Noveandini, R., Wulandari, M. S., & Marzuki. (2023). Penerapan Metode Rapid Application Development Pada Rancang Bangun e-Galery Batik Pekalongan. Jurnal Teknologi Terapan G-Tech, 7(1), 1950. https://doi.org/10.33379/gtech.v7i1.1950
Nugroho, P., Tyas, W. P., & Damayanti, M. (2018). KEBIJAKAN PENGEMBANGAN INDUSTRI BATIK DI KABUPATEN KLATEN, QUO VADIS?. Jurnal Tataloka, 20(2), 160-180. https://doi.org/10.14710/tataloka.20.2.160-180
Nur Baiti, K., Djumali, D., & Kustiyah, E. (2020). Produktivitas Kerja Karyawan Ditinjau dari Motivasi, Disiplin Kerja dan Lingkungan pada PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 4(01), 812. https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.812
Purnama Sari, I., Wulandari, S., & Maya, S. (2018). HKI PADA BATIK TULIS INDONESIA (STUDI KASUS BATIK TULIS TANJUNG BUMI, MADURA). JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 6(2), 145-158. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n2.p145-158
Rosyada, M., & Wigiawati, A. (2020). STRATEGI SURVIVAL UMKM BATIK TULIS PEKALONGAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA “BATIK PESISIR” PEKALONGAN). Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(2), 2424. https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i2.2424
Sari, F. P. W., & Putri, R. O. C. E. (2022). Pengenalan Batik Jumputan Sebagai Media Alternatif Keterampilan Kepada Ibu PKK Perum Solo Elok, Mojosongo, Surakarta. Abdi Seni, 13(1), 4179. https://doi.org/10.33153/abdiseni.v13i1.4179
Setyaningrum, A. D. (2011). BATIK PRING DESA SIDOMUKTI (Studi Nilai Budaya dan Perkembangan Kerajinan Batik di Kabupaten Magetan). eprints.uns.ac.id/id/eprint/10213
Setyaningrum, G. D., Setyaningrum, I., & Doemadji, F. R. (2021). STRATEGI BERTAHAN INDUSTRI BATIK DI KAMPOENG BATIK LAWEYAN SAAT PANDEMI COVID-19 2021. Ekonomi dan Bisnis Berkala Publikasi Gagasan Konseptual Hasil Penelitian Kajian dan Terapan Teori, 25(1), 4769. https://doi.org/10.24123/jeb.v25i1.4769
Setiawati, E., Nursiam, N., & Zulfikar, Z. (2016). Pengembangan Komoditas Batik: Determinasi Budaya Ekonomi dan Perubahan Struktur Kebijakan Terhadap Perkembangan Usaha Ekonomi Lokal (Studi Tentang Pengusaha Batik Laweyan Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 18(1), 272. https://doi.org/10.24914/jeb.v18i1.272
Setiawan, I. (2010). BATIK GARUT: Studi Tentang Sistem Produksi dan Pemasaran. Patanjala Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, 2(3), 236. https://doi.org/10.30959/patanjala.v2i3.236
Suprapti, A. R., Santoso, R. E., & Rahmawati, R. (2016). Inovasi Desain, Teknologi, dan Pemasaran Lewat Website Usaha Kecil Menengah Batik dan Lutik (Lurik Batik) di Kecamatan Laweyan Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(3), 410. https://doi.org/10.24914/jeb.v19i3.410
Susanti, A. I., & Purwaningsih, N. E. (2021). Studi tentang Batik Cahaya Utama di Desa Sendangagung Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik, 11(3), 192-199. https://doi.org/10.17977/um068v1n3p192-199
Susanto, E. B., Wijonarko, R., Purwanto, E., & Binabar, S. W. (2019). KAMPUNG BATIK DIGITAL BERBASIS VIRTUAL TOUR SEBAGAI WADAH PROMOSI BATIK KOTA PEKALONGAN DI ERA INDUSTRI 4.0 (Studi Kasus: Kampung Batik Banyurip). Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 17(0). https://doi.org/10.54911/litbang.v17i0.108
Suwarno, & Pramono, T. (2020). ANALISIS SWOT BALANCED SCORECARD (BSC) DALAM KEBIJAKAN PENGEMBANGAN UMKM BATIK DI KABUPATEN KEDIRI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9(7), 04. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i07.p04
Tahwin, M., Maslichan, M., & Suryandani, W. (2019). MODEL MANAJEMEN USAHA DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING INDUSTRI BATIK TULIS LASEM KABUPATEN REMBANG. Fokus Ekonomi Jurnal Ilmiah Ekonomi, 14(2), 214-225. https://doi.org/10.34152/fe.14.2.214-225
Wulandari, S. Z., Darmawati, D., & Kurniasih, R. A. (2019). Pendampingan Peningkatan Kompetensi Usaha Batik Tulis di Kabupaten Purbalingga. Darma Sabha Cendekia, 1(1), 2178. https://doi.org/10.20884/1.dsc.2019.1.1.2178
Windasari, F. (2011). Dinamika Pengambilan Resiko Pemasaran pada Pengusaha Batik di Laweyan. http://eprints.ums.ac.id/15936/