TEAMWORK GURU SEBAGAI CARA PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN CITRA POSITIF SD PIUS KEBUMEN
Main Article Content
Abstract
The growing competition among educational institutions demands that schools not only focus on academic quality but also actively build a positive public image. One effective strategy for achieving this is by strengthening teacher teamwork. Collaborative teamwork among teachers not only enhances the learning environment but also serves as a strategic marketing tool to attract students and gain the trust of parents. This Community Service Program was conducted at SD Pius Kebumen with the aim of increasing teachers' understanding of the importance role of teamwork in shaping a school's public image. The methods used included counseling on teamwork and its connection to school marketing strategies, interactive discussions that enabled teachers to share collaboration experiences and identify obstacles, and as well as simulations where teachers analyzed real scenarios and worked together to find solutions via Zoom. The materials covered the concept of teamwork, its role in educational marketing, and practical strategies for implementation in school settings. The expected outcome is to enhance internal collaboration among teachers, which contributes to enhancing the positive image of SD Pius Kebumen in the positive public image. This program aligns with the priority themes outlined in the Research and Community Service Roadmap (RIP PKM) of Universitas Tarumanagara.
ABSTRAK
Persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin ketat menuntut sekolah untuk tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki citra positif di mata masyarakat. Salah satu strategi yang efektif untuk membangun citra tersebut adalah melalui penguatan teamwork di antara guru. Kerja sama tim yang kolaboratif antar guru tidak hanya berpengaruh pada suasana belajar, tetapi juga berfungsi sebagai alat pemasaran strategis yang mampu meningkatkan daya tarik sekolah. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan di SD Pius Kebumen, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang pentingnya kerja sama tim dalam membangun citra sekolah di mata masyarakat. Metode pelaksanaan meliputi penyuluhan teamwork dan kaitannya dengan strategi pemasaran sekolah, diskusi interaktif memungkinkan para guru membagikan pengalaman kolaborasi mereka serta mengidentifikasi hambatan dalam penerapan teamwork, dan simulasi sederhana di mana guru diberikan skenario nyata untuk dianalisis dan dicari solusi kolaboratif, yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom. Materi yang diberikan mencakup konsep teamwork, peranannya dalam pemasaran pendidikan, serta strategi praktis penerapannya di lingkungan sekolah. Hasil kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi internal antar guru, yang pada gilirannya berdampak pada peningkatan citra positif SD Pius Kebumen di mata masyarakat. Kegiatan ini selaras dengan tema unggulan dalam Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (RIP PKM) Universitas Tarumanagara.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adawiyah, N. R., Karnati, N. N., & Rochanah, N. S. (2019). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Kerjasama Tim Terhadap Efektifitas Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Bekasi. Visipena Journal, 10(2), 254–270. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i2.505
Fradito, A., Suti’ah, S., & Muliyadi, M. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Al-Idarah Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 12–22. https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6203
Hidayati, R., Rachman, M., & Suryadi, A. (2020). The role of teacher collaboration in enhancing school quality: A case study in Indonesia. International Journal of Educational Development, 45(2), 123–135.
Maamarah, S., & Supramono, S. (2016). Strategi Peningkatan Mutu Dan Citra (Image)Sekolah Dasar Negeri Di Ungaran, Semarang. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 115. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p115-130
Mulyanti, D. (2024). Peran Guru dan Kepala Sekolah sebagai Aktor Pendidikan di Tengah Perubahan Lingkungan Pendidikan yang Berubah Cepat. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(6). https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/757
Pangestika, R., Amilda, A., & Astuti, M. (2024). Strategi pemasaran dalam penerimaan peserta didik baru. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 98–111. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/759
Prasetyo, E., Nugroho, A., & Lestari, D. (2022). The Influence of Principal Leadership on Teacher Collaboration and School Image Building. Journal of School Management, 8(3), 78-89.
Prihardini, I., Sahrani, R., & Dewi, F. I. R. (2024). Psikoedukasi Digital Parenting: Pola Asuh Baru Menyiapkan Anak untuk Era Digital. PUSAKO: Jurnal Pengabdian Psikologi, 3(2), 17-33.
Rahmawati, S., & Suryana, D. (2021). Teacher teamwork and its impact on school reputation: A study in primary schools. Journal of Educational Leadership and Policy Studies, 6(1), 45–56.
Ramdani, Z., Amrullah, S., & Tae, L. F. (2018). Kolaborasi antara kepala sekolah, guru, dan siswa dalam menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas. National Conference on Educational Assessment and Policy. https://www.academia.edu/download/58362900/8._Kolaborasi_Antara_Kepala_Sekolah_Guru_Dan_Siswa_Dalam_Menciptakan_Sistem_Pendidikan_Yang_Berkualitas.pdf
Setiawati, N. A., Hapsari, S., & Munir, A. (2024). Peningkatan organizational citizenship behavior melalui loyalitas kerja dan teamwork pada guru SMK Jakarta Barat. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2595–2599.