PENYULUHAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA

Main Article Content

Louis Utama
Silviana Florensia
Ovilea Angelika
Jovan Fernando
Fransiskus Blestio

Abstract

Digital literacy is currently an important and strategic thing for someone. Unwittingly during and after the pandemic, the use of gadgets has become an important part of everyday life from children to parents. Behind all that, if social media is not used wisely, it can cause many negative effects, including someone becoming individualistic, forgetting time, and not caring about the environment. This literacy aims to provide understanding and skills for individuals who use digital media so that they can critically and creatively choose information on various media platform s. Partners in this program are residents and contract workers in RW 02, Tanjung Duren Utara Village, Grogol Petamburan District, West Jakarta City. So far, partners have never received an understanding of social media, especially literacy about digital media which aims to strengthen the family economy. The solution provided by the Community Service team is to provide material counseling on digital literacy accompanied by training in the use of social media wisely and usefully. After the counseling ends, partners are expected to be able to start a new attitude in responding to the use of social media wisely and be able to use digital applications to improve the family economy.


 


ABSTRAK


Literasi digital saat ini menjadi hal yang penting dan strategis bagi seseorang. Tanpa disadari saat dan setelah pandemi, penggunaan gawai menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari hari mulai dari anak hingga orangtua. Dibalik hal itu semua apabila media sosial tidak digunakan secara bijak maka dapat menimbulkan banyak efek negatif yang ditumbulkan diantaranya seseorang menjadi individualis, lupa waktu, serta kurang perduli terhadap lingkungan. Literasi ini bertujuan untuk memberikan pehamanan dan kemampuan bagi individu yang menggunakan media digital agar dapat secara kritis dan kreatif untuk dapat memilih informasi yang berada di berbagai platform media. Mitra dalam program ini adalah warga dan pekerja kontrak yang berada di RW 02 Kelurahan Tanjung Duren Utara Kecamatan Grogol Petamburan Kota Jakarta Barat. Selama ini mitra belum pernah mendapatkan pemahaman mengenai media sosial terutama literasi mengenai media digital yang bertujuan untuk memperkuat ekonomi keluarga. Solusi yang diberikan oleh tim Pengabdian kepada masyarakat adalah penyuluhan materi mengenai literasi digital disertai dengan pelatihan penggunaan media sosial dengan bijak dan bermanfaat. Setelah penyuluhan berakhir mitra diharapkan dapat memulai sikap baru dalam menyikapi penggunaan media sosial dengan bijak serta dapat menggunakan aplikasi digital untuk meningkatkan ekonomi keluarga.


 

Article Details

Section
Articles

References

Adinda, S., & Pangestuti, E. (2019). Pengaruh Media Sosial Instagram @Exploremalang Terhadap Minat Berkunjung Followers Ke Suatu Destinasi(Survei Padafollowers @exploremalang). Jurnal Administrasi Bisnis, 72(1), 176-183.

Handriyanto, H., Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Moralitas Peserta Didik. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 59–67. Retrieved from http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/47155

Hanifa, A., Syahputra, M., & Nabila, R. (2023). Strategi Digital Marketing Menggunakan Sosial Media Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis Pada PT. Sembilan Cipta Karya. Darma Abdi Karya, 2(2), 222-225. Retrieved from https://jurnal.plb.ac.id/index.php/darmaabdikarya/article/view/2114

Malius, A. K., Parza, Y., Irawan, T., Amelia, P. R., Octaviani, V., & Narti, S. (2025). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Terhadap UMKM Di RT 24 Kelurahan Pematang Gubernur Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 4(1), 97-100. https://doi.org/10.37676/jdun.v4i1.7773

Murjana, K. P., & Sinarwati, N. K. (2022). Persepsi mahasiswa tentang flexing dan pengaruhnya terhadap keputusan investasi. Jurnal Komunikasi dan Media. https://doi.org/10.23887/jap.v13i3.55246

Rachmawati, D., Ramadhani, N., & Komarullah, T. A. (2021). Sosialisasi peranan digital marketing bagi umkm di desa ujung genteng. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(29), (pp. 89-104.). Bandung. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/366

Rojiati, U., & Afifah, N. (2024). Analisis Fenomena Flexing: Keterkaitan Antara Gaya Hidup dan Popularitas. Komsospol, 4(1), 38–47. https://doi.org/10.47637/komsospol.v4i1.1220

Ruth, D., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207–214. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8093

Siagian, A. O., Martiwi, R., & Indra, N. (2020). Kemajuan pemasaran produk dalam memanfaatkan media sosial di era digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 44. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4497

Utama, L., Suandi, C. D., Febriani, D., & Djaruma, J. (2022). Kiat Sukses Pemasaran Digital Untuk Generasi Muda. Prosiding Serina, 2(1), (pp. 945-952.). Jakarta: Untar. https://doi.org/10.24912/pserina.v2i1.19851