PELATIHAN DASAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA BAGI SISWA SMA KRISTEN YUSUF
Main Article Content
Abstract
Understanding the accounting cycle of service companies is an essential skill that students need to acquire early, as it prepares them to face both academic and professional challenges. At SMA Kristen Yusuf, there is a recognized need to enhance students' practical accounting literacy, particularly in understanding the stages of the accounting cycle in a comprehensive and applicable manner. Through this training program, students are introduced to fundamental accounting concepts, starting from the recording of transactions, posting to the ledger, adjusting entries, and culminating in the preparation of financial reports. The training method is designed to be interactive and engaging, utilizing seminars, real case simulations, and hands-on exercises in creating journals and simple financial statements. This approach ensures that students not only understand the theory but also gain practical experience. The primary objective of this activity is to improve students’ understanding, skills, and enthusiasm for accounting. It also aims to develop their ability to think logically, analytically, and systematically in managing financial information. Students are encouraged to apply what they learn through guided practice and real-world scenarios. The expected result of this training is to contribute meaningfully to the improvement of accounting education quality in the school environment. Moreover, it aims to equip students with relevant and foundational accounting skills that will be beneficial for their future academic and career endeavors.
ABSTRAK
Pemahaman tentang siklus akuntansi perusahaan jasa menjadi keterampilan penting yang perlu dimiliki sejak dini oleh para siswa, guna membekali mereka menghadapi dunia akademik maupun profesional. Pada SMA Kristen Yusuf terdapat kebutuhan untuk meningkatkan literasi akuntansi praktis, khususnya dalam memahami tahapan-tahapan siklus akuntansi secara komprehensif dan aplikatif. Rendahnya pemahaman siswa terhadap praktik akuntansi seringkali menjadi kendala dalam proses pembelajaran, terutama ketika berhadapan dengan materi yang bersifat teknis dan memerlukan ketelitian serta logika berpikir yang kuat. Melalui program pelatihan ini, siswa diperkenalkan dengan konsep dasar akuntansi, mulai dari pencatatan transaksi, penjurnalan, posting ke buku besar, penyusunan neraca saldo, hingga proses penyesuaian dan penyusunan laporan keuangan. Metode pelatihan dirancang secara interaktif melalui seminar, simulasi kasus nyata, diskusi kelompok, serta latihan penyusunan jurnal dan laporan keuangan sederhana. Pendekatan ini bertujuan agar siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu mengaplikasikannya secara langsung dalam situasi yang menyerupai kondisi nyata di dunia kerja. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan minat siswa terhadap akuntansi, sekaligus menumbuhkan kemampuan berpikir logis, analitis, dan sistematis dalam mengelola data keuangan. Hasil pelatihan diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kualitas pendidikan akuntansi di lingkungan sekolah serta membekali siswa dengan keterampilan dasar akuntansi yang relevan dan aplikatif untuk masa depan mereka.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Nugroho, V., Marcelia, & Chang, M. (2023). Pelatihan akuntansi perusahaan jasa bagi siswa/i Yayasan Prima Unggul di Jakarta Timur. Universitas Tarumanagara.
Putra, A., Handayani, S., Jatmiko, J., Sugiyanto, S., & Abdurrahman, A. (2023). IPTEKS Pelatihan Akuntansi Perusahaan Jasa pada Siswa SMU
Darmawati, D., Putri, N., Banjarnahor, E., Riyanti, Y. E., Brutu, A. K., Echilia, K., & Ulinvia, R. (2022). Pelatihan akuntansi perusahaan dagang dan perusahaan jasa bagi siswa SMK.