WORKSHOP CETAK LINO UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA SMAN 96 CENGKARENG JAKARTA BARAT
Main Article Content
Abstract
The art of linocut originated from the art of woodcut known as xylography. This carving produces images or writing through a printing process using a carved wooden board as a printing reference. The high printing technique is one of the techniques for making cliches by reducing the surface of the cliche with a chisel or linocut knife to gouge or reduce it so that it produces a high and low lino surface resembling a relief, so it is called a relief print. The Workshop began with a brief introduction to the history and basic concepts of lino printing, followed by a demonstration of basic carving and printing techniques. The lino printing Workshop for students of SMAN 96 Cengkareng Jakarta is a very useful activity to improve creativity, fine motor skills, and understanding of graphic arts. Through the process of making lino prints, students learn to think creatively, develop technical skills, and express themselves personally. The lino print training process is as follows: (1) Making a sketch of a drawing made of paper, 2) Transferring the Sketch to Linocut or MDF, 3) Selecting the post-sketch section that will not be exposed to graphic ink, 4) The surface layer of Linocut or MDF is and painted with graphics for the use of the ink crawler tool, 5) Place the paper or print media in the Linocut and scrub with a scrub tool, 6) Opening the paper or print media and printing graphic art printed on paper or print media. Lino print training can be a fun and valuable learning experience for students. The results: idea ability: Good 57%, Enough 43%, carving technique ability: Good 14%, Enough 86%, and coloring ability: Good 81%, Enough 19%.
ABSTRAK
Seni cukil lino berawal dari seni cukil kayu yang dikenal dengan istilah xylography. Cukil ini menghasilkan gambar atau tulisan melalui proses percetakan dengan menggunakan papan kayu yang dicukil sebagai acuan cetak. Teknik cetak tinggi merupakan salah satu teknik pembuatan klise dengan mengurangi permukaan klise dengan pahat atau pisau cukil lino untuk mencungkil atau mengurangi sehingga menghasilkan permukaan lino yang tinggi rendah menyerupai relief sehingga disebut dengan relief print. Workshop dimulai dengan pengenalan singkat tentang sejarah dan konsep dasar cetak lino, diikuti dengan demonstrasi teknik-teknik dasar ukiran dan pencetakan. Workshop cetak lino untuk siswa SMAN 96 Cengkareng Jakarta adalah kegiatan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas, keterampilan motorik halus, dan pemahaman tentang seni grafis. Melalui proses pembuatan karya cetak lino, siswa belajar untuk berpikir kreatif, mengembangkan keterampilan teknis, dan mengekspresikan diri secara personal. Proses pelatihan cetak lino adalah sebagai berikut: (1) Membuat sketsa gambar yang terbuat dari kertas, 2) Transfer Sketsa ke Linocut atau MDF, 3) Pemilihan bagian pasca-sketsa bukan akan terkena tinta grafis, 4) Lapisan permukaan Linocut atau MDF adalah dan dicat dengan grafik untuk penggunaan alat perayap tinta, 5) Tempatkan kertas atau media cetak di Linocut dan gosok dengan alat scrub, 6) Membuka kertas atau media cetak dan cetak seni grafik dicetak di atas kertas atau media cetak. Pelatihan cetak lino dapat menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan dan berharga bagi siswa. Hasilnya: kemampuan ide: Baik 57 %, Cukup 43 %, kemampuan teknik cukil: Baik 14 %, Cukup 86 %, dan kemampuan mewarnai: Baik 81 %, Cukup 19 %.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anggraini, C., & Marsudi. (2024). Pengembangan Modul Seni Grafis Teknik Cetak Tinggi Menggunakan Acuan Styrofoam di SMP Laboratorium YDWP UNESA. Jurnal Seni Rupa, Vol. 12 No. 1, 37 - 50.
Djupanda, H., Kadek, Y., & Darmadi, I. (2015). Analisis Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), Vol. 3 No. 2, 29 - 34.
Herlina, K., Abdurrahman, Suyatna, A., & Ertikanto, C. (2022). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Hands-On, Minds-On, Hearts-On Activities dalam Mempersiapkan Pembelajaran Hybrid Learning di Era New Normal-Epidemi Covid-19. Nuwo Abdimas, Vol. 1 No. 1, 26 - 39.
Lestari, D. K., & Supatmo. (2022). Potensi Alam Desa Bendosari Sebagai Sumber Inspirasi Dalam Karya Seni Grafis Cetak Tinggi. Imajinasi: Jurnal Seni, Vol. XVI No. 1, 15 - 19. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55744
Maharani, C., & Kurniawati, D. Y. (2023). Bunga Matahari Dalam Karya Seni Grafis Cetak Tinggi. TEXTURE: Art & Culture Journal, Vol. 6 No.2, 89 - 93. https://doi.org/10.33153/texture.v6i2.5685
Qomariyah, P. (2023). Dari Seni Rupa Murni Menuju Seni Media Rekam, Ikhtiar Alex Luthfi Menembus Batas Kreativitas. In Z. Maryani, A. D. Nugroho, & R. A. Ydisetyanto, Estetika, Seni, dan Media: Bunga Rampai Purna Tugas Alexandri Luthfi R (pp. 293 - 310). Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.
Rahmayanti, S., & Misral. (2024). Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Program Pelatihan Berkelanjutan. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, Vol. 14 No. 1, 84 - 93. https://doi.org/10.37859/jae.v14i1.7030
Rofi'i, A., Budiprasojo, A., Rachmanita, R. E., & Prasetyo, D. A. (2020). Pemanfaatan Ethnoscience Berprientasi Pembelajaran Teknologi Tepat Guna Pada Kelompok Guru Gugus Karangrejo Guna Menyiapkan Siswa Kompeten di Era Revolusi Industri 4.0. J-DINAMIKA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 5 No. 2, 5 - 10. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i2.2395
Rumaseb, N. E., Labuang, P., & Pinontoan, D. (2024). Mengembangkan Aktivitas Membentuk Plastisin untuk Anak Usia Dini di Manado Classical School. MONTESORI: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Uisa Dini, Vol. 5 No. 2, 14 - 20 .
Sandra, Y. (2012). Buku Ajar Seni Grafis 1. Padang: Universitas Negeri Padang.
Setiaji, R. S., Hendri, Z., Creativani, K., Zahra, A., & Triawan, D. W. (2024). Pendampingan Pembelajaran Seni Rupa Berkarya Seni Grafis Cetak Tinggi di SMPN 1 Mlati, Sleman, Yogyakarta. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian pada Masyarakat, Vol. 6 No. 2, 291 - 303. https://doi.org/10.31540/jpm.v6i2.2652
Sulfa, A. A., Salam, S., & Lugis, M. (2023). Kemampuan Berkarya Seni Grafis Cukilan Kayu Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 3 Sibulue Kabupaten Bone. PARATIWI: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 1 - 9. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27346
Yustitia, V., Rachmadtullah, R., Azmy, B., & Susiloningsih, W. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru SDN Mangunrejo Melalui Workshop Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2 No. 1, 351 - 357. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.725