PEMBERDAYAAN SOFT SKILLS GENERASI Z MELALUI KEGIATAN PELATIHAN SENI KRIYA MAKRAME

Main Article Content

Fivanda
Natashya Iskandar
Gwendolyn Chelsea Josephine
Jennifer Hung
Vanesa

Abstract

Generation Z, born between 1997–2012, is inseparable from technology in both learning and working environments. As part of the productive age group, they hold significant potential to drive economic growth through local creative industries. One effective method to empower this generation is through soft skill development using macrame crafts. Macrame activities not only enhance creativity but also improve focus, patience, and perseverance. In facing the challenges of the digital era, soft skill empowerment supports career readiness, productivity, and social networking. Collaborative initiatives between institutions play a crucial role in facilitating craft training for Generation Z. One such initiative is the macrame craft training program, aimed at creating products with creative, commercial, and innovative value. This program aligns with SDGs Goal 4 (Quality Education) and Goal 8 (Decent Work and Economic Growth) by equipping youth with valuable life skills. In partnership with Yayasan Rumah Pagi Bahagia in Bintaro, this program specifically targeted foster children aged 13–16 years. The face-to-face training involved 20 participants and was conducted in two main stages: preparation and implementation. The preparation stage included surveys, interviews, and material distribution, followed by hands-on implementation. Guided by the PKM team, instructors demonstrated macrame knotting techniques and assisted participants in creating wall decoration pieces. This activity not only required attention to detail but also fostered perseverance. The outcome of this empowerment initiative is expected to contribute to the growth of innovative local creative products, even amidst the fast-paced advancement of artificial intelligence technology.


ABSTRAK


Generasi Z merupakan generasi yang tidak terlepas dari teknologi, baik dalam belajar maupun bekerja. Lahir pada tahun 1997–2012, Generasi Z termasuk usia produktif dan menjadi peluang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui industri kreatif lokal. Pemberdayaan soft skills melalui seni kriya makrame menjadi sarana untuk mengembangkan kreativitas, meningkatkan fokus, dan melatih kesabaran. Dalam menghadapi tantangan dunia digital, penguatan soft skills dapat menambah peluang karir, produktivitas, serta memperluas jejaring sosial. Berbagai institusi berkolaborasi dalam penyelenggaraan pelatihan seni kriya bagi Generasi Z. Salah satunya adalah pelatihan kriya makrame yang bertujuan menghasilkan produk bernilai kreatif, komersial, dan inovatif. Kegiatan ini mendukung tercapainya tujuan SDGs ke-4 (pendidikan berkualitas) dan SDGs ke-8 (pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi) dengan membekali generasi muda keterampilan yang bermanfaat di masa depan. Bersama mitra Yayasan Rumah Pagi Bahagia di Bintaro, kegiatan ini menyasar anak asuh berusia 13–16 tahun. Pelatihan dilakukan secara tatap muka kepada 20 peserta dan dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap persiapan mencakup survei, wawancara, dan distribusi material, dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan berupa demonstrasi langsung teknik menyimpul makrame oleh instruktur dari tim PKM. Pelatihan pembuatan dekorasi dinding makrame menuntut ketelitian dan ketekunan peserta. Hasil dari kegiatan ini diharapkan terus mendorong berkembangnya produk kreatif lokal yang inovatif di tengah pesatnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan.


 

Article Details

Section
Articles

References

Ainiyah, N., & Indrarini, R. (2022). Pengaruh Motivasi Investasi dan Kemajuan Teknologi terhadap Minat Berinvestasi di Reksadana Syariah pada Generasi Z Kota Surabaya. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 5(2), 80-94.

Agus, E., Zulfahmi. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme Generasi Muda. Jurnal Kajian Hukum Iuris Studia, 2(1). 26-33.

Atika, J., & Purwanti, L. (2022). Pemanfaatan Seni Kerajinan Tangan Makrame Untuk Dekorasi Ruangan Dengan Konsep Art Deco. Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain Dan Media, 1(1), 45-56.

Badan Pusat Statistik. (2021). Hasil Sensus Penduduk 2020. Diakses dari https://demakkab.bps.go.id/id/news/2021/01/21/67/hasil-sensus-penduduk-2020.html

Dewi, H.I., Zulfitria. (2019). Pelatihan Visual Art Untuk Stimulus Kreativitas Anak-Anak Sekolah Dasar di Rangkapan Jaya Baru Pancoran Mas Kota Depok. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Jakarta: 24 September 2019. 1-5.

Fivanda, F. (2023). Pengembangan Imajinasi dan Bakat Anak Melalui Media Lukis Kanvas pada Topi Bucket. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(1).174-182.

Fivanda, F., Hung, J., & Vanesa, V. (2025). Penerapan Berkelanjutan Melalui Pemanfaatan Benang Sisa Menjadi Produk Rajutan Dekorasi Interior. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 7(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v7i3.32805

Handayani, R.P. (2025, Februari 07). Kurangnya Soft Skills di Kalangan Mahasiswa: Apa Dampaknya?. Diakses dari https://campusnet.news/kurangnya-soft-skills-di-kalangan-mahasiswa-apa-dampaknya/

Ismanto, A. (2023). Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Pengolahan Limbah Botol Plastik Bekas Menjadi Barang Fungsional. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(1). 158-167.

Mukti, C.V., Rosita, D., Sakinah, A., Apriyanti, D. (2021). Upaya Peningkatan Kreativitas Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Pelatihan Seni Lukis. Jurnal Dedikasi, 1(2). 443-448.

Munthe, R. T. J., Rahadi. D. R. (2021). Inovasi dan Kreatifitas UMKM di Masa Pandemi (Studi Kasus di Kabupaten Bekasi). Jurnal Magisma, IX(1). 44-52.

Widianti, H. Rahmadiana, G.D., Amaliyah, F. Khasanah, A.N., Kartini, D. (2024). Menyulam Warisan Budaya: Pelatihan Keterampilan Membatik Untuk Generasi Z Dalam Merajut Tradisi Batik Tegalan. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(6). 2160-2165.

Wiguna, I. B. S. A., Dewi, K. S., & Septarini, N. K. (2022). Dampak Kemajuan Teknologi Informasi pada Generasi Z di Era Society 5.0 bagi Sumber Daya Manusia. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 2, 468-475.

Yayasan Rumah Pagi Bahagia. (2025, Mei 28). Diakses dari https://rumahpagi.org/rumah-pagi-bahagia/