PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PARA PELAKU UMKM DI DESA KERTAJAYA KECAMATAN PADALARANG KABUPATEN BANDUNG BARAT
Main Article Content
Abstract
Basically, the purpose of implementing Community Service is to provide new ideas about entrepreneurship and to be able to develop the entrepreneurial potential that is owned, develop creative ideas that are owned in order to open up potential business opportunities that can be developed in the community for MSME actors. The objective is to foster creativity within the community, enabling the production of goods that may serve as entrepreneurial opportunities, so enhancing family income and facilitating the assessment of entrepreneurship's viability as a daily commercial endeavour. The approach to executing community service activities include offering training and discussions on starting a company grounded on an effective management system. The service aims to produce outcomes that, through training in the creation of economically valuable products, will motivate participants to become entrepreneurs, thereby enhancing their understanding of entrepreneurship and improving their family’s economic situation.
ABSTRAK
Pada dasarnya tujuan pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk memberikan ide-ide baru tentang kewirausahaan dan untuk dapat mengembangkan potensi kewirausahaan yang dimiliki, mengembangkan ide-ide kreatif yang dimiliki agar dapat membuka peluang usaha potensial yang dapat dikembangkan di masyarakat untuk pelaku UMKM. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan kreativitas dalam masyarakat, memungkinkan produksi barang-barang yang dapat berfungsi sebagai peluang kewirausahaan, sehingga meningkatkan pendapatan keluarga dan memfasilitasi penilaian kelayakan kewirausahaan sebagai upaya komersial sehari-hari. Metode diskusi memfasilitasi eksplorasi materi yang lebih dalam melalui pertanyaan individu dan perwakilan peserta. Tahapan pelatihan meliputi: pemaparan materi, ceramah, dan diskusi digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang materi pelajaran. Pendekatan untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat termasuk menawarkan pelatihan dan diskusi tentang memulai sebuah perusahaan yang didasarkan pada sistem manajemen yang efektif. Layanan ini bertujuan untuk menghasilkan outcome yang melalui pelatihan penciptaan produk yang bernilai ekonomis, akan memotivasi peserta untuk menjadi wirausaha, sehingga meningkatkan pemahaman mereka tentang kewirausahaan dan memperbaiki situasi ekonomi keluarga mereka.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anoraga, Panji dan Widiyanti, Ninik. 1992. Dinamika Koperasi. Rineka Cipta, Jakarta.
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Assauri, Sofjan. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grapindo.
Buchari Alma. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta
Gama B., Widodo Y. & Hariyanto. (2017). Pengembangan Model Strategi Bertahan Hidup Pedagang Kaki Lima Perantau Etnis Minang dan Penduduk Asli di Pasar Nusukan Solo. Laporan Akhir Penelitian Produk Terapan Dikti.
Damsar. (2002). Sosiologi Ekonomi. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Fandy, T. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Meredith, 1984. Kewirausahaan, Teori dan Praktek, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, dalam Hendar dan Kusnadi, 1999. Ekonomi Koperasi untuk Perguruan Tinggi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Sitio, Arifin & Tamba, Halomoan. (2001). Koperasi: Teori dan Praktek. Erlangga, Jakarta.
Soegoto, E.S. (2009). Enterpreneurship, Menjadi Pebisnis ulung, Kompas Gramedia . Jakarta
Tambunan, R.M. (2013). Pedoman Penyusunan Standard Operating Prosedur, Edisi 2013. Maiesta.