PENGENALAN TAHAPAN DESAIN PRODUK DAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SMA
Main Article Content
Abstract
This activity aims to improve high school students' understanding of entrepreneurship and product design with a real-life example-based approach that can be used as business inspiration. In this program, students are given an understanding of the importance of recognizing business opportunities, identifying market needs, and applying the concept of design thinking in product development. The implementation of the activity is carried out directly at the partner's location using an interactive lecture method equipped with examples of product designs, case studies, and simple business simulations to help students understand the principles of entrepreneurship in more depth. Students' enthusiasm for the material provided is very high, as seen from the level of active participation in discussions and increased understanding after the training. Based on the results of the questionnaire evaluation, the delivery of material by the PKM team received a very good rating from 57% of participants and 43% rated it quite good, while the benefits of the training were rated very positive by 95% of participants. Students' understanding of how to identify consumer needs, understand the design process, and apply their respective entrepreneurial principles was rated very good by participants. This shows that this program has succeeded in improving students' understanding of entrepreneurship and innovation-based product development. By using the design thinking approach, students are taught to think systematically in identifying problems, creating creative solutions, and testing product concepts to suit market needs. This program is expected to be a foundation for students in developing sustainable business ideas and contributing to a more innovative entrepreneurial ecosystem. To increase the impact of the program, further steps such as business mentoring, access to entrepreneurial resources, and more in-depth study of marketing strategies need to be implemented so that students are better prepared to face future business challenges.
ABSTRAK
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA mengenai kewirausahaan dan desain produk dengan pendekatan berbasis contoh nyata yang dapat digunakan sebagai inspirasi bisnis. Dalam program ini, siswa diberikan pemahaman tentang pentingnya mengenali peluang usaha, mengidentifikasi kebutuhan pasar, serta menerapkan konsep design thinking dalam pengembangan produk. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara langsung di lokasi mitra menggunakan metode ceramah interaktif yang dilengkapi dengan contoh desain produk, studi kasus, serta simulasi bisnis sederhana untuk membantu siswa memahami prinsip kewirausahaan secara lebih mendalam. Antusiasme siswa terhadap materi yang diberikan sangat tinggi, terlihat dari tingkat partisipasi aktif dalam diskusi serta pemahaman yang meningkat setelah pelatihan. Berdasarkan hasil evaluasi kuesioner, penyampaian materi oleh tim PKM memperoleh penilaian sangat baik dari 57% peserta dan 43% menilai cukup baik, sementara aspek manfaat pelatihan dinilai sangat positif oleh 95% peserta. Pemahaman siswa mengenai cara mengidentifikasi kebutuhan konsumen, memahami proses desain, serta menerapkan prinsip kewirausahaan masing-masing dinilai peserta sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa mengenai kewirausahaan serta pengembangan produk berbasis inovasi. Dengan menggunakan pendekatan design thinking, siswa diajarkan untuk berpikir sistematis dalam mengidentifikasi permasalahan, menciptakan solusi kreatif, dan menguji konsep produk agar sesuai dengan kebutuhan pasar. Program ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi siswa dalam mengembangkan ide bisnis yang berkelanjutan dan berkontribusi pada ekosistem kewirausahaan yang lebih inovatif. Untuk meningkatkan dampak program, langkah-langkah lanjutan seperti pendampingan bisnis, akses terhadap sumber daya kewirausahaan, dan studi lebih mendalam tentang strategi pemasaran perlu diterapkan agar siswa memiliki kesiapan lebih baik dalam menghadapi tantangan bisnis di masa depan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmad, Aifa. RS., Tharisya. SP. (2023). Pengenalan Life Skill Dan Desain produk Bagi Siswa SMA Untuk Mengembangkan Ide Usaha & Kewirausahaan, Jurnal Serina Abdimas, 1(3), 1322-1326
Ahmad1, Aifa. RS., Tharisya. SP. (2024). Pelatihan Leadership Life Skill Dan Konsep Desain Produk Dalam Mempersiapkan Wirausahawan Bagi Siswa SMA, Jurnal Serina Abdimas, 1(2), 376-380
Ahmad, dkk. (2021). Pelatihan Technopreneurship Dan Workshop Fusion 360 Di SMAN 110 Jakarta Dalam Rangka Meningkatkan daya saing bangsa. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia,4(1), 75-81
Ahmad, dkk. Pengenalan Kewirausahaan Dan Desain Produk Pada Santri Pondok pesantren Al Amanah Bekasi, Prosiding serina, 2022
Ahmad, Rafeal.JP., Kenneth., Adelia. (2024). Pelatihan Design Thinking Untuk Mengenalkan Tahapan Desain Produk Industri Pada Siswa SMA, Jurnal Serina Abdimas, 2(3), 766-771