PENGENALAN TERHADAP KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MANAJEMEN DI SMA KASIH IMMANUEL JAKARTA BARAT

Main Article Content

Richard Andrew
Feily Chung
Calvin Claus
Zaskia Az Zahra Lubis
Christoffel Bryan Matthew

Abstract

Kasih Immanuel Highschool, which located in Taman Surya, Kali Deres, West Jakarta, try to improve their students and other quality traits.  Based on the observation of the CSR team, the school just only had small feature of marketing communication tools such as social media like Instagram and Youtube.  To help the school, the CSR team that consists of Lecturer and students from the Faculty of Economics & Business, try to introduce the basic marketing communication skills.  Not only for consulting with the head of the school for enhancing the quality of marketing communication design for the future, the CSR team also try to help the student to improve their level of confidence in marketing communication aspect such as boosting confidence to use social media safely and creatively at the same time.  The method for this CSR program is direct activities that consists of teaching, mentoring and watching the progresss of each marketing communication instruments at Kasih Immanuel Highschool.  As a result, 26 students who participating in this program glad that they have their new experience to enhanced their own marketing communication skills.  The Principle for the school also hope that this collaboration between the CSR team and the school can enhance the mutually beneficially events in the future.


ABSTRAK


Sekolah Menengah Atas (SMA) Kasih Immanuel yang terletak di Taman Surya, Kecamatan Kali Deres, Kota Jakarta Barat saat ini sedang berjuang untuk meningkatkan jumlah peserta didik dan juga eksistensi dari para pemangku kepentingan yang terkait.  Dari hasil pengamatan tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang beranggotakan dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi & Bisnis, sekolah ini baru memberdayakan sebagian kecil dari media komunikasi pemasaran yang ada seperti fitur media sosial Instagram dan Youtube.  Untuk membantu terlaksana hal tersebut maka pihak pelaksana PkM ingin melaksanakan pengenalan terhadap komunikasi pemasaran dalam manajemen di SMA Kasih Immanuel Jakarta Barat.  Selain untuk meningkatkan kualitas dari desain komunikasi pemasaran dasar yang ada di lingkungan SMA Kasih Immanuel, diharapkan juga para peserta didik dan pemangku kepentingan juga memiliki kepekaan sosial untuk saling mengomunikasikan sekolah agar keberlanjutan dari institusi pendidikan tersebut terjaga melalui berbagai instrumen yang memungkinkan.  Metode yang digunakan pada pelaksanaan PkM ini adalah metode luring.  Adapun penerapan PkM ini mencakup penyuluhan, pendampingan dan pengawasan dari kemajuan instrumen komunikasi pemasaran di SMA Kasih Immanuel Jakarta Barat.  Secara singkat, kegiatan PkM yang diikuti oleh 26 peserta didik dari Kelas X, XI dan XII di sekolah tersebut berjalan dengan baik dan lancar.  Pihak sekolah berharap kegiatan PkM ini dapat diteruskan di tingkat yang selanjutnya dengan pemberian sejumlah instrumen desain yang dibutuhkan pada sekolah tersebut.


 

Article Details

Section
Articles

References

Andrew, R., Piterson, B. & Kurniawan, A. N. (2024). Pengenalan Komunikasi Pemasaran di Yayasan Yatim Piatu Rasulullah SAW di Jakarta. Jurnal SERINA ABDIMAS, 2(1), 8-12.

Hartono, A. H., Humaizi & Kurniawati, D. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran SMA Harapan 3 Medan dalam Mendapatkan Siswa Baru di Masa Pandemi Covid-19. Communication & Social Media, 3(2), 39-45.

Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(1), 14-28.

Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98-102.

Kusumadinata, A. A., Ramadhan, A., Maulana, D., & Wiratama, F. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Hegar Coffee & Liwet Melalui Akun Instagram. Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora, 9(3), 316-324.

Pambudi, S. A. (2023). Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Siswa Memilih SMA Al Hikmah Surabaya. Commercium, 6(3), 213-221.

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 29-37.

Saraswati, H. D., & Afifi, S. (2022). Strategi komunikasi pemasaran pariwisata di masa pandemi COVID-19. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(2), 138-155.

Sari, A. M., & Aslami, N. (2022). Strategi komunikasi pemasaran asuransi syariah. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 57-72.

Salim, H. S., Goh, T. S., & Margery, E. (2022). Pengaruh komunikasi pemasaran dan produk terhadap keputusan pembelian di PT. Furnilux Indonesia. Jurnal Bisnis Kolega, 8(1).

Turmudi, M., & Fatayati, S. (2021). Komunikasi Pemasaran Jasa Pendidikan. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 69-78.

Utomo, S. B., Laksmono, R., Kurniawan, R., & Judijanto, L. (2024). Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(1), 507-513.

Wibowo, P. S. (2021). Strategi komunikasi pemasaran sharp indonesia di era pandemi covid-19 dan kenormalan baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1).

Yuarsa, T. A., Narulita, S., & Ariyani, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Pemerintah Untuk Masyarakat Umum. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 6(2), 344-358.