MENGHADAPI TANTANGAN AKUNTANSI MODERN DENGAN SOLUSI ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Main Article Content

Agustin Ekadjaja
Devinia Renata
Mudita Hung Dharma Putri

Abstract

This Community Service Program (PKM) is one of the manifestations of the Tri Dharma of Higher Education, aimed at benefiting society. This PKM activity is specifically designed for students of SMA. The implementation method for this community service program involves face-to-face training sessions. The program begins with an initial meeting to identify the school's needs in this collaboration. The chosen topic for this activity is providing insights into Facing Modern Accounting Challenges with Artificial Intelligence Solutions for students and teachers of SMA . Students will be introduced to the definition and functions of AI in accounting, which automates routine tasks such as data entry and reporting. This allows accountants to focus on data analysis and strategic decision-making. AI also enhances operational efficiency and reduces costs by processing data in real time and detecting errors. While AI does not replace the role of accountants, it expands their role as strategic advisors. Challenges such as budget constraints and technological skill gaps need to be addressed. With this understanding, students will be better prepared to face modern accounting challenges and leverage AI solutions. The outcomes of this community service program include published articles and Intellectual Property Rights. As the final stage, we will prepare a report on the implementation of this Community Service Program (PKM) and submit it as our accountability to the DPPM Untar.


 


ABSTRAK


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu memberikan manfaat kepada erusahaan khususnya siswa – siswi SMA. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian erusahaan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan secara tatap muka yang diawali dengan pertemuan untuk menggali kebutuhan pihak Sekolah dalam kerja sama ini. Topik yang dipilih untuk kegiatan ini adalah memberikan wawasan tentang cara Menghadapi Tantangan Akuntansi Modern Dengan Solusi Artificial Intelligence kepada siswa-siswi dan para guru SMA. Siswa akan dikenalkan dengan pengertian dan fungsi AI dalam akuntansi, yang mengotomatisasi tugas-tugas rutin seperti entri data dan pelaporan. Hal ini memungkinkan akuntan untuk erus pada analisis data dan pengambilan erusahaa strategis. AI juga meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya dengan memproses data secara real-time dan mendeteksi kesalahan. Meskipun AI tidak menggantikan peran akuntan, AI memperluas peran mereka sebagai penasihat strategis. Tantangan seperti keterbatasan anggaran dan kesenjangan keterampilan teknologi perlu diatasi. Dengan pemahaman ini, siswa akan lebih siap menghadapi tantangan akuntansi modern dan memanfaatkan erusa AI melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan siswa – siswi SMA bisa memahami penggunaan AI dalam dunia akuntansi khususnya di zaman modern ini. Tidak hanya memahami dan menggunakan keterampilan tersebut, tetapi erusahaan atau organisasi pun bisa mengurangi biaya yang mampu meningkatkan efisiensi.

Article Details

Section
Articles

References

Akbar, S. R. (2023). Dampak Teknologi Artificial Intelligence Pada Profesi Akuntansi. Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Logistik (JUMATI), 1(2), 335-343.

Alghafiqi, B., & Munajat, E. (2022). Impact of Artificial Intelligence Technology on Accounting

Amelia, I., Azzahra, Y. N., Abda, A., & Azmi, Z. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Akuntansi: Kajian Literatur Review. Akuntansi, 3(1), 129-140. https://doi.org/10.55606/akuntansi.v3i1.1472

Arie, A. P. P. (2024). Transformasi Akuntansi di Era Big Data dan Teknologi Artificial Intelligence (AI). Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 5(2), 937-943.

Chairunnisa, N. (2023). Survei Populix: 55 Persen Pekerja Khawatir Digantikan Teknologi Artificial Intelligence. Tekno.Tempo.Co. https://tekno.tempo.co/read/1803643/survei-populix-55-persen-pekerja-khawatir-digantikan-teknologi-artificial-intelligence

Nainggolan, P. (2024). Balance: Jurnal Akuntansi dan Manajemen. Balance: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 3(1).

Pasyarani, L. (2023). Revitalisasi Akuntansi dengan Penerapan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Jurnal Ilmu Data, 3(2), 1–14. http://ilmudata.org/index.php/ilmudata/article/view/323

Pramudya, A. (2023). Perkembangan Teknologi AI Dalam Dunia Akuntansi. Www.Jurnal.Id. https://www.jurnal.id/id/blog/artificial-intelligence-ai-dalam-akuntansi.

Prasetio, T. (2024). Persepsi Mahasiswa Program Studi Akuntansi Terhadap Dampak Artificial Intelligence Pada Profesi Akuntan. Jurnal Perspektif, 22(1), 29–36. https://doi.org/10.31294/jp.v22i1.20453.

Profession. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 7(2), 140–159. https://doi.org/10.20473/baki.v7i2.27934

Wulandari, P., & Fitrianingsih, D. (2024). Akuntansi 4.0 Dengan Peningkatan Kompetensi Melalui Pelatihan Artificial Intelligence Bagi Siswa-Siswi SMK Jurusan Akuntansi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 1041-1049.

Yusuf, M. F. M., Sari, I. M., Hamid, A., & Garusu, I. A. (2023). Integrasi Teknologi Artificial Intelligence Dalam Sistem Akuntansi Modern. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(1), 230-234. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i1.902