ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN MELALUI METODE SWOT PADA PT SIMTEX MECHATRONIC INDOJAYA

Main Article Content

Lukman Surjadi
Friska Bellaza Dwinata
Kesia Olivia
Karen Lindsay

Abstract

In carrying out operational activities in a company, there are both internal and external factors that affect the company's performance, either positive or negative. To ensure continuous improvement in company’s performance, a business strategy is needed to identify and anticipate potential issues that count as a problems so it can be fixed. In this case, the SWOT analysis method is used. The SWOT analysis strategy consists of Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats, which help to identify and evaluate internal and external influences on the company. This can help to improve performance and achieving company goals by enhancing Strengths and Opportunities while minimizing Weaknesses and Threats. In this PKM project, there were several problems that being identified through direct observation and interviews with the company. Some of the problems that need improvement such as development of new business units, regulations, workforce, market demand, stock production, suppliers, and many more. Problem solving is carried out by referring to the results of the analysis using SWOT which in general provides ideas for solving in improving the company's internal or external weaknesses, predicting opportunities, innovating, anticipating threats, historical analysis of market demand patterns, also using more effective market strategies and systematics for the company's progress. The method used is through the presentation and socialization of materials to PT Simtex Mechatronic Indojaya Company by offline according to the topic that being taken. Therefore, this PKM project aims to assist the company by offering ideas and suggestions for the company in planning the strategies based on the analysis from internal and external factors.


ABSTRAK


Dalam melakukan kegiatan operasional di perusahaan, maka tidak lepas dari adanya faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi kinerja perusahaan, baik itu bersifat positif ataupun negatif. Untuk menjaga kinerja perusahaan agar tetap mengalami peningkatan, dibutuhkan suatu strategi bisnis dalam menjalankannya sehingga dapat mengetahui dan mengantisipasi hal-hal yang menjadi masalah untuk diperbaiki. Dalam hal ini, digunakan metode SWOT untuk melakukan analisisnya. Strategi analisis SWOT terdiri dari Strength (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunity (peluang), dan Threats (Ancaman) yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi pengaruh dari dalam maupun luar perusahaan sehingga membantu meningkatkan kinerja dan tercapainya tujuan perusahaan dengan meningkatkan Strength (kekuatan) dan Opportunity (peluang) setta meminimalisir Weaknesses (kelemahan) dan Threats (Ancaman). Pada PKM ini, ditemukan beberapa permasalahan yang didapat dari hasil observasi secara langsung ke mitra perusahaan dan wawancara dengan pihak mitra terkait hal yang terjadi dalam pengoperasiannya yang masih perlu ditingkatkan seperti dari sisi pengembangan unit bisnis baru, regulasi, karyawan, permintaan pasar, produksi stok, pemasok, dan lainnya. Penyelesaian masalah dilakukan dengan mengacu pada hasil analisis menggunakan SWOT yang secara garis besar memberikan ide penyelesaian dalam memperbaiki kelemahan internal maupun eksternal perusahaan, memprediksi peluang, melakukan inovasi, mengantisipasi ancaman, analisis historis pola permintaan pasar, serta menggunakan strategi pasar dan sistematika yang lebih efektif untuk kemajuan perusahaan. Metode yang dilakukan adalah melalui pemaparan dan sosialisasi materi ke perusahaan PT Simtex Mechatronic Indojaya secara luring atau offline sesuai topik yang diangkat. Oleh karena itu, PKM ini berupaya untuk membantu dalam memberikan ide atau masukan perusahaan dalam menyusun strategi yang ditinjau dari analisis sisi internal dan eksternal.

Article Details

Section
Articles

References

Budiman, Tri. (2017). Analisis SWOT pada Usaha Kecil dan Menengah. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri.

Ekadjaja, M., dan Djaja, T. C. (2022). Pelatihan SWOT Balance Scorecard untuk Pengukuran Kinerja Industri Briket Arang. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 208-217.

Fahmi, Irham. (2022). Pengantar Sistem Pengendalian Manajemen: Teori dan Aplikasi. Depok: RajaGrafindo Persada.

Galib, M. dan Hidayat, M. (2018). Analisis Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard pada PT Bosowa Propertindo. SEIKO: Journal of Management and Business, 2 (1), 92-96.

Hartmann, F., Kraus, K., dan Nilsson, G. (2021). Management Control Systems. New York: McGraw-Hill Education.

Rangkuti, F. (1997). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Supriyono. (2000). Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Telkom University. (2023). Pengertian Analisis SWOT dan Fungsinya Bagi Perusahaan. Diakses dari https://it.telkomuniversity.ac.id/pengertian-analisis-swot-dan-fungsinya-bagi-perusahaan/.