PELATIHAN AWAL DESAIN KARTU IDENTITAS DI SMA TARSISIUS II JAKARTA MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK ADOBE PHOTOSHOP

Main Article Content

Meirista Wulandari
Suraidi

Abstract

Through learning the capabilities of Adobe Photoshop, the identity card design course aims to present high shchool students basic graphic design expertise and an appreciation for the significance of well-crafted design elements. Design concepts such as readability, simplicity, and the use of colors that compliment the institution's or school's identity are presented to the participants. The fundamental features of Adobe Photoshop, like crop, resize, and layers—all crucial for photo editing—are taught to participants via engaging and hands-on materials. Furthermore emphasized in this training is the significance of eye-catching visual components that can improve the identity card's appeal, such as logos and original graphics. It is possible to enhance the card's utility in daily tasks by adding extra features like barcodes and QR codes. The questionnaire distributed provides insights into participants' responses, showing an increase in their confidence in using the software and understanding of good design. The conclusion of this training is that with the right teaching methods and hands-on practice, participants can develop applicable design skills. This initial training will be continued and developed so that participants can immediately apply it to create functional and appealing identity cards.


ABSTRAK


Pelatihan desain kartu identitas menggunakan Adobe Photoshop bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada siswa SMA dalam desain grafis serta pemahaman tentang pentingnya elemen desain yang efektif. Peserta diperkenalkan pada prinsip-prinsip desain yang mencakup kesederhanaan, keterbacaan, dan penggunaan warna yang mencerminkan identitas sekolah atau institusi. Melalui materi yang interaktif dan praktis, peserta belajar menggunakan fungsi dasar Adobe Photoshop, seperti crop, resize, dan layer, yang esensial dalam pengeditan foto. Selain itu, pelatihan ini juga menekankan pentingnya elemen visual yang menarik, seperti logo dan grafik unik, yang dapat meningkatkan daya tarik kartu identitas. Fitur tambahan seperti barcode dan QR code diajarkan untuk menambah fungsionalitas kartu dalam kegiatan sehari-hari. Kuesioner yang dibagikan memberikan wawasan mengenai tanggapan peserta, menunjukkan peningkatan kepercayaan diri para peserta dalam menggunakan software serta pemahaman tentang desain yang baik. Kesimpulan dari pelatihan ini adalah bahwa dengan metode pengajaran yang tepat dan praktik langsung, peserta dapat mengembangkan keterampilan desain yang aplikatif. Pelatihan awal ini selanjutnya dilanjutkan dan dikembangkan agar langsung dapat dipraktikan menjadi hasil kartu identitas yang dapat digunakan.

Article Details

Section
Articles

References

Dani, Supriyadi, D., & Fuadi, A. L. (2024). Pengelolaan ID Card PT.Internusa Cipta Solusi Perdana menggunakan Sistem Berbasis Web. JORAPI :Journal of Research and Publication Innovation, 2(3), 2056–2059.

Erni, E. R., Basorudin, B., & Imam, I. R. B. (2022). Pelatihan Pengenalan Desain Grafis Dan Pembuatan Poster Menggunakan Adobe Photoshop: Introductory Graphic Design and Poster Making Training Using Adobe Photoshop. CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 2(2), 31–37.

Hsieh, G., Halperin, B. A., Schmitz, E., Chew, Y. N., & Tseng, Y.-C. (2023). What is in the cards: Exploring uses, patterns, and trends in design cards. Proceedings of the 2023 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, 1–18.

Markani, Wanita, F., Tamra, Muniar, A. Y., Sulehu, M., Dilla, Melda, Novita, & Renita. (2022). Pelatihan Pembuatan Kartu Pelajar pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 Maros. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(6), 867–874.

Mawaddah, F., Daulay, N. K., & Fauza, H. (2023). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di MTS Negeri 3 Medan. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(4), 97–114.

Nurhayati, Rosida, I., & Widyastuti, M. (2024). Sosialisasi Pembuatan ID Card menggunakan QR Code dan Aplikasi Canva. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 279–284.

Saifulloh, Pamungkas, R., & Setiawan, D. (2019). Evaluasi Pemanfaatan Media Photoshop Sebagai Softskill Pengembangan Diri Untuk Pembentukan Karakter Bagi Remaja Desa. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA, 441–446.

Suraidi. (2024). Pelatihan Desain Pembuatan ID Card Untuk Kegiatan Ekstra Kurikuler Photoshop bagi Siswa SMA Tarsisius 2 Jakarta. Jurnal Serina Abdimas, 2(3), 890–895.

Tambunan, L., Muhammad Iqbal, T., Radillah, & Satria, B. (2022). Pelatihan Desain Grafis untuk Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Digital bagi Masyarakat di Desa Buluh Apo. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 514–521.

Wulandari, M., Sembiring, J., & Suraidi. (2023). Pelatihan Photoshop dalam Pengolahan Data Gambar untuk Pembuatan Flyer Di SMA Tarsisius II Jakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(3), 561–567.