PELATIHAN PENGGUNAAN KOMPUTER DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESIAPAN SISWA MENGHADAPI ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER
Main Article Content
Abstract
As an important part of character and individual ability development, creating an active, interactive, and enjoyable learning atmosphere is crucial in the world of education. One of the methods implemented at SD Ciherang 2 is field observation aimed at analyzing the computer skills of 5th-grade students, particularly in preparation for the Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) or Computer-Based National Assessment. Computer usage training has become very important to help students master the basic skills needed during ANBK. This research aims to increase students' confidence and readiness through structured training. The computer usage training was conducted by forming small groups consisting of five to six students, with a total of 28 students participating. This training is designed to help students master the basic computer skills needed during ANBK. This research aims to enhance students' confidence and readiness through structured training. The measuring instrument used is the measurement of students' self-confidence using the General Self-Efficacy Scale, which assesses students' belief in their ability to operate computers.
ABSTRAK
Sebagai bagian penting dalam pembentukan karakter dan kemampuan individu, menciptakan suasana belajar yang aktif, interaktif, dan menyenangkan sangatlah krusial dalam dunia pendidikan. Salah satu metode yang diterapkan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ciherang 2 adalah observasi lapangan yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa kelas 5 dalam menggunakan komputer, khususnya dalam rangka mempersiapkan mereka menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Pelatihan penggunaan komputer menjadi sangat penting untuk membantu siswa menguasai keterampilan dasar yang dibutuhkan saat ANBK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kepercayaan diri dan kesiapan siswa melalui pelatihan yang terstruktur. Pelatihan penggunaan komputer ini dilaksanakan dengan membentuk kelompok kecil yang terdiri dari lima sampai enam siswa, dengan total 28 siswa yang berpartisipasi. Pelatihan ini dirancang untuk membantu siswa menguasai keterampilan dasar komputer yang dibutuhkan saat ANBK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kepercayaan diri dan kesiapan siswa melalui pelatihan yang terstruktur. Alat ukur yang digunakan adalah pengukuran Kepercayaan diri siswa menggunakan General Self-Efficacy Scale, yang menilai keyakinan siswa terhadap kemampuan mereka dalam mengoperasikan komputer.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Farolai, N., & Nurjannah, N. (2022). Pelatihan dasar-dasar komputer sebagai persiapan menyambut pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer pada siswa SD Negeri 218 Congkoe. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 43–47. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i1.2525
Hakim, A. N., & Yulia, L. (2024). Dampak teknologi digital terhadap pendidikan saat ini. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(1), 145–163.
Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan karakter: Tingkat anak sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 269–279. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i2.372
Lembong, L., & Rotty. (2023). Hambatan pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) di SMP Negeri 2 Tombatu. Jurnal Sinestesia, 13(2), 1344–1350. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/517
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Martiyono, R. S., & Handajani, S. (2021). Asesmen kompetensi minimal (AKM) dalam mewujudkan sekolah efektif di SMP Negeri 1 Kebumen - Kabupaten Kebumen perspektif manajemen kurikulum dan sistem penilaian. Cakrawala: Jurnal Kajian Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial, 5(2), 276–294. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i2.397
Olak Wuwur, E. S. P. (2023). Analisis kesiapan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) di sekolah dasar daerah 3T. SIMPATI, 1(1), 01–08. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.58
Perdana, N., Suwardy, R., & Gavrilla, L. (2023). Peningkatan literasi teknologi informasi siswa sekolah menengah atas melalui pelatihan pembangunan aplikasi berbasis internet. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 4(2), 322–329.
PUSMENDIK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Asesmen nasional. Diambil 18 Oktober 2024, dari https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/page/news_detail/asesmen-nasional
Rachmi, A. S., Putri, D. E., Nugroho, A., & Salfin. (2024). Transformasi pendidikan di era digital tantangan dan peluang. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 52–63. https://doi.org/10.62504/6y4qb169
Rifai, D. M., Nathaniel, K., Rohman, J., Alim, G. A., & Yusup, A. (2023). Socialization of learning computer technology for ANBK exam preparation at SDN 2 Pandeyan, Ngemplak District, Boyolali Regency. Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna, 4(2), 124–130. https://doi.org/10.47942/jpttg.v4i2.1459
Santoso, S., Ramdhan, W., & Rahayu, E. (2022). Pelatihan keterampilan dasar menggunakan komputer pada persiapan pelaksanaan ANBK SD Muhammadiyah I Kisaran tahun 2021. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 171–176. https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i2.778
Sari, S. W., & Arnidha, Y. (2022). Analisis pelaksanaan ANBK ditinjau dari hasil literasi membaca dan literasi numerasi pada siswa sekolah dasar. Cendekiawan, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.258
Sari, W., & Arnidha, Y. (2023). Hambatan pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) di SMP Negeri 2 Tombatu. Jurnal Sinestesia, 13(2), 1344–1350.