PERHITUNGAN UNIT COST DAN HARGA JUAL PRODUK-PENYULUHAN BAGI PARA SISWA YAYASAN PRIMA UNGGUL

Main Article Content

Djeni Indrajati Widjaja

Abstract

Many young entrepreneurs and aspiring entrepreneurs (entrepreneurs) have just opened a business and soon folded, this is partially caused by a lack of knowledge on how to set selling pricing for products. This ignorance may lead to setting a selling price that is excessively high or too low. In order to bring their items to the market, new enterprises must incur significant expenses. These costs include marketing and ongoing research and development to better tailor products to the preferences of their target market. Young or aspiring businesspeople may decide the selling price inaccurately if they are unfamiliar with the computation of production expenses, resulting in profit expectations not being achieved and the business can even cause losses that threaten the survival of the business. Beginner entrepreneurs and aspiring entrepreneurs really need to be equipped with knowledge about unit cost calculations (production costs per unit) so that they don't make errors in figuring up the selling pricing of products.The purpose of this advice is to give a general overview and instruction in unit cost calculation and product selling price determination which is intended to equip Prima Unggul Foundation students with the knowledge needed so that they are ready to enter society as successful entrepreneurs


ABSTRAK


Sejumlah besar orang muda pemilik bisnis yang penuh semangat baru-baru ini meluncurkan usaha mereka namun segera menutupnya. Hal ini terutama disebabkan mereka kurang memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk menentukan harga jual produk mereka. Ketidaktahuan ini dapat menyebabkan penetapan harga jual yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Untuk memasarkan produknya, perusahaan baru harus mengeluarkan biaya yang besar. Biaya-biaya ini mencakup pemasaran dan penelitian serta pengembangan berkelanjutan untuk menyesuaikan produk dengan preferensi pasar sasaran mereka. Para pengusaha muda atau calon pengusaha yang belum terbiasa dengan penghitungan biaya produksi bisa saja salah dalam menentukan harga jual, sehingga bisa berakibat pada gagalnya target keuntungan bahkan kerugian yang bisa membahayakan kemampuan perusahaan untuk tetap beroperasi. Untuk menghindari kesalahan dalam menetapkan harga jual produk, sebaiknya pengusaha pemula dan calon pengusaha menguasai perhitungan biaya satuan atau disebut juga biaya produksi per unit. Untuk lebih mempersiapkan siswa di Yayasan Prima Unggul yang mempunyai kegiatan antara lain membuat makanan, menyelenggarakan pentas drama musikal, jasa pencucian motor maka penyuluhan ini memperkenalkan dan mengajarkan mereka cara menghitung biaya satuan dan menentukan harga jual produk yang diproduksi siswa Yayasan Prima Unggul tersebut dengan pengetahuan yang dibutuhkan agar mereka siap terjun ke masyarakat sebagai wirausahawan yang berhasil


 

Article Details

Section
Articles

References

Djumali, I. (2014). Perhitungan harga pokok produksi menggunakan variable costing dalam proses penentuan harga jual pada PT Sari Malalugis, Bitung. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 14(2), 82-91

Hammer, L. H., William, K. C. & Milton, F. U. (1994). Cost accounting (11th ed.). South-Western Publishing Co.

Knight, F.H.( 1921). Risk, uncertainty and profit: Harper.

Leibenstein, H. (1968, 1979). Entrepreneurship and development. American Economic Review, 58(2), 72-83. https://www.jstor.org/stable/1831799

Lubis, A.I. (2010). Akuntansi Keprilakuan Edisi 2. Salemba Empat.

Penrose, E. T. (1963). The teory of growth of the firm. John Wiley.

(2014, April 7). 4 Variable penting dalam menentukan harga jual produk. Ciputra Entrepreneurship. www.ciputraentrepreneurship.com.

(2012, March 31). Target Costing, Theory of Constraints, And Life Cycle. Wordpress. http://roraprilya.wordpress.com.

(2013, March). Manfaat variable costing bagi manajemen. Xerma Blogspot. www.xerma.blogspot.com.