PEMBEKALAN LITERASI KEUANGAN DENGAN MELAKUKAN ANALISIS FUNDAMENTAL DALAM KEPUTUSAN BERINVESTASI SAHAM

Main Article Content

Rini Tri Hastuti
Natasya Jusuf
Billy Christian

Abstract

Financial literacy education needs to be focused on school age, because the better a child's insight into financial literacy, the risk of experiencing financial problems in the future can be reduced. Another quite concerning condition is that many novice investors do not have adequate knowledge and experience regarding stock investment in the capital market, but have immediately become traders or stock speculators. Financial literacy is the key that must be considered when a person's ability to make good investment decisions is in doubt and financial literacy can provide better financial decisions. With the provision of financial literacy, young investors are expected to be able to identify companies that have healthy and strong financial conditions, by conducting Fundamental Analysis. By using Fundamental Analysis, investors can identify companies that have good financial performance and can determine whether the shares of the company are still at a low price. Investors can reduce investment risks and gain profits from stock investments by using Fundamental Analysis. This literacy is given to young people, especially at school age, and is expected to help provide a basic understanding of investment interests and financial management. This PKM activity collaborates with school partners with the target participants being students. The implementation method that we will use in this PKM is the training/provisioning method. In addition, we will also ask students to fill out a questionnaire to assess their satisfaction with the training provided. The output of this PKM activity as a mandatory output is an article published in national proceedings and HKI as an additional output and a Poster at Research Week held by Tarumanagara University.


 


ABSTRAK


Pengenalan literasi keuangan perlu difokuskan sejak usia dini di bangku sekolah. Hal ini berdampak semakin dini wawasan seorang anak tentang literasi keuangan maka mengurangi risiko permasalahan keuangan di masa depan bisa dikurangi. Keadaan lain yang cukup memerlukan perhatian adalah terdapat banyak investor pemula yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai mengenai investasi saham di pasar modal, tetapi sudah langsung menjadi pemain spekulasi saham. Pengetahuan keuangan merupakan syarat yang harus diperhatikan saat kemampuan mengambil keputusan investasi diragukan. Pelatihan literasi mengenai keuangan, investor-investor muda diharapkan dapat mengetahui perusahaan yang mempunyai kondisi keuangan yang sehat dan kuat, dengan melakukan analisis fundamental. Analisis fundamental bermanfaat bagi investor untuk mengetahui perusahaan yang mempunyai kinerja keuangan yang baik dan dapat menentukan apakah saham dari perusahaan tersebut masih berada pada harga yang murah. Investor dapat mengurangi risiko investasi dan memperoleh keuntungan dari investasi saham dengan menggunakan analisis fundamental. Literasi ini diberikan kepada kaum muda khususnya pada usia sekolah, diharapkan bisa membantu memberikan pemahaman yang mendasar terkait dengan minat berinvestasi dan mengelola keuangan. Kegiatan PKM kali ini menggandeng mitra pihak sekolah dengan sasaran peserta siswa yang berada di sekolah tersebut. Metode pelaksanaan yang akan kami gunakan dalam PKM ini dengan metode pelatihan/pembekalan. Di samping itu, kami juga akan meminta para siswa untuk mengisi kuesioner untuk menilai kepuasan mereka atas pelatihan yang diberikan. Luaran dari kegiatan PKM ini sebagai luaran wajib adalah artikel yang dipublikasikan dalam prosiding nasional dan HKI sebagai luaran tambahan serta poster di Research Week yang diadakan oleh Universitas Tarumanagara.


 

Article Details

Section
Articles

References

Alifah, S., Pamungkas, A. D., & Manurung, L. (2020). Pengenalan Literasi Keuangan Pada Yayasan Tahfidzul Qur’an ArRahmani. Community Development Journal: Universitas Pahlawan, 1(2), 64-69. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.704

Ateş, S., Coşkun, A., Şahin, M., & Demircan, M. L. (2016). Impact of Financial Literacy on The Behavioral Biases of Individual Stock Investors: Evidence from Borsa Istanbul. Business and Economics Research Journal, 7(3), 1- 19. https://doi.org/10.20409/berj.2016321805

Ardiana, T.E. & Wijayanti, I. (2022). Edukasi Pemahaman Literasi Investasi Pasar Modal Indonesia Di Desa Wacuala. Jurnal Inovasi dan Pengabdian. 1(2), 1–6. https://stietrisnanegara.ac.id/jurnal/index.php/PENAMAS/article/view/120.

Efnita, T. & Syaifullah. (2019). Pembinaan Pasar Modal, Investasi Saham Dan Obligasi Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Hang Nadim Batam. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.1761

Engel. 2014. “PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU EKONOMI MELALUI SEKOLAH PASAR MODAL.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 1(2), 79–90.

Hussain, I. & Sajjad, S., (2016). Significance of Financial Literacy and Its Implications: A Discussion. Journal of Business Strategies, 10(2), 141 – 154. https://www.proquest.com/scholarly-journals/significance-financial-literacy-implications/docview/1880683834/se-2?accountid=45753

Ovami, D.C. & Lubis, A.S. (2021). Peningkatan Minat Berinvestasi Melalui Literasi Keuangan Pasar Modal. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 40–43. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v5i1.691

Priatna, S. Hanum, N., & Hasan, I. (2021). Edukasi Pasar Modal Solusi Investasi Generasi Melenia Bagi Siswa SMK NU 01 Ma’Arif Suradadi Kabupaten Tegal. Jurnal Abdimas PHB, 4(3): 2019–22. https://doi.org/10.30591/japhb.v4i3.2775

Wardhani, D.P., Sugianto, L.O., & Widyaningrum, P. W. (2020). “Edukasi Dan Pelatihan Investasi Pasar Modal Indonesia Di Kelurahan Sukorejo.” Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2), 100–108. https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1256