PENGENALAN MATERI DASAR AKUNTANSI UNTUK PEMBELAJARAN DI SMA TARSISIUS 1
Main Article Content
Abstract
This PKM training aims to analyze accounting adjustments in trading and service companies using a practical approach specifically designed for students at SMA Tarsisius 1. Accounting adjustments are a crucial process in the accounting cycle that aims to ensure that financial statements reflect the actual financial condition at the end of the accounting period. The PKM training methods include literature reviews, interviews with accounting practitioners, and direct observation of several trading and service companies in Jakarta. The literature review was conducted to understand the theory and basic concepts of accounting adjustments, while interviews and observations aimed to gain practical insights into how these adjustments are applied in real-world situations. The results of the PKM training show that a good understanding of accounting adjustments is essential for maintaining the accuracy of financial statements and supporting proper management decision-making. Furthermore, the PKM training found that a practical approach tailored to the high school curriculum can improve students' understanding of basic accounting concepts. This approach involves the use of case studies, simulations, and practical exercises relevant to real-life situations faced by trading and service companies. This PKM training is expected to serve as a reference for teachers and students in applying accounting theory in real-world contexts and to help students develop the analytical and practical skills needed in the workforce. Thus, this PKM training not only contributes to improving the quality of accounting education at SMA Tarsisius 1 but also prepares students to face future challenges.
penyesuaian akuntansi dalam perusahaan dagang dan jasa dengan menggunakan pendekatan praktis yang dirancang khusus untuk siswa SMA Tarsisius 1. Penyesuaian akuntansi merupakan proses penting dalam siklus akuntansi yang bertujuan untuk memastikan bahwa laporan keuangan mencerminkan kondisi keuangan yang sebenarnya pada akhir periode akuntansi. Metode pelatihan PKM yang digunakan meliputi studi literatur, wawancara dengan praktisi akuntansi, serta observasi langsung pada beberapa perusahaan dagang dan jasa di Jakarta. Studi literatur dilakukan untuk memahami teori dan konsep dasar penyesuaian akuntansi, sementara wawancara dan observasi bertujuan untuk mendapatkan gambaran praktis tentang bagaimana penyesuaian ini diterapkan dalam dunia nyata. Hasil pelatihan PKM menunjukkan bahwa pemahaman yang baik tentang penyesuaian akuntansi sangat penting untuk menjaga akurasi laporan keuangan dan mendukung pengambilan keputusan yang tepat oleh manajemen. Selain itu, pelatihan PKM ini menemukan bahwa pendekatan praktis yang disesuaikan dengan kurikulum SMA dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep akuntansi dasar. Pendekatan ini melibatkan penggunaan studi kasus, simulasi, dan latihan praktis yang relevan dengan situasi nyata yang dihadapi oleh perusahaan dagang dan jasa. Pelatihan PKM ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan siswa dalam mengaplikasikan teori akuntansi dalam konteks nyata, serta membantu siswa mengembangkan keterampilan analitis dan praktis yang diperlukan dalam dunia kerja. Dengan demikian, pelatihan PKM ini tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan akuntansi di SMA Tarsisius 1, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Firdaus, H., & Nugroho, E. (2020). Implementasi jurnal penyesuaian pada perusahaan jasa dalam pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan kompetensi siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 9(4), 99-110.
Hakim, A., & Rahmawati, E. (2020). Penerapan jurnal penyesuaian pada perusahaan dagang untuk meningkatkan pemahaman akuntansi siswa SMA. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 56-67.
Putri, Y. A., & Santoso, B. (2021). Pelatihan jurnal penyesuaian sebagai media pembelajaran akuntansi untuk siswa SMA dalam persiapan dunia kerja. Jurnal Akuntansi Pendidikan, 7(2), 112-130.
Rahardjo, B., & Suryadi, T. (2023). Peran pelatihan akuntansi dalam meningkatkan kompetensi kerja siswa di bidang keuangan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(1), 145-158.
Susanto, A., & Lestari, N. (2022). Pengaruh pelatihan jurnal penyesuaian dalam pembelajaran akuntansi terhadap keterampilan siswa SMA dalam penyusunan laporan keuangan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(3), 213-225.