IMPLEMENTASI PENYUSUNAN BUKU BESAR DI SMA KRISTOFORUS I JAKARTA DALAM KEGIATAN ASISTENSI MENGAJAR MERDEKA BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) program is a policy initiated by the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology (Kemendikbudristek) to provide opportunities for students to hone their skills and develop themselves outside the classroom. This program offers students the flexibility to choose learning activities relevant to their interests and talents, thus enriching their learning experiences and preparing them to enter the workforce.In the spirit of the Merdeka Belajar program, which encourages innovation in learning, the Assistance Team of Tarumanagara University (Untar) has initiated an accounting teaching assistance program at SMA Katolik St. Kristoforus 1 Jakarta. This program is a response to the challenges faced by students in understanding accounting concepts in depth. Initial observations indicate a gap in students' understanding of accounting material, primarily due to limited accounting laboratory facilities at the school and a lack of qualified accounting teachers. However, mastery of accounting is an essential skill in the modern economic era. To address this issue, the Untar Assistance Team provides in-depth explanations of ledger recording to the students of SMA Kristoforus 1. Through interactive learning activities, students are invited to directly practice the accounting concepts they have learned. This activity includes training in recording in the accounting ledger. Thus, it is hoped that this assistance program can improve students' understanding of accounting material, equip them with practical skills, and inspire their interest in pursuing the field of accounting further. This program is in line with the goals of the Merdeka Belajar program, which aims to produce competent graduates who are ready to face the challenges of the workforce learning.
ABSTRAK
Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah sebuah kebijakan yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat mengasah kemampuan dan mengembangkan diri di luar lingkungan perkuliahan. Program ini memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa untuk memilih kegiatan belajar yang relevan dengan minat dan bakatnya, sehingga dapat memperkaya pengalaman belajar dan mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Dalam semangat Program Merdeka Belajar yang mendorong inovasi dalam pembelajaran, Tim Asistensi Universitas Tarumanagara (Untar) menginisiasi program asistensi mengajar akuntansi di SMA Katolik St. Kristoforus 1 Jakarta. Program ini hadir sebagai respons atas tantangan yang dihadapi siswa dalam memahami konsep akuntansi secara mendalam. Observasi awal menunjukkan adanya kesenjangan pemahaman siswa terkait materi akuntansi, terutama disebabkan oleh keterbatasan fasilitas laboratorium akuntansi di sekolah dan jumlah guru akuntansi yang memadai. Padahal, penguasaan akuntansi merupakan keterampilan esensial di era ekonomi modern. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Tim Asistensi Untar memberikan penjelasan mendalam mengenai pencatatan buku besar kepada siswa-siswa SMA Kristoforus 1. Melalui kegiatan pembelajaran yang interaktif, siswa diajak untuk mempraktikkan langsung konsep akuntansi yang telah dipelajari. Kegiatan ini meliputi pelatihan pencatatan pada buku besar akuntansi. Dengan demikian, diharapkan program asistensi ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi akuntansi, membekali mereka dengan keterampilan praktis, serta menginspirasi minat mereka untuk mendalami bidang akuntansi lebih lanjut. Program ini sejalan dengan tujuan Program Merdeka Belajar yang ingin menciptakan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia kerja.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alvita, V., & Hidajat, N. C. (2024). Proses Pembuatan Buku Besar pada Perusahaan Jasa di SMK Strada 1. Jurnal Serina Abdimas, 2(1), 131-139. https://doi.org/10.24912/jsa.v2i1.29227131
Hidayati, A., Merdekawati, E., & Pratiwi, R. (2022). Penguatan Pemahaman Siswa Kelas XII Melalui Pelatihan Akuntansi. Jurnal Abdimas ADPI Sosial dan Humaniora, 3(1), 240-244. Retrievedfrom https://www.researchgate.net/profile/Aulia-Hidayati-2/publication/360135467_Penguatan_Pemahaman_Siswa_Kelas_Xii_Melalui_Pelatihan_Akuntansi/Links/642bd90ead9b6d17dc33db05/Penguatan-Pemahaman-Siswa-Kelas-Xii-Melalui-Pelatihan-Akuntansi.pdf
Kieso, D. E., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D. (2018). Intermediate Accounting (3rd ed., IFRS Edition). Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.
Adibah, Z. F.,N & Rasyid, R. (2024). Pengajaran Pencatatan Buku Besar Perusahaan Jasa di SMK Strada 1. Jurnal Serina Abdimas, 2(1), 166-171. https://doi.org/10.24912/jsa.v2i1.29231
Sari, D. P., & Hidayati, A. (2023). Ipteks Pelatihan Akuntansi Perusahaan Jasa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 45-56. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/106466622/3725-libre.pdf.
Theresia, F., & Adang, F. (2024). Pelatihan Buku Besar di SMA Negeri 2 Jakarta. Jurnal Serina Abdimas, 2(2), 566-572. https://doi.org/10.24912/jsa.v2i2.29282
Zahruddin. (2018). Pendidikan dan Latihan Akuntansi bagi Pelajar dan Mahasiswa melalui PPUPIK Pusat Pelatihan Akuntansi Universitas PGRI Palembang. Jurnal Karya Bakti, 23(XII), 41-61.