MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SQUIRICE

Main Article Content

Selvia Sri Anggreni
Hendro Lukman

Abstract

Food is a basic human need that is needed at all times to support human survival. However, most people often do not have enough time to prepare food. Moreover, in this era, many people decide to migrate and live alone away from their families, so they have to prepare their own food in the midst of their busy lives. Therefore, Food and Beverage businesses have begun to emerge. Due to the high level of competition in the Food and Beverage business, a strategy is needed to maintain customer loyalty. Customer loyalty is the trust that consumers give to a particular business or business brand that triggers repeated interactions. Usually this loyalty exists because of the emergence of satisfaction, positive experiences, or the value of the brand as a whole. Customer loyalty has a major influence on the development of a business that can increase profits and sales success. As a business actor, of course, you must always pay attention to and try to improve the quality of the products and services provided. Squirice is a business engaged in the Food and Beverage sector that strives to present practical products for its consumers. The author analyzed the results of sales for one month. The results obtained showed quite good results. Through the analysis of customer responses, it can be seen that Squirice is able to achieve customer satisfaction. In developing its business, Squirice strives to maintain customer loyalty by receiving input and evaluating products. Every input received will be evaluated and improved in the future production process. The evaluation carried out is useful for maintaining customer loyalty and improving product quality so that Squirice can meet consumer satisfaction and gain customer trust.


ABSTRAK


Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang dibutuhkan setiap saat untuk menunjang keberlangsungan hidup manusia. Namun, kebanyakan orang sering kali tidak memiliki cukup waktu untuk menyiapkan makanan. Terlebih lagi pada era ini banyak orang memutuskan untuk merantau dan tinggal sendiri jauh dari keluarga, sehingga mereka harus menyiapkan makanannya sendiri di tengah kesibukan. Oleh karena itu, bisnis-bisnis Food and Beverage mulai bermunculan. Oleh karena tingginya tingkat persaingan dalam bisnis Food and Beverage ini, maka diperlukan strategi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan adalah kepercayaan yang konsumen berikan kepada suatu merek usaha atau bisnis tertentu yang memicu terjadinya interaksi berulang. Biasanya loyalitas ini ada karena timbulnya kepuasan, pengalaman positif, atau nilai dari merek tersebut secara keseluruhan. Loyalitas pelanggan berpengaruh besar bagi perkembangan suatu bisnis yang dapat meningkatkan keuntungan dan keberhasilan penjualan. Sebagai pelaku usaha, tentunya harus selalu memperhatikan dan berusaha meningkatkan kualitas produk dan jasa yang diberikan. Squirice adalah suatu usaha yang bergerak di bidang Food and Beverage yang berusaha untuk menyajikan produk yang praktis bagi para konsumennya. Penulis menganalisis hasil dari penjualan selama satu bulan ini. Hasil yang didapatkan menunjukkan hasil yang cukup baik. Melalui analisis respons para pelanggan, dapat dilihat bahwa Squirice mampu meraih kepuasan pelanggan. Dalam mengembangkan bisnisnya, Squirice berusaha untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dengan cara menerima masukan dan mengevaluasi produk. Setiap masukan yang diterima akan dievaluasi dan diperbaiki pada proses produksi kedepannya. Evaluasi yang dilakukan bermanfaat mempertahankan loyalitas pelanggan serta meningkatkan kualitas produk sehingga Squirice dapat memenuhi kepuasan konsumen dan mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Article Details

Section
Articles

References

Afrida, R., Yacob, S., & Sari, N (2020). Membangun loyalitas pelanggan melalui kualitas produk dan citra merek (studi pada pelanggan Oppo Jambi). Jurnal Dinamika Manajemen Vol.8 (1), 1-10

Fauzi, A., dkk. (2023). Analisis Strategi Pemasaran di Era Digital Untuk Membangun Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol 1 (11),173-179

Hurriyati, R. 2005. Baruan Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Kristanto, Y, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Usaha Susu Murni Siliwangi A-Karsan Bandung) Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 19 (1), 13-22.

Prasetyo, I., & Yani, T. E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Dengan Pelayanan Prima, Customer Relationship Management Dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, Vol 22 (1), 45-53

Santi, K, R., & Sukesi, N. (2019). Uji Organoleptik Selai Tinta Cumi (Loligo Sp.) Untuk Kesehatan Tubuh. Jurnal Ilmiah STIKES Kendal Vol. 13 (4), 1327-1336.

Sulistijowati S, R., H, S., Djunaedi, O. S., Nurhajati, J., Afrianto, E., & Udin, Z. (2020). Kuliner Sambal Ikan. Unpad Press.

Suwandono, P., Hermawan, D., & Wicaksono, H. (2021). Peningkatan Produktivitas Usaha Sambal Kemasan Bagi Usaha Kecil Menengah. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks. Jurnal Soliditas Vol 4(2), 93-100.

Jumiati, Ratnasari, D., & Sudianto,A. (2019). Pengaruh Penggunaan Ekstrak Kunyit (Curcuma domestica) Terhadap Mutu Kerupuk Cumi (Loligo sp.). Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, Vol 11 (1), 55-61.

Tasia, W. R. N., & Widyaningsih, T. D. (2014). Jurnal Review: Potensi Cincau Hitam (Mesona palustris Bl.), Daun Pandan (Pandanus amaryllifolius) dan Kayu Manis (Cinnamomum burmannii) Sebagai Bahan Baku Minuman Herbal Fungsional. Pangan dan Agroindustri, 2(2.53), 128–136.

Tarigan, H, I., Manurung, Y, S., & Marpaung, W. (2019). Loyalitas Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Pada Pelanggan Jasa Transportasi Online. Philanthrophy Journal of Psychology, Vol 3 (1), 1-74

Wulandari, D. A. (2018). Peranan Cumi-Cumi bagi Kesehatan. OSEANA, 43(3), 52–60