PELAKSANAAN KEGIATAN MBKM KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA MAC & CHEESE

Main Article Content

Maria Ricardona Puspita Dewi
Sufiyati

Abstract

ABSTRACT


The implementation of MBKM Entrepreneurship activities is an effort to develop entrepreneurial skills for students. This study explains the implementation of MBKM in understanding the development of the pasta food business with cheese sauce among the middle class. People basically like food with the image of delicious and unique taste with guaranteed quality. To create an advanced business, creative and innovative businesses are needed, so that people will be interested in buying the products offered.  The implementation of MBKM includes business planning and operational implementation in product sales including promotions, online sales and offline sales such as bazaars. This product comes from Italy and was popularized by America. The main ingredients of this product are macaroni and cheese. There are many things that need to be considered in developing this business, marketing is one example that must be prioritized so that this product will be increasingly known to the outside community. Apart from that, product quality also plays an important role in it, if this product has high quality, more people will buy it. This business has been running for 1 month and the product has been well received by the people who bought it, the positive response from the community means that this product will continue and be developed. The result of implementing MBKM is to give students practical experience in running a business and improve soft skills. Apart from that, it can also train the mentality of students who want to enter the business world for the first time, so that later they will be brave in making decisions and taking risks.


ABSTRAK


Pelaksanaan  kegiatan  MBKM  Kewirausahaan yang dilakukan mejadi upaya  pengembangan  keterampilan kewirausahaan bagi para mahasiswa. Studi ini menjelaskan pelaksanaan MBKM dalam memahami perkembangan bisnis makanan pasta dengan saus keju di kalangan masyarakat menengah. Masyarakat pada dasarnya menyukai makanan dengan citra rasa enak serta unik dengan kualitas terjamin. Untuk mewujudkan usaha yang maju dibutuhkan usaha yang sifatnya kreatif dan inovatif, sehingga masyarakat akan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.  Pelaksanaan MBKM ini meliputi perencanaan bisnis dan  pelaksanaan operasional dalam penjualan produknya termasuk  promosi, penjualan online dan penjualan offline seperti bazar. Produk ini berasal dari Italia yang di populerkan oleh Amerika. Bahan utama dari produk ini adalah makaroni dan keju. Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangankan usaha ini, pemasaran menjadi salah satu contoh yang harus diutamakan agar produk ini akan semakin dikenal oleh masyarakat luar. Selain itu kualitas produk juga berperan penting didalamnya, jika produk ini memiliki kualitas yang tinggi akan semakin banyak orang yang akan membeli. Usaha ini sudah berjalan selama 1 bulan dan produknya sudah diterima baik oleh para masyarakat yang membelinya, respon positif dari masyarakat yang nantinya produk ini akan terus berlanjut dan dikembangkan. Hasil dari pelaksanaan MBKM ini adalah memberikan mahasiswa  pengalaman praktis  dalam menjalankan bisnis dan meningkatkan soft skill. Selain itu juga dapat melatih mental seorang mahasiswa yang ingin terjun pertama kali dalam dunia bisnis, agar nantinya mereka akan berani dalam mengambil keputusan serta risiko yang ada.

Article Details

Section
Articles

References

Aisha, Novi. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Makanan Ringan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal Riset Manajemen, 2(1). 19-28.

Aryon, Debora. (2024). Pelaksanaan kegiatan mbkm kewirausahaan terhadap usaha paw party. Jurnal Serina Abdimas, 2(3), 896-904.

Haryanto, Mozes. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Jurnal of Management, 5(1). 222-237.

Hidayah, Ida. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(1). 76-82.

Manumpil, Anggraini. (2021). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Produk Geprek Bensu Mando. Jurnal EMBA, 9(3). 1808-1818.

Santoso, Agus. (2019). Trend Wisata Kuliner Halal MAisha, Novi. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Makanan Ringan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal Riset Manajemen, 2(1). 19-28. elalui Olehan Produk Pasta. Jurnal Media Wisata, 17(1).

Wahyuni, Arum. ( 2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1).