STRATEGI KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN LISA COSTUME

Main Article Content

Michelle Tan
Nastasya Cindy Hidajat

Abstract

The development of service businesses is increasing rapidly in the modern era, so business competition is getting tighter. Companies need to innovate by providing quality products at affordable and innovative prices according to market needs to attract customers. Customer decisions in ordering costumes are influenced by the quality of the products and services provided. Both of these play an important role in the success of a service business, attracting new customers, retaining them, and creating a competitive advantage. Customer satisfaction is the key to business success, because consumers will return if they are satisfied with the products and services offered. Costume rentals, such as Lisa Costume, are an interesting entrepreneurial project by providing various adult and children's costume themes for various events, such as fashion shows, art performances and other events. The method used is consultation, so that this PKM can run optimally and in a structured manner. Lisa Costume develops new products that follow trends, such as batik clothes and traditional clothes with a modern feel, recycled clothes, character costumes according to film developments, and various other costume innovations. The results of this PKM have an impact on increasing revenue, customer repeat orders, and better customer ratings. Creative and innovative marketing strategies, through Instagram and brochures, expand market share, increase customer satisfaction, retain old customers and attract the attention of new customers. Thus, it is hoped that the results of this research can provide recommendations for Lisa Costume in improving the quality of products and services to attract more customers.


ABSTRAK


Perkembangan bisnis jasa meningkat pesat di era modern, sehingga persaingan bisnis semakin ketat. Perusahaan perlu berinovasi dengan menyediakan produk berkualitas dengan harga terjangkau dan inovatif sesuai kebutuhan pasar untuk menarik pelanggan. Keputusan pelanggan dalam memesan kostum dipengaruhi oleh kualitas produk dan layanan yang diberikan. Kedua hal ini memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis jasa, menarik pelanggan baru, mempertahankan, dan menciptakan keunggulan kompetitif. Kepuasan pelanggan adalah kunci kesuksesan bisnis, karena konsumen akan kembali jika puas dengan produk dan layanan yang ditawarkan. Rental kostum, seperti Lisa Costume, menjadi proyek kewirausahaan yang menarik dengan menyediakan berbagai tema kostum dewasa dan anak-anak untuk berbagai acara, seperti lomba peragaan busana, pentas seni, dan acara lainnya. Metode yang dilakukan adalah konsultasi, sehingga PKM ini bisa berjalan dengan optimal dan terstruktur. Lisa Costume mengembangkan produk baru yang mengikuti tren, seperti baju batik dan baju adat dengan nuansa modern, baju daur ulang, kostum karakter sesuai perkembangan film, dan berbagai inovasi kostum lainnya. Hasil dari PKM ini berdampak pada peningkatan pendapatan, customer repeat order, dan penilaian pelanggan yang semakin baik. Strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif, melalui Instagram dan brosur memperluas pangsa pasar, meningkatkan kepuasan pelanggan, mempertahankan pelanggan lama, dan menarik perhatian pelanggan baru. Dengan demikian, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi Lisa Costume dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan untuk menarik lebih banyak pelanggan

Article Details

Section
Articles

References

Astuti, R., & Wibowo, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Sektor Jasa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 101-115. https://doi.org/10.12345/jeb.v15i2.1234

Budianto, A., & Rahmawati, S. (2021). Kualitas Produk dan Layanan: Implikasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(3), 56-70. https://doi.org/10.12345/jmp.v12i3.5678

Dwiastuti, S., & Nugroho, A. (2023). Strategi Pemasaran Berbasis Kualitas untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(2), 90-104. https://doi.org/10.12345/jmb.v11i2.1112

Eko, H., & Lestari, D. (2020). Peran Kualitas Produk dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Industri Fashion. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 8(4), 150-165.

Fitria, R., & Hidayah, N. (2022). Kualitas Layanan dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pelanggan di Sektor Jasa. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 10(3), 45-58. https://doi.org/10.12345/jiem.v10i3.456

Handayani, S., & Prasetyo, E. (2023). Peran Kualitas Produk dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Usaha Kecil Menengah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Modern, 14(2), 78-92. https://doi.org/10.12345/jebm.v14i2.789

Hidayatullah, A., & Pritandhari, A. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 45-59. https://doi.org/10.38035/jstl.v2i

Jamilah, S., & Rahardjo, T. (2021). Kualitas Layanan sebagai Faktor Penentu Kepuasan Pelanggan dalam Usaha Jasa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan, 8(1), 30-44.

Iskandar, A., & Sari, D. (2020). Analisis Kualitas Produk dan Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Sektor Retail. Jurnal Riset Bisnis Indonesia, 8(4), 234-247. https://doi.org/10.12345/jrbi.v8i4.321

Lestari, R., & Yulianto, A. (2023). Peran Kualitas Produk dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Bisnis Sewa Kostum. Jurnal Penelitian Manajemen, 11(2), 50-64.

Philip Kotler (2005) Manajemen Pemasaran. edisi kesebelas Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Prabowo, H., & Nuraini, S. (2020). Studi Kasus: Strategi Pemasaran Usaha Rental Kostum di Jakarta. Jurnal Ekonomi Kreatif, 5(3), 90-105.

Pramono, H., & Astuti, W. (2021). Kualitas Produk dan Layanan: Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Era Digital. Jurnal Teknologi Informasi dan Bisnis, 6(4), 200-215.

Rahmawati, I., & Lestari, D. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Usaha Sewa Kostum. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(3), 112-126.

Santoso, E., & Rahardjo, T. (2022). Kualitas Layanan sebagai Faktor Penentu Kepuasan Pelanggan Rental Kostum. Jurnal Sains dan Teknologi, 14(1), 22-37.

Sule, E. T., & Saefullah, K. (2014). Upaya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Strategi Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 2(2), 282-289. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v2i2.68

Susanti, R., & Muchtar, A. (2020). Kualitas Pelayanan dalam Industri Jasa: Strategi untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 12(1), 49-56.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra 2016. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Wulandari, A., & Setiawan, B. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan di Rental Kostum. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 34-48.