PELATIHAN PENGANTAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA TERHADAP SISWA-SISWI SMA TARSISIUS 1 JAKARTA

Main Article Content

Henny Wirianata
Metio Alberto
Rusi

Abstract

Journals in accounting are the main basis for financial reports, which are essential for business decision-making. This Community Service team conducted training at SMA Tarsisius 1 Jakarta. The first step was a survey to identify the problems faced by the school. The issue found was that, despite offering accounting education, some students still struggled with basic concepts like the difference between debits and credits and how to record journal entries correctly. In response, the Untar team provided a solution through training on basic accounting principles, including journal entry exercises. The training was held on Wednesday, 25 September 2024, and lasted for 120 minutes. The students showed great enthusiasm throughout the session, actively participating in discussions and practicing how to make accurate journal entries. The training aimed to clarify accounting basics and strengthen the students’ understanding of fundamental concepts that are crucial for preparing financial reports. To evaluate the effectiveness of the training, questionnaires and quizzes were used. The results showed that the students understood the material well, with an average score of 4 out of 5 on the post-training questionnaire. This indicates that the training was successful and beneficial in enhancing students' knowledge of basic accounting, specifically for service companies. The knowledge gained will serve as a strong foundation for future financial report preparation and informed decision-making.


ABSTRAK


Jurnal dalam akuntansi merupakan landasan dasar dan utama dalam pembuatan laporan keuangan yang dapat menjadi sumber utama pengambilan keputusan bisnis. Tim PKM melakukan pelatihan kegiatan di satuan pendidikan yaitu, SMA Tarsisius 1 Jakarta. Tahap pertama yang dilakukan adalah survei untuk mengetahui permasalahan yang dialami mitra. Permasalahan yang ditemukan adalah walaupun SMA Tarsisius 1 Jakarta telah menyediakan pendidikan akuntansi kepada siswanya, terdapat sebagian siswa yang masih belum memahami konsep dasar akuntansi seperti perbedaan debit dan kredit dan cara menjurnal yang tepat. Oleh karena itu, Tim PKM Universitas Tarumanagara memberikan solusi berupa pelatihan teori tentang landasan dasar akuntansi dan pembahasan latihan tentang jurnal. Pelatihan ini dilakukan secara langsung (onsite) dengan mendatangi langsung sekolah Tarsisius 1 pada hari Rabu tanggal 25 September 2024. Pelatihan dilakukan selama 120 menit. Selama kegiatan pelatihan, peserta pelatihan menunjukkan antusiasme dengan berpartisipasi aktif dalam mengerjakan soal latihan membuat jurnal dan berdiskusi selama pembahasan. Evaluasi pelatihan materi menggunakan kuesioner dan kuis menunjukkan bahwa pelaksanaannya telah berjalan dengan baik dan sukses. Hasilnya menunjukan bahwa materi akuntansi dapat dipahami dengan baik oleh siswa/i. Rata-rata jawaban kuesioner setelah pelatihan adalah 4 dari skala 5. Hasil ini juga mengindikasikan bahwa pelaksanaan pelatihan oleh tim PKM Untar memberikan manfaat dan meningkatkan pengetahuan siswa/i tentang akuntansi dasar perusahaan jasa, yang akan menjadi landasan dasar yang utama dalam pembuatan laporan keuangan dan pengambilan keputusan.


 

Article Details

Section
Articles

References

Fadlilah, A. H., Mulyadi, Mustika, I., Khadijah, & Richmayati, M. (2023). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Siswa Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Sahabat Cendekia Batam. Indonesian Journal Of Community Research And Engagement, 4(1), 249-257. Https://Doi.Org/10.37680/Amalee.V4i1.2622

Kieso, D. E., Weygandt, J. J., Dan Warfield, T. D.. (2020). Intermediate Accounting 4th Edition: Ifrs Edition. John Wiley & Sons, Inc.

Leon, H. (2022). Implementasi Akuntansi Melalui Pelatihan Dasar Kepada Siswa Smp Pelita Cemerlang Pontianak. Pakmas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), Vol. 2 No. 1 (Mei 2022), 52 – 56. Https://Doi.Org/10.54259/Pakmas.V2i1.816

Sariningsih, E., Lukman, I., Dan Mufahamah, E. (2021). Pelatihan Praktik Akuntansi Dasar Dan Pembuatan Laporan Keuangan Bagi Siswa/I Sma Di Panti Asuhan Afifah Afwa Kemiling Bandar Lampung. Japma, Vol. 1, No. 2, Desember 2021, Hal 33-39. Https://Doi.Org/10.33024/Pkmakt.V1i2.5820

Setyawati, I., Meini, Z., Subiyanto, B., Dan Setioningsih, R. (2022). Pelatihan Pencatatan Dan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Siswa Al-Falah Tangerang Selatan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 1 Number 1, 1-8. Https://Doi.Org/10.53276/Dedikasi.V1i1.4

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar, Bandung. Sinar Baru.

Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., & Kieso, D. E. (2019). Financial Accounting With International Financial Reporting Standards – 4th Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Wirianata, H., Patricia, I., Jonathan, M. L., Sylvia, & Alvin T., T. B. A. (2023). Pendalaman Materi Akuntansi Perusahaan Jasa Di Sma Tarsisius 1. Jurnal Serina Abdimas, Vol 1, No 4, November 2023, Hal. 1568-1576. Https://Doi.Org/10.24912/Jsa.V1i4.28324