KREATIVITAS DAN INOVASI PRODUK SEBAGAI FAKTOR PENDORONG VISIT INTENTION PADA USAHA KULINER

Main Article Content

Melia Angel Tapahing
Hendro Lukman

Abstract

In the culinary industry, innovation and creativity are the main keys to attracting consumer attention and maintaining business sustainability. The more unique a product is, the higher the interest in visits from consumers, such as One More, especially on the Churros Hotdog and Churros Chocolate menus, by introducing the Churros Hotdog and Churros Chocolate menus is a strategic step planned to attract consumer attention. Creativity in this product is also an opportunity for One More to strengthen our branding. The emphasis on innovation will not only make the product more attractive, but will also improve the brand image as a business that always adapts and follows culinary trends. By introducing unique products, One More has a great opportunity to build a loyal customer base. Continuous innovation is the key to the growth and success of culinary businesses. So far, churros have been known as long-shaped sweet foods sprinkled with sugar and cinnamon powder, while hotdogs are more identical to savory foods filled with sausages in bread. This innovation not only adds variety to the menu offered, but also provides a new attraction for consumers looking for something unique and appetizing. This PKM activity seeks to apply innovation and creativity to the products offered by the One More culinary business. Through this activity, it is hoped that One More can attract the attention of consumers and potentially increase interest in visits.


ABSTRAK


Dalam industri kuliner, inovasi dan kreativitas menjadi kunci utama untuk menarik perhatian konsumen dan menjaga keberlangsungan usaha. Semakin unik suatu produk, maka akan semakin tinggi minat kunjungan dari konsumen, seperti halnya One More khususnya pada menu Churros Hotdog dan Churros Chocolate, dengan memperkenalkan menu Churros Hotdog dan Churros Chocolate merupakan langkah strategis yang direncanakan untuk menarik perhatian konsumen. Kreativitas dalam produk ini juga menjadi peluang bagi One More untuk memperkuat branding kami. Penekanan pada inovasi bukan hanya akan membuat produk lebih menarik, tetapi juga akan meningkatkan citra merek sebagai usaha yang selalu beradaptasi dan mengikuti tren kuliner. Dengan memperkenalkan produk yang unik, One More memiliki peluang besar untuk membangun basis pelanggan yang loyal. Inovasi yang berkelanjutan adalah kunci untuk pertumbuhan dan keberhasilan usaha kuliner. Selama ini churros dikenal sebagai makanan manis berbentuk panjang yang ditaburi gula dan bubuk kayu manis, sedangkan hotdog lebih identik sebagai makanan gurih yang diisi sosis dalam roti. Inovasi ini tidak hanya menambah variasi pada menu yang ditawarkan, tetapi juga memberikan daya tarik baru bagi konsumen yang mencari sesuatu yang unik dan menggugah selera. Kegiatan PKM ini berusaha untuk menerapkan inovasi dan kreativitas terhadap produk yang ditawarkan oleh usaha kuliner One More. Melalui kegiatan ini diharapkan One More dapat menarik perhatian konsumen, dan berpotensi meningkatkan minat kunjungan.

Article Details

Section
Articles

References

Abdulah, Fandi. (2016). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Kemajuan Usaha Pada Usaha Tauko Medan. Universitas Sumatera Utara Medan. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/73400

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179-211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Daniela, C., Sihombing, D, E., & Wardani, T. (2023). Uji Sensoris dan Sifat Kimia Churros Berbahan Tepung Labu Kuning dan Tepung Terigu. Jurnal Riset Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, 3(2), 119-126. https://doi.org/10.54367/retipa.v3i2.2650

Hajari, V., Pratiwi, I., Putra, D, A., & Suhairi. (2024). Pemahaman Riset Pasar Untuk Pemasaran Global Primer Dan Sekunder. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.30651/jms.v9i1.21454

Hermansyur, H. M., & Aditi, B. (2017). Pengaruh kualitas produk, citra merek, harga, dan promosi, terhadap keputusan pembelian mobil merek honda di kota medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 3(1), 32-43. https://doi.org/10.31289/jkbm.v3i2.342

Kotler & Keller (2012), “Manajemen Pemasaran Mendefinisikan Keputusan Pembelian” Edisi 12, PenerbitErlangga, Jakarta

Laisma, A. (2018). Variasi Konsentrasi Bubur Buah Black Mulberry (Morus Nigra L.) Dalam Produk Churros Berbasis Tepung Umbi-Umbian. Thesis, Fakultas Teknik Universitas Pasundan. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39540

Maghfira, A, ., & Putriningtyas, N, D. (2022). Analisis Kandungan Gluten Dan Serat Pada Churros Kombinasi Tepung Ubi Ungu Dan Tepung Beras Sebagai Alternatif Camilan Bebas Gluten. Jurnal Kesehatan, 15(2), 206-213. https://doi.org/10.23917/jk.v15i2.19843

Murdani, B., Supartono, Satpatmantya K, BR. (2024).Pengaruh Inovasi Produk, Harga Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas (Studi Kasus Showroom The King Cobra Auto Jakarta Timur). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 10(2), 867 881. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.49569

Nawawi, M., et al., 2022. ‘Churros’ Product Innovation With Sweet Potato. MOVE: Journal of Community Service and Engagement. https://doi.org/10.54408/move.v2i1.129

Nugroho, A., & Prasetyo, H. (2021). Inovasi dalam Industri Kreatif: Faktor Kunci Keberhasilan di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 19(1), 45-60.

Nurasi, S, R. (2015). Peranan Riset Pasar Dan Desain Produk Terhadap Pemasaran Produk Perusahaan Wajan. Jurnal Ekonologi, 2(2), 127-130. http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v2i2.1136

Pardi, Suharyono, Suyadi Imam, Arifin Zainul. 2014. The Effect of Market Orientation Entrepreneurial Orientation toward Learning Orientation, Innovation, Competitive Advantages and Marketing Performance. European Journal of Business and Management. 6(21), 69-80. https://iiste.org/Journals/index.php/EJBM/article/view/14437

Rika, O., Kurniasari, D., Utama, A. (2018). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Dan Kualitas ProdukTerhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kerajinan Enceng Gondok “Akar”). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3, 467–477. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jmbi/article/view/13256

Rochmah, M ,M., Soda, A, D., Oktaviya,E, E., Muflihati, I., & Affandi,A, R. (2019). Karakteristik Sifat Kimia dan Organoleptik Churros Tersubtitusi Tepung Beras dengan Tepung Ubi. Jurnal Pangan Dan Gizi, 9(1), 53-64. https://doi.org/10.26714/jpg.9.1.2019.74-82

Situmorang, S, H. (2017). Riset Pemasaran. Universitas Sumatra Utara Press. Medan.

Utaminingsih, Adijati. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. http://dx.doi.org/10.24856/mem.v31i2.411