MENGEMBANGKAN INOVASI PRODUK SEBAGAI STRATEGI AWAL BAGI PEMULA USAHA DALAM BIDANG KULINER

Main Article Content

Stevanny Carolline
Hendro Lukman

Abstract

Food is one of the most important basic needs for humans. Humans often ignore food intake because of daily activities, so the need for healthy food cannot be met by the body. With the high need for food and the use of healthy ingredients. Therefore, as a beginner in entrepreneurship, see a business opportunity in building a business in the culinary field. The way of cooking is greatly influenced by culture and environmental conditions in society. Great opportunities are also in line with high competition so that the amount of competition becomes an obstacle for beginners. One strategy that can be done to be able to compete is to create a competitive advantage in the product. Entrepreneurial activities are very close to the creation of competitive advantages through product innovation. Innovation reflects an entrepreneur who has unique ideas for a product so that the business he owns is different from the products that already exist on the market. An entrepreneur must be able to develop his ability to innovate a product. The way to get information on needs or things that can satisfy customers is to conduct market research in order to understand consumer needs for a product. In addition to being able to find out the needs or desires of customers, you can also find out what is currently in demand by the community. The results of market research are the basis for innovation to create or develop products that are made or developed.


ABSTRAK


Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok paling penting bagi manusia. Manusia seringkali mengabaikan asupan makanan karena kegiatan yang dilakukan setiap hari, jadi kebutuhan makanan sehat tidak dapat dipenuhi oleh tubuh. Dengan adanya kebutuhan makanan yang tinggi dan penggunaan bahan-bahan pilihan yang sehat. Oleh karena itu, sebagai pemula awal dalam berwirausaha melihat adanya peluang bisnis dalam membangun usaha di bidang kuliner. Cara memasak yang banyak dipengaruhi oleh budaya dan kondisi lingkungan pada masyarakat. Peluang yang besar juga sejalan dengan persaingan yang tinggi sehingga besarnya persaingan menjadi hambatan bagi pemula. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk dapat bersaing yaitu dengan menciptakan keunggulan kompetitif dalam produk. Kegiatan kewirausahaan sangat erat dengan penciptaan keunggulan kompetitif melalui inovasi produk. Inovasi mencerminkan seorang wirausaha yang memiliki ide-ide unik terhadap sebuah produk agar usaha yang dimilikinya berbeda dengan produk yang telah ada di pasar. Seorang wirausaha harus mampu mengembangkan kemampuannya dalam menginovasi sebuah produk. Cara untuk mendapatkan informasi kebutuhan atau hal yang dapat memuaskan pelanggan adalah dengan melakukan riset pasar agar dapat memahami kebutuhan konsumen akan suatu produk. Selain dapat mengetahui kebutuhan atau keinginan pelanggan, juga dapat mengetahui apa yang sedang diminati oleh masyarakat saat ini. Hasil riset pasar merupakan landasan inovasi untuk membuat atau mengembangkan produk yang dibuat atau dikembangkan.


 

Article Details

Section
Articles

References

Aini, A, N. (2024). Peran Kuliner Tradisional Nusantara dalam Memengaruhi Kegiatan Ekonomi dan Bahasa di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 22243-22252. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15667

Dhameria, V., Ghozali, I., Hidayat, A., & Aryanto, V. (2021). Networking capability, entrepreneurial marketing, competitive advantage, and marketing performance. Uncertain Supply Chain Management, 9(4), 941–948. http://dx.doi.org/10.5267/j.uscm.2021.7.007

Jumiati, Ratnasari, D., & Sudianto,A. (2019). Pengaruh Penggunaan Ekstrak Kunyit (Curcuma domestica) Terhadap Mutu Kerupuk Cumi (Loligo sp.). Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, 11(1), 55-61. https://doi.org/10.20473/jipk.v11i1.11914

Martianto, D., Andarwulan, N., & Putranda, Y. (2018). Retensi Fortifikan Vitamin A Dan Β-Karoten Dalam Minyak Goreng Sawit Selama Pemasakan. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan. 29(2), 127-136. https://doi.org/10.6066/jtip.2018.29.2.127

Murdani, B., Supartono, Satpatmantya K, BR. (2024). Pengaruh Inovasi Produk, Harga Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas (Studi Kasus Showroom The King Cobra Auto Jakarta Timur). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 10(2), 867-881. http://dx.doi.org/10.36987/ecobi.v10i2.4505

Nurani, S, R. (2015). Peranan Riset Pasar Dan Desain Produk Terhadap Pemasaran Produk Perusahaan Wajan. Jurnal ekonologi, 2(2), 127-130. http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v2i2.1136

Roza, Y, M dkk. (2023). Identitas Budaya Dan Sosial Pada Makanan Khas Daerah: Tinjauan Terhadap Perilaku Konsumsi Masyarakat Muslim Pada Bulan Ramadan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 305-315. https://doi.org/10.15575/jim.v4i1.25031

Santi, K, R., & Sukesi, N. (2023). Uji Organ oleptik Selai Tinta Cumi (Loligo Sp.) Untuk Kesehatan Tubuh. Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(4), 1327-1336. https://doi.org/10.32583/pskm.v13i4.1309

Sulistijowati S, R., H, S., Djunaedi, O. S., Nurhajati, J., Afrianto, E., & Udin, Z. (2020). Kuliner Sambal Ikan. Unpad Press.

Suwando, P., Hermawan,D., &Wicaksono, H. (2021). Peningkatan Produktivitas Usaha Sambal Bagi Usaha Kecil Menengah. Jurnal Aplikasi dan Inovasi IPTEK, 4(2), 93-100. http://dx.doi.org/10.31328/js.v4i2.2675

Utami, S. (2018). Kuliner Sebagai Identitas Budaya: Perspektif Komunikasi Lintas Budaya. Journal of Strategic Communication, 8(2), 36-44. https://doi.org/10.35814/coverage.v8i2.588

Wijaya, S. (2019). Indonesian food culture mapping: A starter contribution to promote Indonesian culinary tourism. Journal of Ethnic Foods, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s42779-019-0009-3