METODE PENETAPAN HARGA JUAL BERDASARKAN BIAYA PRODUKSI DALAM BISNIS MINUMAN SODA FIZZYFUN

Main Article Content

Michelle Gracella
Sufiyati

Abstract

Product selling prices are one of the keys to business success, so they cannot be set too high or too low. Product selling prices are determined by considering several factors such as internal and external factors. One of the internal factors that influences this is the calculation of production costs. Product prices are determined after business actors have calculated the total costs used and can maximize the profits that can be received by the business. In determining the selling price of a product, you can use a cost-based approach, namely an approach that determines the selling price by adding a certain amount of profit to the production costs. Cost calculations must be done clearly according to the measurements used for each glass of the Fizzyfun menu. Apart from relying on production costs, this determination also requires research regarding the target market. Although the main factor is production costs, the price determination process should also consider the results of research regarding market prices or competitors' prices for the products being offered. By applying an appropriate pricing method, it is hoped that the price set will be the optimal price for the seller to make a profit and will also be the optimal price for the buyer to make a repeat purchase later.


ABSTRAK


Harga jual produk menjadi salah satu kunci keberhasilan usaha, sehingga tidak dapat ditetapkan terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Harga jual produk ditentukan dengan memperhatikan beberapa faktor seperti faktor internal maupun faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang mempengaruhinya adalah penghitungan biaya produksi. Harga produk ditentukan setelah para pelaku usaha telah mengkalkulasi total biaya yang digunakan dan dapat memaksimalkan laba yang dapat diterima dari usaha. Menentukan harga jual produk dapat menggunakan metode pendekatan berdasarkan biaya, yaitu pendekatan yang menentukan harga jual dengan menambahkan sejumlah keuntungan dari biaya produksi. Perhitungan biaya dilakukan sesuai takaran yang digunakan pada setiap gelas menu Fizzyfun. Selain berpatokan pada biaya produksi, dalam hal penentuan harga jual juga dibutuhkan riset mengenai pasar yang ditargetkan. Meskipun didasari faktor utama berupa biaya produksi, proses penentuan harga ini juga sebaiknya menimbang dari hasil riset mengenai harga pasar ataupun harga pesaing dari produk yang ditawarkan. Dengan menerapkan metode penentuan harga  jual yang sesuai maka diharapkan harga yang ditetapkan merupakan harga optimal bagi penjual untuk mendapatkan keuntungan dan menjadi harga optimal pula bagi pembeli untuk melakukan pembelian ulang dilain waktu.

Article Details

Section
Articles

References

Artika, A., & Putra, F. A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan: Studi Kasus Pada UMKM Toko Nurhidayah Di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), 369-386.

Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak Usus (PAJUS) Medan. jurnal keuangan dan bisnis, 231.

Hartanti, R. (2020). Apakah Cost Plus Pricing Masih Relevan Di Masa Covid19?. Jurnal Ekonomi, 25(3), 370–390.

Hernikasari, I., Ali, H., & Hadita, H. (2022). Determinasi Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Analisis Harga dan Kualitas Produk (Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 437–450.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). New Jersey: Pearson Prentince Hall.

Musfar, T.F. (2020). Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Nurlela, I., Yanti, R.A.E., & Aryansyah, F. (2021). Pengaruh Penetapan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan. J-KIP: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 179-184.

Octavini, N.A., Supriyadi, E., Oktavia, N.T., Waidah, D.F., Fadli, K., Mendrofa, S.A., et al. (2023). PEMASARAN: Konsep dan Praktik. Edupedia Publisher.

Sitanggang. D.R, Silaban, N.P.S, Suriyanti.L.H. (2020). Penerapan Metode Job Order Costing Dalam Penentuan Harga Jual Produk Pada UMKM Gemilang Jaya. Jurnal Akuntansi & Ekonomika. 10 (2).

Toar, O., Karamoy, H., & Wokas, H. (2017). Analisis Perbandingan Harga Jual Produk Dengan Menggunakan Metode Cost Plus Pricing dan Mark Up Pricing Pada Dolphin Donuts Bakery. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2), 2040-2050.