MENGHITUNG DAN MENGELOLA FOOD COST: KUNCI MENINGKATKAN PROFITABILITAS MEREK USAHA “SQUIRICE”

Main Article Content

Andjelia
Hendro Lukman

Abstract

Culinary business has a very promising profit prospect. In running the business, it is necessary to calculate and manage food costs which are the key to increasing the company's profitability. This article discusses the importance of calculating and managing food costs in the culinary business brand, namely Squirice, which focuses on the squid chili sauce menu. In the midst of tight competition in the culinary business industry, business owners need to have an understanding of how to calculate production costs in the production process to set selling prices that can attract customers and compete in the market. Through cost analysis and sales data from the information that has been obtained, this article explains the components of raw material costs, labor costs, and factory overhead costs related to the Squirice business brand menu, namely squid chili sauce. With effective and efficient calculations, business profitability will increase significantly. The results of the research from the business carried out in this article show that the calculations and management carried out by the Squirice business brand are quite high because they are closer to the value of 40%. The value of 40% is the highest limit in the percentage of food costs. In addition, this article provides recommendations regarding the management and calculations that can be carried out by culinary business owners to achieve better results. Thus, this article not only provides insight for Squirice customers, but can also contribute to the culinary business sector in general.


ABSTRAK


Usaha kuliner memiliki prospek keuntungan yang sangat menjanjikan. Dalam menjalankan usaha tersebut, diperlukan perhitungan dan pengelolaan food cost yang menjadi kunci meningkatnya profitabilitas perusahaan. Artikel ini membahas mengenai pentingnya melakukan perhitungan dan pengelolaan food cost pada merek usaha kuliner yaitu Squirice yang berfokus pada menu sambal cumi. Di tengah persaingan yang ketat dalam industri usaha kuliner, pemilik usaha perlu memiliki pemahaman mengenai bagaimana perhitungan biaya produksi pada proses produksi untuk menetapkan harga jual yang dapat menarik pelanggan dan dapat bersaing di pasar. Melalui analisis biaya dan data penjualan dari informasi yang telah diperoleh, artikel ini menjelaskan komponen biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik yang berhubungan dengan menu merek usaha Squirice yaitu sambal cumi. Dengan perhitungan yang efektif dan efisien, profitabilitas usaha akan meningkat secara signifikan. Hasil penelitian dari usaha yang dilakukan pada artikel ini menunjukkan bahwa perhitungan dan pengelolaan yang dilakukan merek usaha Squirice cukup tinggi karena lebih mendekati nilai 40%. Nilai 40% menjadi batas tertinggi dalam persentase food cost. Selain itu, artikel ini memberikan rekomendasi mengenai pengelolaan dan perhitungan yang dapat dilakukan oleh pemilik usaha kuliner untuk mencapai hasil yang lebih baik. Dengan demikian, artikel ini tidak hanya memberikan wawasan bagi para pelanggan Squirice saja, namun juga dapat berkontribusi pada sektor usaha kuliner secara umum.


 

Article Details

Section
Articles

References

Ferisanti, D. F., Supardi, & Mislawardah. (2023). Analisa break event point (BEP) terhadap laba perusahaan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(4), 593-597.

Minarizki, H., & Frimayasa, A. (2023). Pengaruh food cost, purchasing and inventory terhadap profitabilitas PÒ SupperKlab Jakarta. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 210-217.

Mulyadi. (2010). Akuntansi biaya. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. https://online.flipbuilder.com/unindrapustaka/vpsg/

Puri Pangan. (2018, November 8). Tips menghemat food and beverage cost untuk restoran. Diakses dari https://puripangan.co.id/tips-menghemat-food-and-beverage-cost-untuk-restoran/

Runchise. (2024, July 10). Mengapa food cost dalam bisnis restoran sangat penting. Diakses dari https://www.runchise.com/blog/mengapa-food-cost-dalam-bisnis-restoran-sangat-penting-cari-infonya-di-sini#:~:text=Mengontrol%20Pengeluaran:%20Food%20cost%20membantu%20Anda%20mengontrol,memantau%20food%20cost%2C%20Anda%20dapat%20mengidentifikasi%20bahan

Safkaur, O. (2021). Pengaruh pengendalian biaya, fungsi penjualan terhadap peningkatan laba perusahaan bisnis era COVID-19. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 9(1), 535-552.

Sulistijowati, S. R., H, S., Djunaedi, O. S., Nurhajati, J., Afrianto, E., & Udin, Z. (2020). Kuliner sambal ikan. Unpad Press.

Suwandono, P., Hermawan, D., & Wicaksono, H. (2021). Peningkatan produktivitas usaha sambal kemasan bagi usaha kecil menengah. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks: Jurnal Soliditas, 4(2), 93-100.