EDUKASI DAN PELATIHAN TERKAIT UTANG USAHA PADA PERUSAHAAN DAGANG DI SMP RICCI I JAKARTA BARAT
Main Article Content
Abstract
In business, debt is a very important source of company funding, because the source of funds from debt can be used for asset procurement, asset management, investment and other financial activities. Debt management is a strategic process for handling business obligations by monitoring and planning so that the company can pay debts effectively and on time, through budgeting and making appropriate loan decisions, planning future loans, designing payment strategies, negotiating with creditors, monitoring debt levels, and managing payments effectively. The problems at SMP Ricci I are: (1) How to understand debt and how to manage debt effectively? (2) How is debt treated in the company? The PKM team overcame this problem by preparing business debt material, teaching business debt material in the classroom, discussing calculation questions and giving tests in the form of a pre-test quiz and post test quiz. The methods used by the PKM team at Ricci I Middle School are education, discussion and training methods. PKM at Ricci I Middle School was declared successful, as indicated by the fairly high quiz scores of the Ricci I Middle School students.
ABSTRAK
Dalam bisnis usaha, utang adalah sumber pendanaan perusahaan yang sangat penting, karena sumber dana dari utang tersebut dapat digunakan untuk pengadaan aset, pengelolaan aset, investasi, dan aktivitas keuangan lainnya. Pengelolaan utang adalah proses strategis untuk menangani kewajiban usaha dengan mengawasi dan merencanakan agar perusahaan dapat membayar utang secara efektif dan tepat waktu, melalui penganggaran dan pengambilan keputusan pinjaman yang tepat, perencanaan pinjaman masa depan, merancang strategi pembayaran, negosiasi dengan kreditur, pemantauan tingkat utang, dan pengelolaan pembayaran secara efektif. Permasalahan di SMP Ricci I adalah: (1) Bagaimana memahami utang dan pengelolaan utang yang efektif?, (2) Bagaimana perlakuan utang usaha di perusahaan? Tim PKM mengatasi masalah tersebut dengan mempersiapkan materi utang usaha, mengajarkan materi utang usaha dengan tatap muka di ruang kelas, membahas soal hitungan dan memberikan test berupa pre-test quiz dan post test quiz. Metode yang digunakan tim PKM di SMP Ricci I adalah metode edukasi, diskusi, dan pelatihan. PKM di SMP Ricci I dinyatakan berhasil, yang ditandai dari indikator nilai quiz dari murid-murid SMP Ricci I yang cukup tinggi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Dewi, S. P., Susanti, M., & Sufiyati. (2018). Pemahaman mahasiswa akuntansi terhadap aset, liabilitas, dan ekuitas setelah penerapan IFRS. Jurnal Ekonomi, 23(3), 122-140.
Hanafi, M. M., & Halim, A. (2018). Analisis laporan keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Henny, & Yanto, R. (2022). Pelatihan akuntansi piutang bagi siswa Rumah Belajar Mahkota Kasih Insani. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SENAPENMAS), 644-648.
Hery. (2018). Analisis laporan keuangan. Jakarta: PT Grasindo.
Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). (2018). Standar akuntansi keuangan. DSAK IAI.
Kristian, M. (2018). Rekonsiliasi data hutang usaha dengan menggunakan software Accurate pada koperasi. Jurnal Abdimas.
Muis, M. A., & Salamun, S. (2021). Pelatihan akuntansi. Jakarta: Politeknik Bisnis dan Pasar Modal.
Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., & Kieso, D. E. (2022). Financial accounting with International Financial Reporting Standards. John Wiley & Sons.
Wulandari, I., Rahmayana, L., Zaman, D., Nurhaimah, & Kurniawan, M. I. (2023). Pelatihan praktik akuntansi perusahaan dagang pada siswa SMK Muhammadyah 3 Terpadu Pekanbaru. Community Development Journal, 4(2), 1227-1233.