UPAYA PENGENALAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI PLATFORM PENUNJANG DALAM BERWIRAUSAHA KEPADA REMAJA ASUHAN ASAK STELLA MARIS

Main Article Content

Miharni Tjokrosaputro
Steven Delon Herjana
Valerio Chindradinata

Abstract

With the increasing difficulty in finding job vacancies, there is a need for early socialization regarding entrepreneurship to change the mindset of teenagers. The lack of knowledge among teenagers and the courage of teenagers to become entrepreneurs needs to be balanced with the use of social media as a platform that helps someone become an entrepreneur. This community engagement event was carried out to train ASAK Stella Maris students to understand the importance of entrepreneurship with the help of social media, where this learning can be obtained through universities majoring in Management and Business. This community engagement aims to provide training on using social media and technology in a good and helpful way. PKM will be carried out for teenagers from ASAK Stella Maris Care, which will be held offline and take one day. The resulting activities are expected to produce outputs in the form of journals at seminars held by LLPM Tarumanagara University and additional outputs in the form of IPR.


ABSTRAK


Melihat semakin sulitnya dalam mencari lapangan pekerjaan, perlu adanya sosialisasi sejak dini terkait wirausaha untuk mengubah pola pikir dari remaja. Kurangnya pengetahuan remaja dan keberanian para remaja untuk menjadi seorang wirausaha perlu diimbangi dengan pemanfaatan sosial media sebagai platform yang membantu seseorang dalam berwirausaha. PKM ini dilakukan guna memberi pelatihan kepada remaja-remaja Asuhan ASAK Stella Maris untuk dapat memahami pentingnya memahami kewirausahaan dengan adanya bantuan dari peranan sosial media, yang dimana pembelajaran ini dapat diperoleh melalui Perguruan Tinggi jurusan Manajemen dan Bisnis. Tujuan PKM ini adalah memberikan pelatihan bagaimana cara memanfaatkan sosial media, dan teknologi yang baik dan bermanfaat. PKM akan dilaksanakan kepada remaja-remaja Asuhan ASAK Stella Maris yang akan diadakan secara offline dengan memakan waktu dalam satu hari. Kegiatan yang dihasilkan diharapkan dapat mengahasilkan luaran berupa dan jurnal pada seminar yang diadakan oleh LLPM Universitas Tarumanagara, dan luaran tambahan berupa HKI.

Article Details

Section
Articles

References

Ajimat, dkk. “Berwirausaha Memanfaatkan Media Sosial Pada Daerah Sepatan”. Adimas: Adi Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No.1 (2020).

Kotler and Keller. 2016. Marketing Management. Pearson: Prentice hall.

Madjid, Z. (2024, mei 6). BPS: 7,2 Juta Orang Indonesia Masih Jadi Pengangguran. Diambil kembali dari kata data: https://katadata.co.id/finansial/makro/6638ae6da2872/bps-7-2-juta-orang-indonesia-masih-jadi-pengangguran

Mahdiyyah, Karmila Fairuz, dkk. “Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media dan Motivasi Terhadp Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi”. Sinomika Journal, Volume 1 No. 2 (2022).

Martin, Catalin, dkk. “The Role of EMENTORING and Social Media for Developing the Entrepreneurship Competences”. Procedia Social and Behavioral Sciences 15 (2011) 947-951.

Nadlifatin, Reny, dkk. “Social Media-based Online Entrepreneurship Approach on Millenials: A Measurement of Job Pursuit Intention on Multi-level Marketing”. Procedia Computer Science 197 (2022) 110-117.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Prasetio, Tio. “Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Motivasi Intrinsik, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa”. Jurnal Sekretari & Asministrasi (Serasi), Volume 18, No. 1, April 2020, hlm 35-46.

Situmorang, W. R., & Hayati, R. (2023). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Jurnal Sosiologi Nusantara, 10.

Sulaeman. (2020). Survei: 70 Persen UMKM Berencana Jualan di Media Sosial. Retrieved from Liputan6: https://m.liputan6.com/bisnis/read/4294602/survei-70-persen-umkm-berencanajualan-di-media-sosial

Wibowo, Agus, dkk. “How Does Digital Entrepreneurship Education Promote Entrepreneurial Intention? The Role of Social Media and Entrepreneurial Intuition”. Social Sciences & Humanities Open 8 (2023) 100681.