PERANCANGAN KONTEN VIDEO PROMOSI PRODUK UMKM MENGGUNAKAN APLIKASI BERBASIS AI

Main Article Content

Khairina Natsir
Nurainun Bangun
Nadia Alodia
Burhan Irsali Rahmat

Abstract

Creative content on smartphones includes various types of content such as vlogs, video tutorials, product reviews, unboxings, and more. Trends such as the use of smartphones for photography, videography and creative applications are also increasing people's interest in becoming content creators. Apart from that, much educational content is also provided via social media.   Therefore, the aim of this community service activity is to provide training, introduce participants and hone their skills in creating and editing videos using smartphone-based applications. The application used in this training is CapCut. In this training, the community service team provided education on the use of CapCut to develop promotional videos.   To implement this application, we will utilize technological advances in the social media category as a means of unlimited communication with training participants, in order to educate with presentations that are as interesting as possible, but easy to understand. Examples of implementation include creating promotional videos to introduce MSME products and can be disseminated via appropriate social media such as YouTube, WhatsApp, Instagram or TikTok.   Mitra abdimas is an MSME business actor who lives in Kelapadua village, Tangerang. The problem faced by partners is that MSME players do not use videos much to promote their MSME business products. Through community service activities, basic concepts and simple ways to make videos, edit and disseminate them via social media are introduced using the available features. The capabilities obtained can encourage the development of more innovative MSME businesses. This training is carried out face to face or offline at partner locations.   Community service activities were carried out at the end of March 2024 to coincide with the fasting month and were attended by around 15 participants.


ABSTRAK 


Konten kreatif di smartphone mencakup berbagai jenis konten seperti vlog, video tutorial, review produk, unboxing, dan banyak lagi. Tren seperti penggunaan smartphone untuk fotografi, videografi, dan aplikasi kreatif juga meningkatkan minat masyarakat untuk menjadi pembuat konten. Selain itu, konten edukasi juga banyak diberikan melalui media sosial.  Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan abdimas ini adalah untuk memberikan pelatihan, memperkenalkan peserta dan mengasah kemampuan mereka dalam pembuatan dan pengeditan video menggunakan aplikasi berbasis smartphone. Aplikasi yang digunakan dalam pelatihan ini adalah CapCut. Pada pelatihan ini tim abdimas memberikan edukasi penggunaan CapCut untuk mengembangkan video promosi.  Untuk mengimplementasikan aplikasi ini, kami akan memanfaatkan kemajuan teknologi pada kategori media sosial sebagai sarana komunikasi tanpa batas dengan peserta pelatihan, guna mendidik dengan penyajian yang semenarik mungkin, namun mudah dipahami. Contoh penerapannya antara lain membuat video promosi untuk memperkenalkan produk UMKM dan dapat disebarluaskan melalui media sosial yang sesuai seperti YouTube, WhatsApp, Instagram, atau TikTok.  Mitra abdimas adalah pelaku usaha UMKM yang tinggal di desa Kelapadua, Tangerang. Permasalahan yang dihadapi para mitra adalah para pelaku UMKM tersebut belum banyak menggunakan video untuk mempromosikan produk-produk usaha UMKM tersebut. Melalui kegiatan abdimas diperkenalkan konsep dasar dan cara sederhana membuat video, mengedit dan menyebarluaskan melalui media sosial yang dimiliki dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Kemampuan yang diperoleh dapat mendorong pengembangan bisnis UMKM yang lebih inovatif. Pelatihan ini dilakukan secara tatap muka atau offline di lokasi mitra.  Kegiatan abdimas sudah dilaksanakan pada akhir Maret 2024 bertepatan dengan bulan puasa yang diikuti oleh sekitar 15 peserta.

Article Details

Section
Articles

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. CV. Pilar Nusantara.

Amarta, C. D., Wardaya, A., Nugroho, A. V., & Setiawan, P. A. (2022). Strategi Pemasaran Digital dan Kualitas Produk untuk Mendapatkan Pelanggan Setia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2021), 15190–15202.

An’ars, M. G., Hendrastuty, N., Damayanti, & Putra, A. D. (2023). Perancangan Teks Promosi UMKM Sikop Arrum Batik Menggunakan Program Berbasis AI ChatGPT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i1.109

Puterima, L. (2023). Membangun Kepercayaan Online Dan Retensi Pelanggan Dalam Belanja Online. Journal Management, Business, and Accounting, 22(3), 464–483.

Sayuti. (2022). Cara Mudah Menjadi Anggota UMKM di Kota Tangerang. Semartara News. https://semartara.news/cara-mudah-menjadi-anggota-umkm-di-kota-tangerang/

Wardhani, A. K., & Romas, A. N. (2021). Analysis of Digital Marketing Strategies in the Covid-19 Pandemic. EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 4(1), 29–53. https://doi.org/10.24071/exero.v4i1.5025

Wijaya, V., Sitompul, N., Mulyanto, U. H., & Wahyuni, S. (2023). Pelatihan Editing Video Menggunakan Aplikasi Smartphone CapCut Bagi Ibu-Ibu Gabungan Organisasi Wanita Sambas. Junal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, Vol. 4 No.(Juni), 1343–1351. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/980/785

Wuryandari, N. E. R., Apriani, A., & Widayati, C. C. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penguasaan TIK. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ANDHARA), 1(2), 44–51.