EKSPLORASI BAHASA: MEMBUKA PELUANG BARU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS BAGI SISWA SDN X
Main Article Content
Abstract
Literacy is an important aspect in improving students' reading and writing skills in primary schools because it can affect student achievement. However, a number of studies have found that students' literacy skills in Indonesia are still lacking. The ability and interest in reading will affect students' learning process. One of the factors causing this is the limited resources in the form of books for students. In this community service activity at school X in Ciherang, language exploration was used as an approach to strengthen literacy understanding and skills in children. The purpose of this activity is to explore the effectiveness of the language exploration approach in improving elementary school children's literacy. During the activity, students were invited to read storybooks and then retell them. The observation showed that literacy activities in primary schools are still at the habituation stage and a more engaging approach is needed to increase students' interest in reading. Nonetheless, literacy activities have shown positive effects, such as increased interest in reading, self-confidence and comprehension of reading content in students. A total of 52 grade 4 students tested were able to retell the contents of the book well, compared to before the program was implemented. In conclusion, literacy plays an important role in the development of students in primary school, and the language exploration approach and community service activities are a positive first step in improving children's literacy skills. Further efforts are needed to develop more effective strategies to sustainably improve children's interest and literacy skills.
ABSTRAK
Literasi merupakan aspek penting dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa di sekolah dasar karena mampu mempengaruhi prestasi siswa. Namun, sejumlah penelitian menemukan bahwa kemampuan literasi siswa di Indonesia masih kurang. Padahal kemampuan dan minat dalam membaca akan mempengaruhi proses belajar siswa. Salah satu faktor penyebabnya adalah keterbatasan sumber daya berupa buku untuk siswa. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat di sekolah X di Ciherang ini, eksplorasi bahasa digunakan sebagai pendekatan untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan literasi pada anak-anak. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengeksplorasi efektivitas pendekatan eksplorasi bahasa dalam meningkatkan literasi anak SD. Selama kegiatan, siswa diajak untuk membaca buku cerita lalu menceritakannya kembali. Hasil observasi menunjukkan bahwa kegiatan literasi di sekolah dasar masih pada tahap pembiasaan dan diperlukan pendekatan yang lebih menarik untuk meningkatkan minat membaca siswa. Meskipun demikian, kegiatan literasi telah menunjukkan efek positif, seperti peningkatan minat membaca, kepercayaan diri, dan pemahaman isi bacaan pada siswa. Sebanyak 52 siswa kelas 4 yang diuji siswa mampu menceritakan kembali isi buku dengan baik, dibandingkan dengan sebelum program dilaksanakan. Kesimpulannya, literasi memegang peranan penting dalam perkembangan siswa di sekolah dasar, dan pendekatan eksplorasi bahasa serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan langkah awal yang positif dalam meningkatkan kemampuan literasi anak-anak. Upaya lanjutan diperlukan untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif guna meningkatkan minat dan keterampilan literasi anak-anak secara berkelanjutan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abidin, Y., & Mulyati, T. (2021). Pembelajaran Literasi (Y. N. I. Sari, Ed.). Bumi Aksara.
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916
Clark, C., & Teravainen-Goff, A. (2020). (rep.). Children and young people’s reading in 2019. National Literacy Trust. Retrieved 2024, from https://cdn.literacytrust.org.uk/media/documents/Reading_trends_in_2019_-_Final.pdf#:~:text=URL%3A%20https%3A%2F%2Fcdn.literacytrust.org.uk%2Fmedia%2Fdocuments%2FReading_trends_in_2019_.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, Meyda Noortheya, & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi - Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemdikbud.go.id. http://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf
Juwita, S., Tiatri, S., & Hastuti, R. (2017). Program Identifikasi Tema Dongeng Untuk Meningkatkan Pemahaman Tema Moral Pada Siswa Kelas Lima di Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 44(3), 167–167. https://doi.org/10.22146/jpsi.22456
Literasi Dan Numerasi Kelas Awal – William & Lily Foundation. (n.d.). William & Lily Foundation. Retrieved May 6, 2024, from https://wlf.or.id/id/our-program-id/literacy-dan-numeracy-for-early-grades-id/
Napitupulu, E. L. (2023, February 23). Nadiem Makarim: Kompetensi Dan Kualitas Guru harus terjamin. kompas.id. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/02/23/pemenuhan-guru-berkualitas-jadi-komitmen
Ramdhayani, E. (2023). Pentingnya Literasi Dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter di Era Digital. Jurnal Kependidikan, 7(2), 67–73. http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1128
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Rokmana, R., Fitri, E. N., Andini, D. F., Misnawati, M., Nurachmana, A., Ramadhan, I. Y., & Veniaty, S. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960
Ruslan, & Wibayanti, S. H. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019, 767775.
Salma, A., & Mudzanatun, M. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127.
Sofiah, D., Stiyaningsih, E., & Sundawan, R. (Eds.). (2019). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Di Sambogunung Dukun Gresik. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 3(1). https://doi.org/10.30996/abdikarya.v3i1.3806
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran di era digital: Tantangan Dan Peluang bagi dunia pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480.https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Widiastuti, R. Y., & Yuliati, N. (2023). Analisis Kesiapan Mental Anak Usia Dini Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5564-5574.