PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMAHAMAN TRANSAKSI PERUSAHAAN DAGANG DI SMA NEGERI 2 JAKARTA
Main Article Content
Abstract
The problem faced by SMA Negeri 2 Jakarta is that there is no in-depth knowledge about trading company transactions, both in recording transactions and preparing financial reports. This school has achieved impressive achievements in academic and non-academic fields, but understanding of accounting is felt to be limited because accounting material is included in the subject at the same time as economics. One of the accounting topics discussed in the high school curriculum is Trading Companies. Daily activities in trading companies are closely related to sales transactions and purchase transactions. To overcome this problem, the Tarumanagara University PKM Team offers a solution in the form of accounting training on trading company transaction material. This training will be aimed at students in classes X and XI with the hope of helping students to increase their knowledge of accounting. The results of surveys and observations at SMA Negeri 2 Jakarta show that partners welcomed this training plan. Through training with this problem-based learning module, it is hoped that students at SMA Negeri 2 Jakarta will gain a practical understanding of accounting. They will practice calculating and recording several trading company transactions both periodically and perpetually as well as preparing financial reports. This training will be held face-to-face and will last for 120 minutes in March 2024. Through this training, it is hoped that students at SMA Negeri 2 Jakarta will be able to understand material about trading companies and its daily application through buying and selling transactions. The training includes questions and answers about the material, practice questions, quiz questions and questionnaires. The output of this PKM is a mandatory output in the form of the Serina Untar journal, as well as additional output in the form of intellectual property rights.
ABSTRAK
Permasalahan yang dihadapi oleh SMA Negeri 2 Jakarta adalah belum adanya pengetahuan secara mendalam tentang transaksi perusahaan dagang baik dalam pencatatan transaksi maupun penyusunan laporan keuangan. Sekolah ini telah mencapai prestasi yang mengesankan dalam bidang akademik dan non-akademik, tetapi pemahaman mengenai akuntansi dirasakan terbatas karena materi akuntansi tergabung dalam mata pelajaran bersamaan dengan ekonomi. Salah satu topik akuntansi yang dibahas dalam kurikulum SMA adalah Perusahaan Dagang. Kegiatan di perusahaan dagang sehari-hari berkaitan erat dengan transaksi penjualan dan transaksi pembelian. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Tim PKM Universitas Tarumanagara menawarkan solusi berupa pelatihan akuntansi materi transaksi perusahaan dagang. Pelatihan ini akan ditujukan kepada siswa kelas X dan XI dengan harapan dapat membantu para siswa/i untuk menambah pengetahuan akuntansi. Hasil survei dan observasi ke SMA Negeri 2 Jakarta menunjukkan bahwa mitra menyambut baik rencana pelatihan ini. Melalui pelatihan dengan modul problem-based learning ini, diharapkan siswa-siswi SMA Negeri 2 Jakarta akan mendapatkan pemahaman praktis tentang akuntansi. Mereka akan mempraktekkan perhitungan dan pencatatan sejumlah transaksi perusahaan dagang baik secara periodik dan perpetual serta menyusun laporan keuangan. Pelatihan ini diadakan secara tatap muka dan akan berlangsung selama 120 menit pada bulan Maret 2024. Melalui pelatihan ini, diharapkan siswa-siswi SMA Negeri 2 Jakarta mampu memahami materi tentang perusahaan dagang dan penerapan dalam keseharian melalui transaksi jual-beli. Pelaksanaan pelatihan mencakup tanya jawab seputar materi, soal latihan, soal kuis juga kuesioner. Luaran dari PKM ini adalah luaran wajib berupa jurnal Serina Untar, serta luaran tambahan berupa Hak kekayaan intelektual
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Isaeni, N., & Nugraha, A. (2022). Teknologi dalam Transformasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Diakses dari https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/teknologi-dalam-transformasi-pembelajaran-kurikulum-merdeka.
Martanti, I.W., & Priantinah, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XII, No. 1, 93–105. https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5167
Pramitha, D. A., & Wahjudi, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Laporan Keuangan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 216-224.
Rahayu, A. T. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning), Penggunaan Modul Pembelajaran Akuntansi, Dan Motivasi Belajar Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Materi Jurnal Khusus Kelas Xi Smk Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). https://ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpak/Article/View/21200
Rahayuningsih, M. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi Jasa Dengan Pembelajaran Problem Based Learning. Indonesian Journal Of Education And Learning, 1(1), 43-51. http://dx.doi.org/10.31002/Ijel.V1i1.438
Ratnasari, B. (2018). Faktor Determinan Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 48-56.
Rohayati, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Akuntansi, Intensitas Praktikum Akuntansi Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1).
Sufiyati, S., & Gandawidjaja, C. (2021). Jurnal Akuntansi Pada Perusahaan Dagang. Prosiding SENAPENMAS, 471-476. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15029
Wardayati, S. M. (2016). Pengantar Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, & Koperasi. Malang: Penerbit Selaras.
Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., dan Kieso, D. E. (2019). Financial Accounting. IFRS Fourth Edition. United States of America: John Wiley and Sons, Inc