PENGENALAN KONTEN KREATOR PADA SISWA SMP TARSISIUS I
Main Article Content
Abstract
Digitization has become a necessity across all layers of society and all fields of activity, including education. The utilization of technology by the public is employed to support various activities. Society's reliance on social media, through various social media platforms such as Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, and others, opens up new job opportunities related to technology and digitization. Digitization enables broader connections, thus often utilized in marketing and production fields. Social media is a platform that allows users to create, share, and participate in content. The increasing use of social media further opens up new opportunities in pursuing professions in the digital era, one of which is becoming a Content Creator. Content created is not only beneficial for production and marketing fields but also for education, where students can use it for learning purposes. Content creation may seem easy to the layperson, but in reality, it is not, as a content creator needs to consider engagement, awareness, and personal branding. With this understanding, it is necessary for students at SMP Tarsisius I to be introduced to becoming content creators, to avoid encountering difficulties in starting to create content. They can then choose social media platforms for distributing their content.
ABSTRAK
Digitalisasi merupakan suatu hal yang sudah menjadi kebutuhan pada semua lapisan masyarakat dan semua bidang kegiatan, tidak terkecuali pendiddikan. Pemanfaatan teknologi bagi masyarakat digunakan untuk mendukung kegiatan. Ketergantungan masyarakat dengan penggunaan media sosial, melalui beragam alat media sosial seperti facebook, Instagram, Twitter, Tik Tok dan lainnya, membuka peluang pekerjaan baru berkaitan dengan teknologi dan digitalisasi. Digitalisasi memungkinkan hubungan yang semakin luas, sehingga sering dimanfaatkan dalam bidang pemasaran, produksi. Media sosial merupakan platform yang memungkinkan penggunanya untuk membuat, berbagi, dan berpartisipasi dalam konten. Peningkatan penggunaan media sosial selanjutnya membuka peluang baru dalam menjalani profesi pada era digital, salah satu diantaranya menjadi seorang Konten Kreator. Konten yang dibuat tidak hanya bermanfaat bagi bidang produksi dan pemasaran, namun juga dapat bermanfaat bagi Pendidikan, dimana siswa bisa menggunakannya berkaitan dengan pembelajaran dan Pendidikan. Pembuatan konten dalam pandangan awam dianggap mudah, namun sesungguhnya tidak demikian, karena seorang konten kreator perlu memikirkan engagement, awareness, personal branding. Dengan pemahaman tersebut, perlu bagi siswa SMP Tarsisius I untuk mendapatkan pengenalan menjadi konten kreator, agar tidak mengalami kendala dalam memulai membuat konten. Selanjutnya dapat memilih media sosial yang dapat digunakan dalam mendistribusikan konten.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Data Indonesia. (2023, Februari 3). Pengguna media sosial di indonesia sebanyak 167 juta pada 2023. DataIndonesia.id. Diakses pada (2024, Februari 28) dari: https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023
Fitriani, Y. (2017). Analisis pemanfaatan berbagai media sosial sebagai sarana penyebaran informasi bagi masyarakat. Paradigma, 19(2), 148-152. https://doi.org/10.31294/p.v19i2.2120
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business horizons, 53(1), 59-68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Karim, R. A., Abu, A. G. B., Adnan, A. H. M., & Suhandoko, A. D. J. (2018). The use of mobile technology in promoting education 4.0 for higher education. Advanced Journal of Technical and Vocational Education, 2(3), 34-39. https://doi.org/10.26666/rmp.ajtve.2018.3.6
Larasati, T. A., Pradiptya, A., & Mawardani, M. (2022). Penerapan digital marketing dalam meningkatkan penjualan produk ayana store pati. Solusi, 20(4), 397-402. http://dx.doi.org/10.26623/slsi.v20i4.6055
Majid, N. W. A., Fauzi, A., Sari, D. P., Ridwan, T., Widodo, S., Meyriska, N., Adawiyah. R. A. A. & Nurunnisa, M. (2022). Pengembangan keterampilan digital content creator pelajar tingkat menegah atas di kabupaten Purwakarta. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(2), 283-291. http://dx.doi.org/10.30595/jppm.v5i2.9898
Yusanda, A., Darmastuti, R., & Huwae, G. N. (2021). Strategi personal branding melalui media sosial instagram (Analisis Isi pada Media Sosial Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana). Scriptura, 11(1), 41-52. https://doi.org/10.9744/scriptura.11.1.41-52