MENANGKAL INTIMIDASI MELALUI STRATEGI SOSIALISASI ANTI-BULLYING DAN TATA KRAMA PADA SISWA DI SEKOLAH

Main Article Content

Nayra Fitrianita Efna
Kimberley
Erick
Venrico Phandry
Divyas Bharath
Adryanus Rinaldi
Mei Ie

Abstract

Bullying is a behavior or action that refers to violence and persecution, both physically and mentally. Such actions can have serious impacts on the well-being of individuals who are victims. In addition to the issue of bullying, the role of etiquette as the foundation of good behavior and a positive school culture is also a primary concern. Etiquette refers to rules of behavior and norms in society. With the phenomenon of violence, bullying, and the increasing decline in manners or etiquette at SD X Kabupaten Cianjur. The PKM Implementation Team at SD X Kabupaten Cianjur through implementing Anti-Bullying and Ethics Socialization twice, students at SD X Kabupaten Cianjur began to be aware of acts of violence and abuse in the school environment. The students at SD X Kabupaten Cianjur have started to bravely report any actions related to bullying and become initiators in preventing such actions. Similarly, the socialization strategy regarding the importance of etiquette and instilling etiquette in students at SD X Kabupaten Cianjur has shown an improvement in students behavior in terms of etiquette. 


ABSTRAK


Perundungan merupakan perilaku atau tindakan yang merujuk kepada kekerasan dan penganiayaan, baik secara fisik maupun mental. Tindakan tersebut dapat menimbulkan dampak serius pada kesejahteraan individu yang menjadi korban. Selain masalah perundungan, peran tata krama sebagai fondasi perilaku yang baik dan budaya sekolah yang positif juga menjadi perhatian utama. Tata krama mengacu pada aturan perilaku dan norma dalam masyarakat. Dengan adanya fenomena kekerasan, perundungan, serta kurang terlihatnya sikap sopan santun atau tata krama di SD X Kabupaten Cianjur, memberikan bimbingan kepada anak mengenai buruknya perundungan serta penanaman tata krama merupakan salah satu solusi untuk permasalahan yang terjadi di SD X Kabupaten Cianjur. Tim Pelaksana PKM di SD X Kabupaten Cianjur melakukan analisis situasi dan memilih menggunakan strategi Sosialisasi dengan materi mengenai Bullying dan juga Tata Krama. Dengan dilaksanakannya Sosialisasi Anti-bullying dan Tata Krama sebanyak dua kali, murid SD X Kabupaten Cianjur mulai sadar akan tindakan kekerasan serta penganiayaan yang terjadi di lingkungan sekolah. Siswa dan siswi SD X Kabupaten Cianjur mulai berani untuk melaporkan segala tindakan yang merujuk kepada perundungan dan menjadi inisiator dalam pencegahan tindakan tersebut. Begitu pula dengan strategi sosialisasi mengenai pentingnya tata krama serta penanaman tata krama pada siswa/i SD X Kabupaten Cianjur yang memperlihatkan peningkatan perilaku siswa/i dalam aspek tata krama.

Article Details

Section
Articles

References

Aristiani, N., Kanzunnudin, M., & Fajrie, N. (2021). Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Gribig, Kudus. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.5989

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika. Humanika, 21(1), 33–54.

Firmansyah, H., Marbun, J., Marshanda, T., Michelle, G. B., & Gunawan, A. V. (2023). Say No ToDrugs & Stop Bullying. Jurnal Serina Abdimas, 1(1), 112–129.

Ilham, A. N. I., Ahmad, A. T., Rasyid, N., Fadhilah, S., Alwi, M. A., & Mawardi, Z. Z. A. (2023). Menanamkan Konsep Tata Krama Kepada Peserta Didik Melalui Metode Ceramah Dan Role Play. KREASI: Jurnal Kreativitas Dan Inovasi, 1(1), 33–40. https://ojs.unm.ac.id/kreasi/article/view/43408

National Centre Against Bullying. (2019). Types of Bullying.

Ramadhani, S. P. (2019). Pengaruh Teknik Permainan Pass The Compliment Dalam LayananBimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Selfesteem Siswa Sekolah Dasar. Jurnal IlmiahPendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 63–96. https://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/292/184

Shaula, A., & Hasyim, A. (2017). The Impact of Manners on Student Behavior: Insights from a Qualitative Study. International Journal of School Psychology, 35(1), 45–57.

Srabstein, J. C., & Leventhal, B. L. (2010). Prevention of bullying-related morbidity and mortality: a call for public health policies. Bulletin of the World Health Organization, 88(6), 403–403. https://doi.org/10.2471/BLT.10.077123

Sugmadani, S., & et al. (2021). Importance of Etiquette and Positive School Culture in Elementary Education. Journal of Educational Psychology, 118(4), 321–325.

Utami, T. W., Astuti, Y. S., & PH, L. (2019). Hubungan Kecemasan dan Perilaku Bullying Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(1), 1–6.

WHO. (2010). Bullying in Schools: Understanding the Problem and Tackling it Together. Geneva: World Health Organization.