PENGENALAN DASAR – DASAR PEMASARAN DIGITAL DI SMA BUDHAYA SANTO AGUSTINUS JAKARTA

Main Article Content

Richard Andrew
Daniel Chandra
Ferdyanto Gunawan
Lidya Yurike

Abstract

SMA Budhaya Santo Agustinus II is one of many registered education institution in East Jakarta.  As one of the largest school there, they develop their brand awareness as the school that excel in extra-curricular achievements such as sport and art.  However, those achievements are not linear with their digitalized marketing instruments development.  Post pandemic situation gave plenty of new challenges and risks for this instruments especially when parents and guardians are coming from different range of ages and generations.  For example, the institution are not yet preparing the official website and social media properly.  Based on those problems, CSR team from Management program try to develop their digital marketing skills by arranging the scheduled workshop session.  The objective of the session is to ensure the development of knowledge about digital marketing.  As a result, both the students and the Economic teacher participated this program.  This event also welcomed by the head of the school as he greeted directly before the session.  For the post-session expectations, they can enhance both their awareness and digital marketing system by implementing integrated school’s social media and website.  The CSR team concluded the program can work better if the students’ and teachers’ are committed for improving the digital marketing instruments.


ABSTRAK


SMA Budhaya Santo Agustinus II adalah salah satu dari banyak institusi pendidikan tingkat menengah yang ada di kota Jakarta Timur.  Sebagai salah satu sekolah ternama di daerah tersebut, sekolah ini secara historis memiliki keunggulan di banyak bidang ekstrakulikuler seperti seni dan olahraga.  Akan tetapi, prestasi di banyak bidang ini belum didukung dengan peningkatan infrastruktur pemasaran digital seperti pengadaan situs dan media sosial yang layak dan resmi digunakan oleh pihak sekolah.  Hal ini dirasa tidak sesuai dengan situasi setelah pandemi yang menyebabkan instrumen digital yang sebelumnya adalah opsional menjadi salah satu kebutuhan utama terutama karena pihak orangtua ataupun wali murid sudah berganti generasi dengan variasi usia yang relatif berbeda.  Berdasarkan situasi yang harus dihadapi tersebut maka tim pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari gabungan dosen dan mahasiswa mencoba untuk melakukan tutorial mengenai dasar – dasar pemasaran digital di sekolah tersebut.  Acara yang dibuka langsung oleh pihak kepala sekolah ini diikuti oleh peserta didik dan guru ekonomi pula.  Setelah sesi tutorial tersebut berakhir, pihak sekolah berharap pengembangan instrumen pemasaran digital pada pihak sekolah tersebut dapat berjalan dengan baik.  Secara umum, seluruh pihak merasa instrumen pemasaran digital dapat berjalan dengan baik dan ditingkatkan jika ada komitmen dari para pemangku kepentingan yang ada pada sekolah tersebut.

Article Details

Section
Articles

References

Alamsyah, V. (2021). Pelatihan dan Pengenalan Digital Marketing: Menyusun Konten Marketing pada SMA Regina Pacis. Journal of Community Service and Engagement, 1(02), 52-55.

Ciptadi, S. G., Fahira, S. R., Qodriana, N., & Manurung, G. (2023). Edukasi Pemasaran Digital Kepada Pelajar Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) An-Nafi Ciseeng Kabupaten Bogor. SULUH: Jurnal Abdimas, 5(1), 101-110.

Friantin, S. H. E. (2023). Peran Personal Branding Dalam Digital Marketing Untuk Generasi Millenial Di Sma Batik 1 Surakarta. Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 314-321.

Putra, S. A., Lina, R., & Adlin, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Dalam Teknik Pemasaran Berwirausaha Untuk Siswa Di SMA Swasta Melati Binjai. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 1(1), 6-10.

Pasha, D., & Saputra, V. H. (2023). Workshop Digital Marketing dan Multimedia SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Jurnal Abdimas Teknologi Informasi Dan Digitalisasi, 1(1), 24-28.

Wahyuni, D., Dewi, H. P., & Ndraha, K. A. R. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Facebook Untuk Membangun Bisnis Digital Pada Siswa/I SMA Darul Ilmi Murni. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 1(02), 1-5.