PENGENALAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Yuri Prisiani
Monica Glory Faithtria
Fhilia Anasty Gumay
Salim Santoso
Kacen
Asoka Dhananjaya
Novario Jaya Perdana

Abstract

Education at the primary or elementary school level has an important role in forming the foundation of students' knowledge for use in subsequent education. Therefore, English is the international language most widely used in the world as a medium of communication, technology, business and education with other countries. The aim of this activity is to provide knowledge and skills in using English to state elementary school students C in Cianjur Regency. This activity was chosen because students' ability to speak English and write in English is still lacking due to limited vocabulary and low understanding of the structure of English. The application of English since elementary school is very important to help students remain confident in using a foreign language. The activity method used was qualitative with respondents from grades one to six. Next, learning takes the form of theoretical explanations regarding the structure of English and practice speaking using English. During the learning process, interesting image and video media are used to increase students' motivation. The results of this activity have a positive impact on students. The application of fun and effective English learning is an attraction to increase students' interest in foreign languages ​​as well as to increase self-confidence and open up more educational opportunities in the future. 


ABSTRAK


Pendidikan di tingkat dasar atau sekolah dasar memiliki peran penting dalam membentuk fondasi pengetahuan siswa untuk digunakan pada pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu, Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang paling banyak digunakan oleh dunia sehingga sebagai media komunikasi, teknologi, bisnis, dan pendidikan dengan negara lainnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan bahasa inggris kepada siswa sekolah dasar negeri C di Kabupaten Cianjur. Kegiatan ini dipilih karena kemampuan siswa berbicara bahasa inggris dan tulis dalam bahasa inggris masih kurang yang disebabkan oleh keterbatasan kosa kata dan kurangnya pemahaman terhadap struktur Bahasa Inggris. Penerapan bahasa inggris sejak sekolah dasar sangat penting untuk membantu siswa tetap percaya diri dalam menggunakan bahasa asing. Metode kegiatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan responden siswa kelas satu sampai enam. Selanjutnya dengan pembelajaran berupa pemaparan teori mengenai struktur Bahasa Inggris dan praktik berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Selama proses pembelajaran, digunakan media gambar dan video yang menarik untuk meningkatkan motivasi para siswa. Hasil dari kegiatan ini memberikan dampak positif bagi siswa. Penerapan pembelajaran bahasa inggris yang menyenangkan dan efektif merupakan daya tarik untuk meningkatkan minat siswa dengan bahasa asing serta untuk meningkat kepercayaan diri dan membuka lebih banyak peluang pendidikan di masa depan

Article Details

Section
Articles

References

Aminatun, Dyah, Debby Alita, Yuri Rahmanto, dan Ade Dwi Putra. 2022. “Pelatihan Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Interaktif Di SMK Nurul Huda Pringsewu.” Journal of Engineering and Information Technology for Community Service 1(2):66–71. doi: 10.33365/jeit-cs.v1i2.141.

Cesare Ardaya, A. ., Annisa Rahmadani, S. ., & Alfarisy, F. . (2022). Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Kebijakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 155 Gresik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 25–33. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.481

Febriani, R., & Sya, M. F. . (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 1(4), 461–467. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7817

Fitriani, N. (2022). “Sejarah Bahasa Inggris jadi Bahasa Internasional.” Diambil 10 Juni 2024 (https://komputerisasi-akuntansi-d4.stekom.ac.id/informasi/baca/Sejarah-Bahasa-Inggris-jadi-Bahasa-Internasional/68d8feee5428b6abeb006f97566a2a2b95ea2cd8).

Nisa, Ichda Farida. (2020). “Kebijakan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional, Yogyakarta, 1(1).

Oktaviani, Lulud, Styawati Styawati, Selamet Samsugi, Ade Surahman, Yuri Rahmanto, Bagas Setiawan, dan Wulan Agustin. 2022. “Pelatihan Tips Dan Trik Mahir Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Siswi SMAN 1 Padang Cermin.” Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):70–75. doi: 10.59458/jwl.v2i2.34.

Sinaga, J. B., Manurung, S., & Marpaung, J. E. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Kelurahan Buliang Rw 18. Minda Baharu, 1(1).

Sondakh, Delfina Christie, dan Mega Febriani Sya. 2022. “Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid 1(3):346–51. doi: 10.30997/karimahtauhid.v1i3.7818.

Sucandra,Budiman, M.A., & K. (2022). Analisis kesulitan penguasaan kosakata pembelajaran muatan lokal bahasa inggris pada siswa kelas IV di SD Plus Latansa kabupaten Demak. wawasan pendidikan, 2(1), 71-80. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9664

Utari, I.L,. & Zuhdi, U (2020). Proses belajar mengajar bahasa inggris sebagai bahasa asing di sekolah dasar. Jurnal ilmu pendidikan PGSD, 8(5), 1008-1022.

Widyahening, C. E. T., & Sufa, F. F. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 6(3), 1135–1145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1638