PEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SISWI SDN MALEBER

Main Article Content

Derren Fusta
Kalya Sukma Ramadhani
Bramata Nagadiraja
Wahyuni
Dennis Zefanya Budiman
Nathanael Gumarus
Desi Arisandi

Abstract

The influence of technology on the educational sphere provides a significant transformation in teaching and learning activities. In education today, technology is used as a tool to encourage collaborative and interactive learning between teacher and students. In addition, technology-based learning creates a more enjoyable learning atmosphere and experience for students by using videos, educational sites, and non-monotonous evaluations. Therefore, students must be equipped with the ability to use technology positively, especially in subjects that are less desirable, such as mathematics. Students' knowledge at SDN Maleber is very lacking in the context of mathematics. Even some 6th grade students are still not proficient in calculating basic operations such as addition, subtraction, multiplication and division. Therefore, we took the initiative to take a learning approach that focuses on the use of technology, such as using smartphones for online learning through an interactive mathematics quiz website. The teaching method applied integrates theory and practice, so that students can develop a better understanding of mathematical concepts and master the skills of using technology effectively. The implementation of the program was carried out involving 19 grade 6 students, then the program evaluation continued with 5 grade 6 students who got the highest accuracy points when doing mathematics quiz on website. The aim of this program is to increase students' interest and ability to understand mathematical concepts through an interesting and interactive approach using technology. Based on the PKM program that has been implemented, the average score obtained by students from the results of the exercises on the Quizizz site is 79.21, including the top 3 students who achieved a score of 100. In addition, students responded quite well by showing enthusiasm and always being active when learning process. Thus, students are able to overcome their obstacles that often arise in studying mathematics and improve their academic achievement.


ABSTRAK


Pengaruh teknologi terhadap lingkup pendidikan memberikan transformasi signifikan dalam kegiatan belajar mengajar. Pada pendidikan saat ini, teknologi dijadikan sebagai alat untuk mendorong pembelajaran yang kolaboratif dan interaktif antara guru dengan siswa. Selain itu, pembelajaran berbasis teknologi menciptakan suasana dan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan bagi siswa dengan penggunaan video, situs pendidikan, dan pelaksanaan evaluasi yang tidak monoton. Maka dari itu, siswa harus dibekali dengan kemampuan penggunaan teknologi secara positif terutama pada mata pelajaran yang kurang diminati, seperti matematika. Dalam konteks pembelajaran matematika, penguasaan materi Matematika siswa SDN Maleber perlu ditingkatkan. Bahkan beberapa siswa kelas 6 belum mahir dalam pengoprasian aritmatika dasar seperti pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Oleh karena itu, Tim PKM berinisiatif melakukan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pemanfaatan teknologi, seperti penggunaan smartphone untuk pembelajaran online melalui website kuis matematika yang interaktif. Metode pengajaran yang diterapkan mengintegrasikan teori dan praktik, sehingga siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep matematika dan menguasai keterampilan penggunaan teknologi secara efektif. Pelaksanaan program dilakukan dengan melibatkan 19 siswa kelas 6, kemudian evaluasi program dilanjutkan bersama 5 siswa kelas 6 yang mendapat poin akurasi tertinggi saat mengerjakan kuis matematika melalui website. Tujuan dari program ini mendorong siswa SDN Maleber dalam mengembangkan keterampilan penggunaan teknologi secara positif, khususnya dalam konteks pembelajaran matematika. Serta meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika melalui pendekatan yang menarik dan interaktif dengan memanfaatkan teknologi. Berdasarkan program PKM yang telah dilaksanakan, skor rata-rata yang diperoleh siswa dari hasil latihan di situs Quizizz adalah 79,21, meliputi 3 siswa teratas meraih skor 100. Selain itu, siswa memberikan respon yang cukup baik dengan menunjukan rasa antusias dan selalu aktif ketika proses pengajaran. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat mengatasi hambatan yang sering muncul dalam mempelajari matematika serta meningkatkan prestasi akademik mereka.

Article Details

Section
Articles

References

Ainun, F. P., Mawarni, H. S., Sakinah, L., Lestari, N. A., & Purna, T. H. (2022). Identifikasi transformasi digital dalam dunia pendidikan mengenai peluang dan tantangan di era disrupsi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1570–1580. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2778

Alfina, Irmadurisa, A., Zannah, A. R., Ivansyah, A. R., Istiningsih, S., & Widodo, A. (2022). Pentingnya penggunaan media animasi dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa sekolah dasar. Madako Elementary School Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Madako Tolitoli, 1(2), 78–87. https://doi.org/https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.49

Anggraeni, M., Sahrani, R., & Hastuti, R. (2017). Perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari self-efficacy dan mathematic anxiety siswa SMP di Depok. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 201–209. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.350

Hapsoh, H., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di Desa Sukaresmi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 1(2), 139–148. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2226

Heng, P. H., Hastuti, R., Dinanti, R., P, I. R., & Billy, N. (2023). Psikoedukasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengahkejuruan. Jurnal Serina Abdimas, 1(4), 1631–1641. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jsa.v1i4.28334

Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan pendekatan TaRL untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 9(1), 59–74. https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9290

Mangelep, N. O., Mahniar, A., Nurwijayanti, K., Yullah, A. S., & Lowryk Ochdrico Lahunduitan. (2024). Pendekatan analisis terhadap kesulitan siswa dalam menghadapi soal matematika dengan pemahaman koneksi materi trigonometri. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4358–4366. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27082

Nuryadi, N., & Khuzaini, N. (2017). Keefektifan media matematika virtual berbasis teams game tournament ditinjau dari cognitive load theory. Jurnal Mercumatika Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 57–68. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.370

Purwaningrum, T. S., & Faradillah, A. (2020). Sikap siswa terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika ditinjau berdasarkan kemampuan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1044–1054. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.287

Salomov, A. (2024). Technology in the classroom can improve primary mathematics. JournalNX- A Multidisciplinary Peer Reviewed Journal, 10(3), 119–123. https://repo.journalnx.com/index.php/nx/article/view/5302

Saputra, A. (2020). Pendidikan dan teknologi: Tantangan dan kesempatan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 21–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v3i1.9095

Sutrisno, T. (2022). Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19. In Tony, D. Arisandi, & D. Trisnawarman (Eds.), Seri Publikasi Ilmiah Kontemporer Untar 2021. LPPI UNTAR (UNTAR Press). http://website.stmikbumigora.ac.id/index.php/s1-teknik-informatika/